5 Aplikasi Terbaik untuk Menyusun Buku Digital

0

Hello guys!

Zaman dengan berbagai teknologi modern kini membuat semua hal dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Hal ini terjadi pada setiap lini kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Sekarang ketersediaan buku sebagai sumber ilmu lebih banyak dan mudah ditemukan dengan adanya buku digital. Kini tidak perlu repot ke perpus dan berkutat lama mencari buku tebal disana. Cukup cari saja versi digitalnya, bisa dibaca dimana saja dan kapan saja. Sangat praktis. 

Buku digital sangat mudah diakses serta mempunyai perlindungan keamanan yang lebih tinggi membuatnya lebih banyak digunakan di kalangan profesional. Berbeda dari file yang tersedia dalam bentuk Microsoft Word yang memungkinkan semua orang untuk mengedit isinya dengan bebas. Buku digital ini tidak bisa diakses oleh sembarang orang untuk mengeditnya. Dibutuhkan software khusus nan canggih dalam hal ini guys.

Sekarang ada banyak sekali aplikasi di komputer yang bisa kamu gunakan untuk menyusun serta membuat buku digital. Tentu saja ada aplikasi tertentu yang populer dan lebih baik dibanding lainnya. Pemilihan aplikasi terbaik ini dilakukan berdasarkan fungsi serta fitur yang ditawarkan oleh developernya. Yuk simak 5 aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menyusun buku digital berikut ini!

  • Sigil

Aplikasi terbaik pertama yang bisa kamu gunakan untuk menyusun buku adalah Sigil. Sigil mempunyai pengguna terbanyak di seluruh dunia dibandingkan aplikasi penyusun buku digital lainnya. Software esensial yang satu ini juga mendukung fitur multi platform yang memungkinkan kamu untuk menggunakannya pada Windows, Linux dan juga Mac. Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap dimana kamu bisa membuka, mengedit dan juga mengatur koleksi buku digital yang kamu miliki. 

  • Scribus
READ  Google Play Protect, Selamatkan Data dari Aplikasi Berbahaya

Scribus bisa kamu gunakan untuk menyusun buku digital dalam format EPUB. Aplikasi ini bersifat open source dan bisa digunakan di berbagai OS komputer, Kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa perlu mengeluarkan sejumlah uang agar bisa menikmati fitur yang ditawarkan guys. Hal tersebut legal dan boleh dilakukan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur editing yang hampir sama dengan Microsoft Word yang sangat berguna dalam proses editing. Tampilan antarmukanya juga rapi dan enak.

  • Calibre

Calibre juga bisa kamu gunakan untuk menyusun buku digital dalam format EPUB. Aplikasi ini termasuk aplikasi dengan fitur yang lengkap dalam hal penyusunan buku. Calibre memungkinkan kamu untuk membuat buku dalam format EPUB. mengatur koleksi buku dan dukungan bahasa yang disediakan pun bervariasi. Aplikasi ini bisa membaca berbagai format, seperti PDF, Doc, Txt dan Html.

  • Scriba

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menyusun buku digital dalam format EPUB adalah Scriba. Kamu juga bisa membuat buku dalam format PDF ataupun mobil menggunakan aplikasi yang satu ini. Tampilan aplikasinya juga menarik yang memungkinkan kamu untuk menulis sambil melihat preview buku yang akan dihasilkan dalam bentuk 2 page review. Scriba ini sangat ringan dengan ukuran file installernya hanya sebesar 30 MB kurang.

  •  Mobipocket Creator

Aplikasi yang satu ini juga banyak digunakan di seluruh dunia dalam membuat buku digital dalam format EPUB. Kamu bisa membuat buku digital dengan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Kamu bisa mengimpor berbagai macam dokumen dalam berbagai format, seperti PDF, HTML dan Doc. Bahkan kamu juga bisa menambahkan cover buku loh guys.

Baca Juga : 

READ  Cara Download Live Instagram

1.Tips Membuat Garis Kop Surat di MS Word

2.Cara Print Dokumen Bolak Balik Seperti Buku

3.Cara Menyalin Teks Dari Buku ke PC Tanpa Mengetik

4.Cara Copy Teks Website Ke Microsoft Word

Nah, itulah 5 aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat buku digital guys. Sekarang kamu bisa berkarya lewat digital dan membagikan atau bahkan menjual buku secara online. Sekarang peminat buku digital juga sudah lumayan tinggi loh. Selamat mencoba yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.