5 Aplikasi Terbaik Sebagai Hotspot Laptop dan PC

Tentu saja kita akan kebingungan bagaimana cara bisa mengakses internet jika tidak ada WiFi di tempat tersebut. Apalagi jika berada di situasi genting yang mengharuskan menggunakan WiFi. Ternyata kamu bisa menggunakan laptop atau PC untuk membuat jaringan WiFi sendiri loh. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi hotspot terbaik. Yuk simak 5 aplikasi hostspot terbaik untuk laptop atau PC berikut ini!

0

Koneksi internet membuat kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi, berbgai file serta mencari hiburan melalui dunia maya. Internet bisa diakses menggunakan data seluler atau disebut juga dengan mobile data. Cara lain yang bisa dilakukan agar terkoneksi dengan internet adalah menggunakan jaringan WiFi. WiFi ini biasanya lebih hemat dibandingkan menggunakan mobile data tadi. Kelebihan penggunaan WiFi adalah kamu bisa terhubung dengan internet tanpa menggunakan kabel apapun atau wireless.

Zaman dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini membuat banyak aktivitas manusia membutuhkan koneksi internet agar bisa berjalan dengan optimal. Koneksi internet membuat kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi, berbgai file serta mencari hiburan melalui dunia maya. Internet bisa diakses menggunakan data seluler atau disebut juga dengan mobile data. Cara lain yang bisa dilakukan agar terkoneksi dengan internet adalah menggunakan jaringan WiFi. WiFi ini biasanya lebih hemat dibandingkan menggunakan mobile data tadi.

Kelebihan penggunaan WiFi adalah kamu bisa terhubung dengan internet tanpa menggunakan kabel apapun atau wireless. Namun sayangnya WiFi ini tidak tersedia di semua tempat. Tentu saja kita akan kebingungan bagaimana cara bisa mengakses internet jika tidak ada WiFi di tempat tersebut. Apalagi jika berada di situasi genting yang mengharuskan menggunakan WiFi. Ternyata kamu bisa menggunakan laptop atau PC untuk membuat jaringan WiFi sendiri loh. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi hotspot terbaik. Yuk simak 5 aplikasi hostspot terbaik untuk laptop atau PC berikut ini!

  • Connectify Hotspot

Connectify Hotspot adalah aplikasi pertama yang bisa kamu andalkan untuk membuat jaringan WiFi sendiri menggunakan laptop atau PC. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana, jadi cara penggunaannya sangat mudah dipahami bagi pemula sekalipun. Salah satu fitur menarik di aplikasi ini adalah bisa menyambungkan internet menggunakan kabel ataupun modem dengan jaringan 3 G dan 4G. Kamu juga bisa mengatur SSID hostpot loh. Sayangnya versi gratis Cuma bisa kamu nikmati selama 30 menit. 

  • Virtual Router Manager

Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu untuk membuat jaringan WiFi sendiri tanpa menggunakan router sama sekali. Virtual Router Manager merupakan aplikasi open source dengan interface yang friendly. Kamu tidak akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini guys. Aplikasi ini tidak ada proses tambahan yang berjalan di latar belakang, jadi tidak boros memori. Aplikasi ini bisa menunjukkan nama host dan juga menampilkan alamat IP.

  • Maryfi

Maryfi mempunyai kapasitas yang tergolong sangat ringan, yaitu hanya 2.4 MB saja. Ukuran ini tidak akan memenuhi ruangan memori PC atau laptopmu guys. Kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa kamu gunakan sebagai repeater untuk memperkuat jaringan WiFi. Jadi tak perlu khawatir jaringan internetmu menjadi lemot guys. Marify juga memungkinkan kamu untuk mengontrol semua perangkat yang tersambung ke jaringan WiFi milikmu tersebut. 

  • mHotspot

mHotspot juga bisa kamu andalkan untuk membuat jaringan WiFi sendiri melalui laptop atau PC. Ada banyak sekali fitur yang bisa kamu andalkan dari aplikasi ini. Beberapa diantaranya adalah freeware, pengaturan SSID tanpa batasan serta bisa sharing jaringan WiFi dengan berbagai konektivitas seperti LAN, 3G, 4G, WiFi dan WPA2 PSK. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menampilkan informasi IP address dan MAC address.

  • OSToto Hotspot

Aplikasi juga mempunyai interface yang sederhanadan memiliki kapasitas yang ringan. Fitur yang disediakan adalah tracking dan blacklist. Kamu bisa menentukan sendiri perangkat yang kamu izinkan tersambung dengan jaringan WiFi yang kamu buat. Namun aplikasi ini tidak memungkinkan kamu berbagi file melalui jaringan WiFi. 

Salam teknologi! Nah itulah 5 aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan WiFi menggunakan laptop atau PC yaa. Pilih aplikasi sesuai yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat.

READ  Cara Mengganti Bahasa Windows 10

Leave A Reply

Your email address will not be published.