Tips Membatalkan Pesanan Shopee yang Telah Dikirim

0

 

Kalian pernah belanja di Shopee? Pernah mengalami juga salah beli dan ingin membatalkan pesanan tapi tidak tahu caranya? Gampang, Gaes. Kalian bisa mengikuti tips di artikel ini.

Sebagaimana kalian tahu, Shopee menjadi salah satu aplikasi belanja online yang sangat populer. Banyak orang melakukan transaksi setiap hari. Baik menjual atau pun membeli.

Misal kalian adalah pembeli, bisa jadi kalian pernah terburu-buru atau tidak memperhatikan secara teliti bahwa ternyata salah memilih produk.

Shopee sendiri memang memberikan ketentuan atau prosedur pembatalan pesanan di marketplace mereka. Tetapi umumnya cara ini hanya dapat kalian pakai untuk produk yang telah dibayar dan tengah diproses saja.

Kemudian bagaimana kalau produk Shopee yang kalian beli terlanjur dikirim?

Berikut cara membatalkan pesanan shopee yang telah dikirim untuk kalian.  Mari cekidot bareng kuy!

Membatalkan Pesanan di Shopee

Pada dasarnya membatalkan sebuah pesanan di Shopee ini hal yang umum dan sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi pasti tidak semua jenis pesanan dapat kalian batalkan.

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya sebuah pembelian di Shopee dapat kalian batalkan. Pesanan yang berstatus belum dibayar bisa dibatalkan dengan mudah.

Pertama, pesanan yang berstatus diproses juga, masih dapat dibatalkan. Kedua, pesanan yang sudah dikirim tidak akan dapat dibatalkan.

Ketiga, proses pembatalan hanya dapat dilakukan sekali untuk 1 pesanan per transaksi.

Dilihat beberapa persyaratan tadi, kalian akan mengerti jika pesanan di Shopee yang telah dikirim oleh penjualnya maka tidak akan dapat dibatalkan lagi.

Sebab, memang produk yang kalian beli telah dalam perjalanan menuju alamat tujuannya. Tapi tenang saja, sebab masih ada tips lain yang dapat kalian coba.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee (Retur)

Sebagaimana penjelasan tadi jika pesanan shopee yang telah dikirim maka tak akan dapat dibatalkan lagi.

Aturan tersebut bukan hanya berlaku di Shopee saja, beragam marketplace lain juga punya prosedur yang sama. Dimana barang yang telah terlanjur dikirim, maka pesanan tidak akan dapat dicancel lagi.

Kemudian apa solusi yang dapat kalian lakukan jika salah membeli barang di shopee tapi telah dikirim? Hal terbaik yang dapat kalian lakukan yaitu dengan melakukan retur atau pengembalian barang.

Akan tetapi hal ini juga bergantung dengan kebijakan masing-masing toko. Sebab ada beberapa toko di shopee yang membolehkan retur  (pengembalian) dan ada juga yang tidak.

Jika memang toko tempat kalian membeli barang punya prosedur retur, maka kalian dapat memakainya. Kemudian, saat barang sampai kalian dapat melakukan video unboxing dan meminta proses pengembalian produk.

Hal tersebut juga wajib kalian sertakan alasan yang jelas dan valid misal barang tidak sesuai deskripsi, kurang lengkap, salah ukuran atau yang lainnya.

Jika permintaan diterima, maka berikutnya kalian cukup membungkus kembali saja produknya. Setelah itu tinggal kirimkan ke alamat yang diberikan oleh si penjual.

Sesudah barang sampai ke tempat penjual, maka uang kalian akan dikembalikan ke saldo ShopeePay. Cara ini memang dapat mengembalikan uang pembayaran tapi membuat kalian harus membayar ongkir retur barang.

Membatalkan Pesanan COD di Shopee

Untuk pesanan yang memakai metode pembayaran Cash on Delivery atau COD, bisakah barang yang telah dikirim pesanan dapat dibatalkan?

Sama seperti di awal, pesanan yang terlanjur terlanjur dalam perjalanan ke alamat tujuan maka tidak akan dapat dibatalkan lagi. Tetapi tetap saja kalian masih dapat melakukan retur barang.

Saat kurir datang membawa pesanan, silahkan terima dan lakukan pembayaran. Lalu hubungi penjual dan lakukan permintaan retur barang.

Jika disetujui, kalian cukup kirim ulang produk ke alamat penjual. Setelah itu tunggu barang sampai kembali ke lokasi penjual dan uang pembayaran kalian akan masuk ke akun ShopeePay.

Tips Batalin Pesanan Shopee yang Belum Dibayar

Jika pesanan kalian masih dalam status belum dibayar, maka ini sangat mudah untuk membatalkannya.

Langkah awal, buka aplikasi Shopee di perangkat kalian masing-masing. Jika sudah, klik menu Saya dan tap Pesanan Saya lalu klik Belum Bayar.

Disana akan tampil daftar pesanan yang belum kalian bayar. Pilih salah satunya dan klik opsi Batalkan Pesanan.

Berikutnya, pilih alasan kalian ingin cancel pesanan tersebut. Terakhir, segera konfirmasi untuk menyelesaikan proses pembatalan.

Membatalkan Pesanan Shopee yang Sudah Dibayar

Jika pesanan kalian telanjur dibayar tapi ternyata salah beli, tenang saja sebab masih dapat dibatalkan.

Caranya, kalian dapat masuk ke aplikasi Shopee dan login ke akun kalian. Jika sudah, klik pada menu Saya dan tap Pesanan Saya.

Berikutnya, klik opsi pesanan Dikemas. Nantinya akan tampil daftar pesanan yang telah diproses.

Pilih salah satunya dan tap opsi Batalkan Pesanan. Kalian pilih alasan pembatalan yang kalian lakukan. Terakhir kalian cukup lakukan konfirmasi saja.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.