3PL Shopee? Ini Artinya!

Selain dari promosinya yang memang sangat kreatif, Shopee sendiri terus memperbaiki aplikasinya dan menghadirkan banyak fitur-fitur yang dapat memberikan kemudahan untuk para penggunanya.

0

Shopee sendiri merupakan salah satu platform belanja online atau marketplace paling populer di Indonesia.

Shopee selalu menjadi situs belanja online yang memberikan banyak promo dan layanan, serta event yang menarik minat banyak pelanggannya.

Sebagaimana akhir-akhir ini mungkin ada para netizen yang penasaran dan ingin tahu mengenai istilah 3PL Shopee.

Shopee sendiri merupakan salah satu platform belanja online atau marketplace paling populer di Indonesia. Aplikasi yang adalnya dari Singapura tersebut memang populer sering memberikan banyak promomenarik untuk penggunanya.

Di samping itu yang membuat SHopee semakin terkenal juga aplikasi ini sering menghadirkan bintang dunia misalnya BTS, Cristiano Ronaldo dan masih banyak lagi menjadi brand ambassadornya. Iklan shopee juga banyak tampil dimana mana, mulai dari TV dan internet dan juga aplikasi.

Selain dari promosinya yang memang sangat kreatif, Shopee sendiri terus memperbaiki aplikasinya dan menghadirkan banyak fitur-fitur yang dapat memberikan kemudahan untuk para penggunanya.

Contohnya seperti adanya promo flash sale, adanya fitur koin shopee untuk memperoleh diskon, dan juga dompet digital shopee pay.

Di samping itu dalam shopee juga ada fitur shopee pay later dimana bisa dipakai oleh penggunanya melakukan kredit di Shopee.

Karena itulah fitur terbaru saat ini yaitu adanya ekspedisi pengiriman resmi milik Shopee yaitu Shopee Express. Di samping itu pengiriman melalui Shopee Express ini juga mempunyai tarif biaya yang lebih murah daripada ekspedisi lainnya.

Tetapi yang menjadi pertanyaan banyak pengguna sekarang ini yaitu apa itu arti istilah 3PL Shopee?

3PL Shopee

3 PL merupakan sebuah istilah yang dipakai dan mungkin pernah kalian lihat dalam fitur Shopee Express. Sebagaimana jasa ekspedisi yang lain, apabila kalian menggunakan ekspedisi tentu dapat juga melakukan pelacakan paket.

Pelacakan atau tracking disini yaitu cara konsumen untuk dapat mengecek secara berkala atau real time dari paket yang dipesan telah sampai mana. Umumnya status pengiriman akan diupdate ketika sudah mencapai checkpoint.

Untuk istilah 3PL sendiri merupakan singkatan dari 3 (Third) Party Logistics. Apabila kalian artikan istilah ini merupakan jasa ekspedisi pihak ketiga.

Shopee Express sendiri merupakan jasa pengiriman itu sendiri. Tetapi pada beberapa lokasi yang mungkin cukup jauh dan terpencil, Shopee juga tetap bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi lain sebagai pihak ketiga untuk backup paket dari Shopee.

Memangnya Shopee Express sendiri merupakan pilihan dari pengiriman ketika membuat pesanan? Ya, memang Shopee Express sendiri sudah menjadi salah satu jasa ekspedisi utnuk pengiriman paket.

Tetapi apabila kalian melihat lagi jika fitur ini juga bisa dikatakan masih baru, maka akan wajar apabila memang jangkauannya masih belum menyeluruh di Indonesia.

Misalnya saja untuk Shopee Food contohnya baru tersedia di kota kota besar. Tetapi tidak meutup kemungkinan untuk ke depanya pasti ada perluasan wilayah kerja dari Shopee.
Istilah-istilah yang ada di Shopee Express

Di samping istilah 3PL, mungkin kalian juga harus mengerti arti istilah lainnya di fitur pelacakan Shopee Express. Berikut beberapa istilah yang harus kalian tahu.

3PL_Delivered

Sebagaimana yang sudah diterangkan sebelumnya 3PL punya arti Third Party Logistics, atau lebih tepatnya ini adalah pihak ketiga dari Shopee Express.

Apabila kalian menemukan status ini dalam pelacakan paket, artinya paket kalian telah dibawa oleh pihak ketiga Shopee Express. Bisa jadi itu merupakan SiCepat, J&T, Pos Indonesia atau yang lainnya.

Parcel is in delivery by courier
Artinya Paket telah dibawa dan akan dikirim oleh kurir ke alamat tujuan.

Parcel has arrived at transit station
Istilah ini, paket sudah sampai di stasiun transit atau checkpoint.

Your parcel has been received by sorting center
Artinya paket sudah diterima oleh pusat sortir.

Your parcel has been picked up
Artinya paket sudah diambil dan akan melanjutkan perjalanan.

Order pick-up request
Artinya permintaan layanan pick-up atau permintaan pengambilan paket dari penjual. Umumnya istilah ini ada di status dari kurir Shopee Express.

Itu tadi artikel mengenai apa itu 3pl dan juga istilah lain yang mungkin juga harus kalian tahu pada pelacakan Shopee Express.

Untuk melakukan pelacakan paket sendiri dapat kalian akses lewat laman Shopee Express berikut ini https://spx.co.id/. Di samping itu apabila mengalami penghambatan dalam pengiriman paket mungkin juga bisa menghubungi kontak dari call center Shopee Express berikut.

Nomor Customer Service Shopee Express: 1500702
Twitter Customer Service Shopee Express: @ShopeeID
Instagram IG Customer Service Shopee Express: @Shopee_ID

Leave A Reply

Your email address will not be published.