3 Cara Mudah dan Praktis Mengecek RAM Laptop, Tak Perlu Lihat Box!

0

Hello guys!

Ada beberapa faktor yang sering menjadi pertimbangan ketika seseorang ingin membeli laptop. Salah satu faktor yang biasanya dipertimbangkan tersebut adalah kapasitas RAM yang dimilikinya. Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang sangat mementingkan RAM yang besar. Memang kemampuan laptop atau PC dalam menjalankan program sangat dipengaruhi oleh ukuran RAM. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka semakin banyak pula program yang dapat dijalankan oleh laptop tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Masalahnya terletak pada info mengenai kapasitas RAM ini tidak seperti info VGA card dan CPU yang biasanya tertera pada stiker yang menempel di laptop tersebut. Cara paling umum yang digunakan untuk mengecek RAM ini adalah dengan melihat box laptop tersebut. Tentu saja masalah lain akan muncul bila box laptop tersebut sudah tidak ada. Nah, kamu tak perlu khawatir lagi jika hal ini terjadi karena ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mengecek RAM guys, yuk simak cara berikut ini!

Mengecek RAM laptop melalui DxDiag

Cara pertama mengecek RAM yang bisa kamu lakukan adalah melalui DxDiag. DxDiag merupakan sebuah tools diagnostic yang berguna untuk mengetes fungsi dari DirectX sekaligus memecahkan masalah hardware video dan audio. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Tekan tombol Windows pada keyboard secara bersamaan untuk mengeluarkan menu Run. Kamu juga bisa menekan ikon Start, lalu ketikkan Run sampai muncul sugesti aplikasi bernama Run.
  2. Ketikkan dxdiag pada aplikasi Run tersebut, lalu pilih Ok dan tekan tombol Enter pada keyboard
  3. Halaman selanjutnya yang muncul adalah DirectX Diagnostic Tool. Carilah pada kolom memory untuk cek RAM laptop kamu tersebut.

Cara cek RAM laptop via Task Manager

Task Manager biasanya berfungsi untuk mengontrol aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Selain itu, Task Manager juga bisa kamu manfaatkan untuk mengecek RAM laptop loh. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Ada banyak sekali shortcut yang bisa kamu gunakan untuk memunculkan task manager. Kamu bisa membuka melalui menu Start, dengan cara menekan Ctrl Shift+Esc pada keyboard atau dengan cara klik kanan pada taskbar kemudian pilih task manager.
  2. Setelah task manager terbuka, klik pada tab Performance untuk mengecek RAM.
  3. Kamu bisa melihat seberapa besar RAM laptop atau PC tersebut yang digunakan untuk program. 

Cara cek RAM laptop via Command Prompt

Command Prompt disebut juga CMD merupakan aplikasi command line interpreter (CLI) yang berfungsi untuk menjalankan perintah yang dimasukkan oleh penggunanya. Ada banyak kode perintah yang bisa kamu masukkan pada CMD yang bisa kamu gunakan mematikan komputer, mengecek jaringan, bahkan mengecek RAM. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah CMD dengan cara menekan Windows+R, lalu ketikkan CMD dan tekan Run.
  2. Pada menu CMD, lalu ketikkan perintah systeminfo, lalu tekan enter pada keyboard.
  3. Scroll sampai kebawah hingga menemukan Total Physical Memory. 
  4. Selesai deh! kamu sudah bisa mengetahui kapasitas RAM di laptop atau PC tersebut.

Baca Juga : .

  1. Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer
  2. Tips Meningkatkan kapasitas Ram Laptop
  3. Cara Memperbaiki RAM Rusak di Komputer atau Laptop
  4. Cara Mudah Menambah RAM di PC atau Laptop Tanpa Biaya

Demikianlah caranya mengecek kapasitas RAM pada laptop atau PC milikmu ya guys. Gak perlu repot lagi mencari box laptop atau PC tersebut. Kamu juga gak perlu khawatir lagi kalau box tersebut sudah hilang dan ingin mengetahui kapasitas RAM tersebut guys. Mudah sekali kan caranya. Semoga membantu yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.