5 Cara Ampuh dan Efektif Mengatasi WiFi yang Tidak Bisa Terhubung

Tentu saja hal ini sangat mengesalkan apalagi jika sambungan WiFi tersebut tiba – tiba terputus setelah sebelumnya tersambung dengan Androidmu. Eits, tenang dan jangan keburu panik dulu yaa guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini kok. Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya!

0

Apalagi semenjak pandemi Covid-19 melanda dimana berbagai aktivitas dilakukan secara online yang membuat kebutuhan akan akses internet semakin meningkat. Tentu saja menggunakan kuota internet seluler bukan pilihan yang bijak karena biaya yang dibutuhkan akan terlalu besar jika dibandingkan dengan berlangganan dengan WiFi.

WiFi merupakan salah satu pilihan agar tetap bisa terhubung ke internet yang banyak digunakan saat ini. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 melanda dimana berbagai aktivitas dilakukan secara online yang membuat kebutuhan akan akses internet semakin meningkat. Tentu saja menggunakan kuota internet seluler bukan pilihan yang bijak karena biaya yang dibutuhkan akan terlalu besar jika dibandingkan dengan berlangganan dengan WiFi.

Kamu juga bisa saja berburu WiFi gratis guys. Apakah kamu pernah mengalami masalah dimana jaringan WiFi yang kamu gunakan tidak tersambung dengan perangkatmu? Padahal password yang dimasukkan sudah sesuai dan kamu pun sudah mengeceknya berkali – kali.

Tentu saja hal ini sangat mengesalkan apalagi jika sambungan WiFi tersebut tiba – tiba terputus setelah sebelumnya tersambung dengan Androidmu. Eits, tenang dan jangan keburu panik dulu yaa guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini kok. Yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya!

Mengakses jaringan tersembunyi atau ad-hoc

Beberapa jaringan nirkabel ada yang menggunakan router nirkabel juga yang harus kamu beli secara terpisah. Kamu bisa mengatur jaringan nirkabel tanpa memberli router nirkabel jika memiliki lebih dari satu komputer. Kamu pun bisa menggunakan komputer tersebut sebagai station. Sayangnya Android tidak dapat mendeteksi WiFi ad-hoc ini guys. Kamu perlu melakukan perubahan pada sistem agar bisa Androidmu bisa terhubung dengan ad-hoc ini. Ponselmu perlu melewati proses root. Bukalah menu pengaturan, buka WiFi dan klik tambah jaringan. Setelah itu masukkan SSID dan juga password yang benar. Selesai deh! kamu sudah tersambung dengan  ad-hoc guys.

Mengatasi masalah autentikasi IP

Penyebab lain WiFi tidak bisa tersambung adalah karena kegagalan dalam proses autentikasi dan membuatmu terjebak dalam proses ini tanpa batas. Hal ini menunjukkan adanya masalah dengan akuisisi IP. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara melakukan reboot pada router. Jika proses reboot masih belum berhasil, maka kamu bisa melakukan reset ulang pada ponselmu. Kalau merasa repot harus melakukan reset pada ponsel, cukup install WiFi Fixer supaya file sistem yang ada pada WiFi bisa dikembalikan. WiFi Fixer ini akan mengatasi masalah saat WiFi mencoba mendapatkan alamat IP tadi guys.

Menggunakan kode unik ##526##

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan WiFi yang tidak bisa terhubung adalah dengan menggunakan kombinasi kode unik. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah keypad panggilan telepon yang terdapat pada ponselmu
  2. Langkah selanjutnya adalah ketikkan kombinasi ##526## pada keypad tersebut dan tekan OK
  3. Sistem di ponselmu akan memuat ulang pengaturan WLAN yang ada
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan OK atau successfull pada perangkatmu
  5. Lakukan proses restart pada ponsel tersebut dan selesai deh!

Mengecek jaringan WiFi yang digunakan 

Pastikan router atau modem yang digunakan para jaringan WiFi pribadimu berfungsi. Namun jika kamu menggunakan WiFi publik, pastikan WiFi tersebut memang nyala. Cek kembali kata sandi jaringan WiFi yang kamu masukkan.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi masalah jaringan WiFi yang tidak terhubung dengan perangkatmu yaa guys. Pilih cara yang sesuai dengan masalahmu. Kamu bisa juga memilih sesuai WiFi yang digunakan apakah pribadi atau publik. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.