5 Alasan Xbox Series Lebih Baik dari PS5

0

Kalian menunggu Xbox Series atau Playstation terbaru? Seperti kita ketahui Xbox Series X dan Playstation 5 rencananya akan rilis di tahun 2020 ini. Walaupun pandemi virus corona  sedang merebak, tetapi tidak mengubah jadwal perilisan yang rencananya akan terjadi pertengahan tahun ini.

Sudah berhembus banyak bocoran tentang spesifikasi kedua konsol game ini di mana-mana. Banyak yang mengatakan bahwa kali ini, Xbox Series X akan jauh lebih baik dibandingkan PS5.

Kok bisa? Apakah kelebihan dari Xbox sampai diprediksi mengalahkan  PS5? Penasaran? Simak bareng langsung saja kuy!

Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari Playstation 5

CPU Lebih Unggul

Seperti yang sudah tersebar di aneka website, keduanya menggunakan CPU Octa-core Zen 2, yang masing-masing disempurnakan dengan simultaneous multithreading (SMT) dan memungkinkan delapan core ini memproses 16 thread.

Baca Juga : Versi Terbaru Playstation 5 .

Keunggulan dari Xbox Series X adalah ia mampu berjalan di 3,8 GHz kalai mematikan SMT sehingga hanya jalan 8 thread. Apabila ingin menyalakan SMT dan memperoleh 16 thread, CPU bakal berjalan di 3,6 GHz.

Hal ini tidak sama dengan CPU di PS5. Di PS5 sendiri CPU nya maksimal hanya berjalan sampai di 3,5 GHz. Hal ini semakin membuktikan untuk urusan CPU, Xbox Series X jauh lebih unggul performanya dibandingkan PS5.

Visual Lebih Tajam

Seperti halnya dengan CPU, pada bagian GPU kedua konsol game terbaik ini juga memakai buatan AMD, di mana PS5 memanfaatkan Custom RDNA 2 10.28 TFLOPS, 36 CUs di 2.23 GHz.

Di sisi lain, untuk Xbox Series X sendiri memakai Custom RDNA 2 12 TFLOPS, 52 CUs di 1.825 GHz. Dari sini saja, kalian bisa melihat bahwa Xbox Series X mempunyai 52 unit komputasi lebih unggul daripada PS5.

Baca Juga : Sony Kenalkan Joystick Playstation 5 Dualsense .

Sebagai informasi, TFLOPS atau Teraflop adalah ukuran kecakapan matematis prosesor. Dari sini sebuah prosesor dabisapat menghitung satu triliun perhitungan floating-point per detik.

Saat makin banyak Teraflops, semakin banyak kekuatan komputasi. Semakin banyak komputasinya, kemampuan visualnya akan semakin bagus dan tajam. Ini juga yang akan membantu kalian menentukan mau pilih konsol game yang mana yang akan kalian miliki.

Jauh Lebih Cepat

Dari PS5 ataupun Xbox Series X sama-sama memakai RAM 16GB GDDR6. Hanya saja  yang membedakan keduanya yaitu bus memori milik PS5 yang lebih sempit. PS5 mempunyai 256mb, sementara Xbox Series X yang mempunyai 320mb.

Artinya, akan lebih banyak jalur lalu lintas data yang tersedia di XboX yang membuatnya bisa berperforma lebih cepat dan gesit daripada PS5.

Baca Juga :  Perubahan Joystick Playstation dari Masa Ke Masa.

Selanjutnya, jika kalian membahas bandwidth memori dipakai, RAM PS5 berjalan pada kecepatan 448GB per detik. Tentu saja ini adalah perbaikan yang signifikan daripada pendahulunya PS4.

Di samping itu, Xbox Series X membagi 16GB memorinya menjadi dua bagian, 10GB pada kecepatan 560GB per detik, sementara 6GB sisanya berkecepatan 336GB per detik. Keren sekali!

Storage Lebih Besar

Internal storage yang ada di kedua konsol game juga tidak sama. Xbox Series X memakai Custom 1 TB NVMe SSD. Sementara itu, PlayStation 5 memakai Custom 825GB SSD.

Tidak cukup disitu saja. Xbox Series X juga menggunakan external storage yang besar, yaitu Seagate custom 1 TB memory card. Bukan main-main, kali ini yang dilakukan Microsoft sangat totalitas.

Baca Juga : Cara Menonton Video Berurutan di VLC Media Player.

Sedangkan PS5, walaupun mendukung external storage, ia hanya bisa dipakai untuk bermain game PS4 lewat fitur backwards compatibility.

Dari sini pun bisa kalian simpulkan bahwa internal storage yang ditawarkan Xbox Series X jauh lebih banyak daripada PS5. Saking banyaknya, kalian bisa menyimpan aneka game-game favorit kalian di sini.

Hal ini bisa mengancam terdepaknya Playstation sebagai salah satu konsol game paling laris sepanjang masa.

Pilihan Game Lebih Banyak

Ini yang ditunggu-tunggu oleh para gamers. Rencananya, Microsoft akan merilis lebih banyak game yang kompatibel dengan konsol Xbox Series X yang akan datang.

Misalnya saja Sensua s Saga: Hellblade 2, Gears of War, sampai dengan  Forza bakal turut meramaikan.

Beda halnya dengan game-game di PS5. Menurut beberapa pengamat, developer yang mensupport game di PS5 butuh waku sekitar 1-1,5 tahun untuk mengonsep sekaligus mengembangkan video game untuk PS5.

Baca Juga : Game Perang Offline Terbaik Untuk PC 2020

Karena inilah, kita masih belum mendengar nama-nama game PS5 terbaru yang akan rilis. Apalagi hal ini makin diperparah dengan adanya pandemi virus Corona yang mengancam proses produksi game baru.

Ini juga yang membuat beberapa pihak khawatir akan nasib konsol game PS% yang terancam akan gagal di pasaran.

Demikian tadi 5 alasan kenapa Xbox Series X diprediksi lebih unggul daripada Playstation 5 dari segi apapun. Bagaimana pendapat kalian, Gaes?

Leave A Reply

Your email address will not be published.