4 Fitur Telegram untuk Mencari Teman via Lokasi dan Username

Fitur ini bermanfaat apabila teman di kontak kalian masih sedikit dan ingin menambah teman atau relasi baru lewat aplikasi berlogo pesawat kertas itu.

0

Termasuk fitur menambahkan atau mencari teman, mungkin saja kalian sedang kebingungan mencari cara memakai fitur tersebut.

Aplikasi Telegram sampai saat ini semakin popular sejak aplikasi pesan singkat lain memberikan pembaruan tentang kebijakan privasi para penggunanya. 

Di aplikasi Telegram sendiri terdapat beberapa fitur Telegram untuk mencari teman yang bisa kalian coba. Fitur ini bermanfaat apabila teman di kontak kalian masih sedikit dan ingin menambah teman atau relasi baru lewat aplikasi berlogo pesawat kertas itu.

Ketika tulisan ini dibuat, popularitas Telegram memang sedang meningkat. Jumlah penggunanya sampai saat ini terus terus bertambah. Ditambah lagi sejak WhatsApp merilis kebijakan privasi baru yang mengakbiatkan polemik di kalangan penggunanya tanggal 15 Mei 2021.

Banyak yang mengayakan jika para banyak pengguna WhatsApp yang berpindah ke aplikasi Telegram karena banyak pertimbangan, satu di antaranya yatiu soal privasi pengguna.

Untuk kalian para pengguna WhatsApp yang baru saja memakai Telegram, bisa jadi akan mengalami kebingungan saat memakai aplikasi ciptaan Nikolai dan Pavel Durov itu. Sebab, aplikasi tersebut punya tampilan antarmuka dan fitur yang berbeda dari WhatsApp.

Termasuk fitur menambahkan atau mencari teman, mungkin saja kalian sedang kebingungan mencari cara memakai fitur tersebut. Kalian jangan cemas jika ingin menambahkan teman baru, berikut adalah beberapa caranya.

Via Kontak

Pertama, kalian dapat menambahkan teman lewat nomor telepon yang sudah disimpan di kontak perangkat klaian. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adan dengan cara membuka aplikasi Telegram. Ketika kalian sudah masuk ke menu utama atau menu chat, klik ikon tiga garis di pojok kiri atas. Kemudian, kalian bisa tap opsi “Kontak”.

Berikutnya, Telegram akan meminta akses ke kontak di perangkat kalian. Tap “Lanjut”.

Sesudah itu, di menu kontak akan tampil beberapa kontak di perangkat kalian yang juga memakai aplikasi Telegram.

Via pencarian username

Kalian dapat juga mencari teman atau pengguna lain Telegram dari usernamenya. Caranya mudah, pertamanya kalian bisa langsung saja buka aplikasi Telegram.

Saat berada di menu utama atau menu chat, klik ikon kaca pembesar di pojok kanan atas. Kemudian kalian cukup ketikkan saja username pengguna yang kalian cari. Kalau username yang kalian ketikkan benar, maka pengguna itu akan tampil.

Pilih tampilan pengguna tersebut, dan kalian pun bisa langsung chat.

Ingat, hanya username yang diatur ke tampilan public saja yang akan tampil di pencarian tersebut.

Via lokasi

Dengan cara ini, kalian dapat mencari pengguna Telegram di sekitar lokasi kalian sedang berada. 

Pertama-tama, kalian bisa buka aplikasi aplikasi Telegram. Pada menu utama atau menu chat, klik ikon tiga garis di pojok kiri atas. Lalu tap opsi Pengguna Sekitar.

Jika sudah, berikan Telegram izin untuk mengakses lokasi telepon kalian lewat GPS. Nantinya, akan tampil pengguna sekitar berdasarkan jarak.

Untuk mengatur agar akun kalian bisa dicari orang berdasarkan lokasi, cukup klik saja opsi “Buat Saya Terlihat”.

Via grup atau channel

Telegram memiliki fitur grup dan channel yang bisa menampung banyak sekali anggota. Pasti akan lebih menyenangkan kalau kalian punya teman di Telegram yang satu kesukaan atau satu hobi.

Sebab itu, cara terbaiknya yaitu mencari teman yang tergabung di grup dengan kesukaan atau hobi yang sama. 

Caranya, buka aplikasi Telegram. Pada menu utama atau menu chat, silakan klik ikon kaca pembesar di pojok kanan atas.

Kemudian, ketik nama grup yang sesuai dengan kesukaan atau hobi kalian. Contoh, kalau kalian suka bermain game League Of Legends: Wild Rift di ponsel, maka cukup ketikkan saja “Wild Rift”. Sesudah itu, akan muncul grup atau channel dengan nama game tersebut.

Terakhir, kalian cukup membuka grupnya dan cari anggota yang ingin dijadikan teman. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.