5 Aplikasi Database Terbaik untuk Pemula dan Profesional

0

Hello guys!

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang terbiasa berurusan dengan komputer untuk keperluan bisnis? Jika iya, kamu pasti sudah sangat sering mengolah data atau beragam informasi kan? Semua urusan tersebut tentunya bisa berjalan dengan lancar jika kamu menggunakan aplikasi database yang membantumu dalam mengolah sistem berbasis data. Sekarang ada banyak sekali aplikasi database yang sudah dikembangkan oleh berbagai developer. Aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk mendukung pekerjaanmu dalam mengolah data tersebut.

Tentunya aplikasi pengolah database yang menawarkan berbagai fitur menarik akan menjadi pilihan utama. Perusahaan seringkali menggunakan aplikasi pengolah database ini dalam membantu mengolah berbagai data, misalnya saja laporan penjualan. Namun dari sekian banyak aplikasi pengolah database saat ini yang ada, tentu saja ada beberapa aplikasi terbaik yang bagus untuk kamu gunakan. Yuk simak 5 aplikasi terbaik pengolah database berikut ini!

  • Microsoft access

Microsoft Access sudah dirilis sejak tahun 1992 dan menjadi salah satu software database yang tertua di dunia. Aplikasi yang satu ini juga cukup mudah untuk digunakan. Salah satu produk Microsoft yang sukses ini bisa terintegrasi dengan SQL Server dan Azure SQL sehingga akan memudahkanmu sebagai pengguna dalam mengolah data berskala besar. Microsoft Access juga memungkinkan kamu untuk berbagi database dengan rekan kerja karena dijalankan di sistem Cloud. 

  • MySQL

MySQL merupakan salah satu aplikasi pengolah database terpopuler yang bersifat open source. Aplikasi database gratis ini kini sudah didistribusikan di bawah lisensi General Public  Licence (GPL)  sehingga bebas digunakan oleh siapapun. Aplikasi ini juga bersifat network yang memungkinkan untuk digunakan secara bersamaan atau multi-user. Cara menggunakannya juga mudah dan mempunyai tampilan interface yang sederhana. Cocok juga bagi kamu pemula.

  • Oracle
READ  Cara Agar Percakapan Daring Tak Bocor di WhatsApp

Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi pengolah data gratis yang paling populer dan sudah digunakan oleh banyak pengguna untuk mengolah data. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Oracle adalah memiliki kemampuan untuk menyimpan data dalam ukuran yang besar, bahkan sampai ukuran TeraByte loh. Cara pengunduhan dan penggunaannya juga sangat mudah yang membuat aplikasi satu ini cocok digunakan oleh pemula yang ingin belajar tentang sistem basis data.

  • SQLite

SQLite juga merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang bersifat open source. Ukuran aplikasi ini sangat kecil yang biasanya digunakan oleh para programmer untuk ditanamkan pada aplikasi yang berbasis Android. SQLite berbeda dengan aplikasi pengolah data lainnya dimana aplikasi ini tidak termasuk ke dalam aplikasi database client-server. Melainkan hadir sebagai aplikasi dengan file tunggal atau beberapa file saja guys. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai caching ataupun untuk menyediakan data yang berasal dari Cloud.

  • PostgreSQL

Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi basis data yang bersifat relasional dan bisa digunakan untuk menyimpan serta mengembalikan data dengan aman. PostgreSQL bersifat open source dan bisa juga digunakan sebagai alat dalam membangun sebuah database server. Aplikasi ini berada dibawah lisensi General Public Licence (GPL). Kamu bisa menggunakannya untuk mendistribusikan data atau melakukan modifikasi pada data tersebut secara gratis.

Baca Juga : 

1.Tips Mengatasi Database Whatsapp Yang Membengkat Tiap Harinya

2.Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus Sebelum Backup

3.Tips Mengatasi Data Selular Tidak Muncul di Android

4.Cara Menghapus Data Aplikasi Di Smartphone OPPO

Nah, itulah 5 aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan dalam mengolah database yaa guys. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan. Kini mengolah data jadi lebih mudah dengan aplikasi – aplikasi tersebut. Semoga berguna yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.