4 Fitur Android 11 yang Sudah Bisa Dicoba

0

Perkembangan industri smartphone semakin hari semakin pesat. Teknologi menjadi kunci semakin canggihnya setiap spesifikasi dan fitur layanan yang dihadirkan dalam setiap tipe smartphone yang dirilis ke pasaran. 

Seperti halnya smartphone Android yang seiring bertambahnya waktu, makin update versinya, dan tentu makin canggih perangkatnya. Mungkin sebagian dari kalian juga salah satu pengguna smartphone Android tersebut. Entah memakai merek atau tipe yang seperti apa. 

Dan untuk kalian yang update berita dan informasi, pasti sudah mendengar kabar tentang Android 11 kan?

Gaes, kemarin sebelum dikenalkan Google, sistem operasi Android terbaru kini sudah bisa dicoba oleh pengguna. Android 11 sudah dapat dicoba oleh pengguna ponsel Pixel. Untuk itu, buat kalian yang mempunyai smartphone Pixel kalian bisa mencobanya sekarang loh.

Akan tetapi Android 11 ini bukanlah versi akhirnya, karena masih versi pengembangan. Artinya pengguna pasti akan menemukan sejumlah bug atau kesalahan di OS Android 11 tersebut.

Android 11 versi tahap pengembangan ini sendiri sudah dapat dipasang di beberapa smartphone Google seperti Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Dikutip dari The Verge, ada beberapa fitur unggulan sistem Android 11 ini yang bisa dikatakan masih baru. Termasuk fitur yang ada kaitan dengan jaringan 5G nya. Mari kita cekidot, Gaes.

Fitur-fitur Andoroid 11 yang Banyak Dinanti

Bubbles

Pada dasarnya fitur ini adalah bagian dari Android 10 dan membuat kita mengingatkan tampilan dari chat heads milik Facebook

 

Bubbles adalah tampilan antarmuka baru (UI) untuk aplikasi perpesanan. Dimana dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka lebih dari satu aplikasi percakapan sekaligus dengan mudah

 

READ  Berikut Vivo Y15 Harga dan Spesifikasi Smartphone Ini

Namun saat ini fitur tersebut hanya dapat dinikmati untuk sejumlah aplikasi perpesanan bawaan Android. Sangat besar kemungkinan bakal tersedia juga untuk aplikasi seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Signal dan lainnya

 

Conservations

Serupa tampilannya seperti bubbles, fitur ini akan memberikan tampilan percakapan di area notifikasi. Lebih lanjut tampilan pesan yang masuk di bagian notifikasi akan disesuaikan dengan aplikasinya. Contohnya email, Instagram dan juga pembaruan aplikasi lainnya

 

Fitur ini juga bertujuan untuk memberi kemudahan pengguna dalam berkomunikasi serta membalas notifikasi yang masuk

 

App Permission

Fitur layanan ini akan memberi tawaran opsi yang memberikan izin sementara untuk aplikasi yang ingin diakses ke fitur tertentu di smartphone. Seperti kamera, mikrofon, serta data lokasi

 

Untuk App Permission di Android 11 ini juga membuat smartphone pengguna lebih aman lagi, Gaes.

 

Screen Recording

Fitur Screen Recording yang merupakan fitur perekaman layar ini padahal sudah lebih dulu dikenalkan di Android 10 beta. Akan tetapi memang sempat dihilangkan karena alasan tertentu. Dan sekarang, fitur ini kembali hadir di Android 11 yang katanya akan mempunyai tampilan yang lebih menarik lagi.

 

Di samping itu juga ada sejumlah pembaruan dari minor. Contohnya mode gelap (dark mode) yang aktif secara otomatis dan motion sense yang bisa memutar musik di Pixel 4.

 

Yang lainnya, nanti juga hadir fitur pengaturan sensitivitas layar sentuh khusus untuk Pixel 4. Menakjubkannya lagi di Android 11 ini koneksi bluetooth bagi perangkat audio tidak mati walau pun airplane mode dalam keadaan aktif, Gaes. Keren kan.

 

Nah, itu tadi beberapa fitur Android 11 yang sudah bisa dicoba para pengguna smartphone. Semoga bermanfaat ya infonya.

 

READ  Xiaomi Patenkan Smartphone yang Dibekali 7 Kamera Pop-up

Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.