4 Cara Mudah dan Praktis Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca

0

Hello guys!

Smartphone di zaman sekarang ini banyak yang sudah dibekali dengan ruang penyimpanan memori internel yang sangat besar. Meskipun demikian tampaknya masih banyak pengguna smartphone yang menggunakan kartu SD untuk memperbesar kapasitas penyimpanan. Soalnya kapasitas memori internal masih dirasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan. Mungkin memang sifat dasar manusia yang tidak selalu puas dan menginginkan lebih. 

Kartu SD pun tidak terhindari dari yang namanya kerusakan. Mulai dari kerusakan dalam bentuk file yang tidak terbaca, data yang mengalami corrupt dan masih banyak penyebab lainnya. Namun kamu tak perlu khawatir atau bahkan membeli kartu SD yang baru jika hal tersebut terjadi guys. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara ini kok. Yuk simak cara mengatasi kartu SD yang rusak berikut ini!

  • Membersihkan kartu SD

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi kartu SD yang rusak adalah dengan membersihkan konektor yang tersedia. Cara ini memungkinkan kamu untuk memperbaiki kerusakan tanpa harus memformat kartu tersebut. Langkah pertama adalah mengeluarkan kartu SD dari smartphone, lalu bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kekuningan (fungsinya adalah sebagai konektor) dengan menggunakan penghapus. Gosok secara perlahan sampai bersih. Sudah deh, masukkan kembali kartu SD tersebut dan lihat apakah sudah bisa atau belum.

  • Mencoba kartu SD di smartphone yang lain

Cara paling mudah mengatasi kartu SD yang rusak adalah dengan memasangkannya di smartphone lain untuk mendeteksi apakah memang kartu tersebut yang rusak atau justru slot memori pada ponselmu. Kamu tinggal memasukkan kartu tersebut ke smartphone lain dan melihat apakah kartu tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Jika memang tidak terbaca, maka kamu perlu melakukan cara lain untuk memperbaiki kartu tersebut.

  • Melakukan pengecekan eror di PC atau laptop

Pengecekan kerusakan kartu juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan PC atau laptop. Hal ini juga bisa kamu lakukan jika kartu tersebut tidak bisa diformat. Langkah pertama adalah masukkan kartu SD ke dalam smartphone dan hubungan ke PC atau laptop menggunakan kabel data. Setelah itu, ubah mode dari Media transfer mode (MTP) ke dalam mode Mass storage mode (MSC). Selanjutnya, bukalah Explorer, lalu klik kanan pada drive kartu SD yang akan kamu perbaiki. Pilih opsi Properties, lalu Tools, pilih Error checking dan tunggu sampai prosesnya selesai. Sudah deh, eject jika sudah selesai guys. 

  • Format melalui Androidmu

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika semua cara diatas tidak berhasil adalah dengan memformat kartu SD tersebut guys. Tentu saja data di dalamnya akan hilang. Namun kartu tersebut akan kembali normal dan bisa kamu gunakan lagi. Kamu bisa memformatnya langsung menggunakan Androidmu tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan sama sekali. Caranya adalah dengan membuka menu Settings, lalu pilih Storage, pilih Portable storage  dan pilihlah drive kartu SD tersebut. Selanjutnya pilihlah Storage settings, lalu pilih Format, dan tekan Erase & Format. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai, sudah deh.

Baca Juga : 

  1. Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke SD Card Di Smartphone Vivo
  2. Cara Membedakan Micros SD Asli atau Palsu
  3. Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak
  4. Cara Mudah dan Cepat Memindahkan Kontak ke HP Baru Untuk Semua Tipe

Nah, begitulah caranya mengatasi kartu SD yang rusak agar bisa kamu gunakan kembali yaa. Sebaiknya kamu menggunakan cara diatas secara berurutan yaa. Jangan langsung main format aja guys. Kali aja masih bisa diperbaiki tanpa harus memformat kartu tersebut kan. Semoga berguna yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.