2 Versi Terbaru PlayStation 5

0

Gaes, ada kabar baik nih buat kalian yang suka main game. Karena saat ini sudah banyak sekali smartphone atau PS tipe mana pun yang mensupport hobi kalian gaming tanpa melupakan tugas dan kewajiban ya, Gaes.

Para penggemar games atau memakai versi sebelumnya, hadirnya konsol baru dari Sony, yaitu PlayStation 5 ternyata sampai saat ini masih belum secara resmi menunjukkan seperti apa wujudnya. Hal ini berbeda dengan Xbox Series X yang sudah resmi diungkap kemarin.

Dari pihak Microsoft sendiri telah memberikan urutan informasi resmi konsol game baru miliknya, seperti Xbox Series X. Dilihat dari segi desain, sampai dengan kemampuan prosesingnya, Gaes. Mulai dari wujud desainnya, sampai kemampuan prosesingnya.

Microsoft sudah resmi mengumumkan bahwa Xbox Series X akan mempunyai kemampuan prosesing sampai 12 TFLOPS. Konsol game baru ini memang dibuat khusu untuk mendapatkan hasil performa tinggi.

Lain halnya dengan Sony, PlayStation 5 masih saja disembunyikan rapat-rapat dari publik dan masayarakat luas yang lama menunggu kehadirannya. Mereka juga belum banyak memberikan informasi resmi konsol game ini akan hadir atau tayang di situs resminya minimal.

Dilaporkan oleh T3, bahwa  Sony akan segera memperkenalkan seperti apa dan bagaimana wujudnya PlayStation 5 nanti. Mereka juga mengatakan nanti akan ada dua varian konsol game yang dirilis bersamaan.

Jurnalis game asal Jepang, Zenji Nishikawa melaporkan jika ada PlayStation 5 Pro yang mempunyai kemampuan komputasi lebih tinggi daripada versi standar.

Zenji Nishikawa juga mengungkapkan bahwa kedua konsol game ini akan tersedia secara bersamaan. Yaitu PlayStation 5 dan PlayStation 5 Pro.

Dikatakan juga jika Xbox Series X yang kemarin diumumkan mempunyai 12 TFLOPS, akan berkali lipat lebih tinggi dari PlayStation 5 standar.

 

Kalau menurut perkiraan, PlayStation 5 standar akan mempunyai kemampuan komputasi cuma 9 TFLOPS. Di lain sisi, versi Pro dikatakan akan menjadi saingan Xbox Series X.

Untuk perbandingan, PlayStation 4 sendiri hanya mempunyai 1,84 TFLOPS. dan di lain pihak, PlayStation 4 Pro memiliki kemampuan 4,2 TFLOPS.

Ges, kalian tentu bisa bayangkan versi standar PlayStation 5 memiliki kemampuan komputasi dua kali PlayStation 4 Pro. Pastinya kemampuannya berkali-kali PlayStation 4 standar.

Dan untuk pesaingnya, yaitu Xbox Series X tiga kali lebih kuat dari PlayStation 4 Pro. Hal yang sama dengan PlayStation 5 Pro karena juga mempunyai kemampuan setinggi ini.

Bisa dikatakan jika dua varian konsol game Sony ini akan menghimpit atau membuat persaingan jadi ketat dengan Xbox Series X dari atas dan bawah secara performanya setelah resmi diluncurkan.

Akan tetapi memang sayang hingga saat ini belum ada informasi berapa harga dari konsol game baru ini. Tetapi, Gaes, dari bocoran sebelumnya, Sony kesulitan membuat harga PlayStation 5 lebih terjangkau karena memang spesisifkasinya diduga canggih dengan banyak kelebihan lain menyertainya.

Seperti dilaporkan sebelumnya, kisaran harga produksi PlayStation 5 akan berada di kisaran 600 dolar AS atau kisaran harga Rp 8,5 jutaan. Dan kita sendiri belum tahu berapa besar pasarannya nanti.

Dari sumber lain mengatakan jika biaya produksi konsol baru ada di angka 450 dolar AS atau sekitar Rp 6,1 jutaan. 

Tapi tenang, Gaes. Sampai saat ini belu pasti kok berapa harga produksi PlayStation 5 Pro yang mempunyai performa setingkat konsol game Xbox Series X dengan 12 TFLOPS. Kalau memang terbilang mahal, pastinya dengan pertimbangan banyak kelebihan dan benefit yang akan kita dapat, Gaes.

Nah, itu tadi sekilas info buat para gamers yang sudah lama menunggu kehadiran Playstation 5. Semoga tak lama lagi ya.

Kapan? Tunggu updatenya terus di techjak.com.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.