3 Cara Ampuh dan Efektif Mengatasi Laptop yang Eror

Beberapa penyebab laptop menjadi hang adalah terlalu banyak aplikasi yang dibuka dalam waktu bersamaan, kapasitas RAM pada laptop yang tidak mencukupi atau terlalu penuh, suhu laptop yang terlalu tinggi atau mengalami overheat dan adanya corrupt pada driver. Lalu bagaimana sih caranya mengatasi eror atau hang pada laptop ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut guys!

0

Apalagi jika kamu sedang melakukan hal yang penting dan mendesak yang harus segera kamu selesaikan dalam waktu yang terbatas. Memang tak bisa dipungkiri bahwa laptop atau komputer sekarang adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas penting baik untuk pendidikan maupun pekerjaan.Eror atau hang yang tiba – tiba pada laptop atau komputer bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Cara mengatasinya tentu berbeda tergantung dari penyebab laptop tersebut menjadi eror atau hang.

Laptop yang tiba – tiba eror dan tidak bisa digunakan seperti biasanya tentu akan membuat kamu sebagai penggunanya panik seketika. Apalagi jika kamu sedang melakukan hal yang penting dan mendesak yang harus segera kamu selesaikan dalam waktu yang terbatas.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa laptop atau komputer sekarang adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas penting baik untuk pendidikan maupun pekerjaan.Eror atau hang yang tiba – tiba pada laptop atau komputer bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Cara mengatasinya tentu berbeda tergantung dari penyebab laptop tersebut menjadi eror atau hang.

Beberapa penyebab laptop menjadi hang adalah terlalu banyak aplikasi yang dibuka dalam waktu bersamaan, kapasitas RAM pada laptop yang tidak mencukupi atau terlalu penuh, suhu laptop yang terlalu tinggi atau mengalami overheat dan adanya corrupt pada driver. Lalu bagaimana sih caranya mengatasi eror atau hang pada laptop ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut guys!

Mengatasi hang pada laptop dengan mengetes kondisi RAM

Kapasitas RAM yang kurang besar adalah salah satu penyebab laptop menjadi hang. Apalagi jika kamu sedang menjalankan aplikasi yang termasuk berat, seperti Adobe Premiere dan AutoCAD. Aplikasi yang berat ini biasanya membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang mumpuni supaya proses rendering bisa berjalan dengan lancar. Nah sebaiknya kamu perlu melakukan upgrade RAM pada laptop supaya mendapatkan peforma yang bagus.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa kapasitas RAM yang digunakan sudah besar namun masih belum bisa menampung dan menjalankan program yang tergolong berat. Sebaiknya kamu mengecek dulu kesehatan RAM di laptopmi dengan melakukan Windows Memory Diagnostic. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Tekanlah kombinasi tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan. Setelah itu ketikkan mdsched.exe pada kotak dialog yang muncul dan tekan tombol enter 
  2. Kamu akan diberikan beberapa opsi, pilih opsi Restart now and check for problems (recommended)
  3. Hasil diagnosa pun akan muncul dan laptopmu akan melakukan restart secara otomatis guys

Melakukan update pada driver di laptop

Driver yang sudah outdated dapat membuat laptop menjadi hang dan eror. Masalah ini bisa kamu atasi dengan cara melakukan update driver Windows yang sudah usang tersebut. Berikut adalah langkah – langkah melakukan update pada driver Windows:

  1. Klik kanan pada bagian This PC atau My Computer. Kamu akan diberikan beberapa opsi, pilihlah opsi Manage
  2. Klik kanan pada bagian Disk Drives dan pilihlah opsi Update Driver Software. Jika kamu menggunakan Windows 7, maka update driver ini bisa kamu temukan pada menu Properties
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses update pada driver laptop ini selesai dilakukan
  4. Taraa! Sekarang kamu sudah bisa menikmati laptop tanpa eror atau hang lagi deh guys.

Nah begitulah caranya mengatasi masalah hang atau eror pada laptop yaa guys. Cara lain yang bisa kamu lakukan jika laptop masih eror adalah dengan mengecek suhu laptop supaya tidak mengalami overheat.

Salam teknologi! Selain itu kamu juga bisa melakukan eror checking dan defragment drive untuk menemukan masalah pada driver dan mengatasinya. Fitur eror checking ini akan memantau dan menemukan file atau program yang bermasalah pada laptop. Setelah itu, kamu bisa mengatasi masalah yang ditemukan tersebut deh. Semoga berhasil yaa guys.

READ  Cara Mudah Memperbaiki File Excel yang Corrupt, Gak Perlu Bikin Lagi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.