5 Cara Ampuh dan Efektif Menguatkan Sinyal WiFi, Internetan Anti Lemot!

Soalnya ada beberapa faktor yang membuat sinyal WiFi ini menjadi lemot. Diantara penyebabnya adalah cuaca, struktur bangunan, jarak ke lokasi router dan sebagainya. Lalu apa saja sih cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan WiFi yang lemot ini agar bisa stabil kembali? Yuk simak ulasan berikut ini!

0

Lemotnya koneksi internet tentu akan membuat kita merasa kesal sendiri jika terus – menerus terjadi. Padahal biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan layanan WiFi tidaklah murah. Ditambah lagi sekarang jaringan WiFi sangat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet keluarga.  Ada berbagai cara yang beredar untuk membuat koneksi internet lebih kencang dan stabil. Cara ini tergantung dengan penyebab kenapa sinyal WiFi tersebut menjadi lemot.

Koneksi internet yang lemot tentu sangat mengganggu sekali. Apalagi di kondisi pandemi yang membuat berbagai aktivitas dilakukan secara online dan membutuhkan koneksi internet yang stabil seperti sekarang. Lemotnya koneksi internet tentu akan membuat kita merasa kesal sendiri jika terus – menerus terjadi. Padahal biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan layanan WiFi tidaklah murah.

Ditambah lagi sekarang jaringan WiFi sangat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet keluarga.  Ada berbagai cara yang beredar untuk membuat koneksi internet lebih kencang dan stabil. Cara ini tergantung dengan penyebab kenapa sinyal WiFi tersebut menjadi lemot.

Soalnya ada beberapa faktor yang membuat sinyal WiFi ini menjadi lemot. Diantara penyebabnya adalah cuaca, struktur bangunan, jarak ke lokasi router dan sebagainya. Lalu apa saja sih cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan WiFi yang lemot ini agar bisa stabil kembali? Yuk simak ulasan berikut ini!

Melakukan pengecekan frekuensi router induk WiFi dan menyesuaikannya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi koneksi internet WiFi yang lemot adalah dengan mengecek frekuensi router induk WiFi. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan alat penguat sinyal WiFi yang biasanya akan bekerja pada frekuensi 2.4 GHz  atau 5 GHz. Beberapa perangkat ini biasanya hanya bekerja pada salah satu frekuensi saja. Namun ada juga yang bisa bekerja pada kedua frekuensi tersebut.

Mengecek port LAN pada router

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk mengatasi jaringan WIFi yang menjadi lemot adalah ketersediaan port LAN jika kamu menggunakan alat yang tidak memiliki fasilitas WiFi. Hal ini berguna untuk menghubungkan alat tersebut ke router yang digunakak. Port LAN juga bisa kamu jadikan sebagai cadangan jika router pada WiFi yang kamu gunakan sedang bermasalah atau mengalami kerusakan.

Memastikan lokasi instalasi router WiFi

Posisi router perlu kamu perhatikan apakah sudah di tempat yang optimal atau belum. Router yang berada di lokasi yang kurang tepat akan membuat transmisi sinyal WiFi lemah dan tidak tersebut ke seluruh ruangan di rumah. Hal ini akan membuat sinyal WiFi di beberapa lokasi rumahmu tidak kuat atau lemot. Perhatikan juga letak stop kontak untuk menghubungkan perangkat WiFi. 

Memeriksa pengaturan router

Sinyal WiFi yang lemot bisa kamu stabilkan dan buat kecepatannya meningkat dengan menggunakan alat penguat WiFi. Alat ini akan bekerja secara otomatis ataupun secara manual dalam membuat pengaturan tertentu. Nah pastikan dulu jenis mana yang kamu beli atau miliki. Sebaiknya kamu memilih alat penguat WiFi secara otomatis biar lebih praktis. 

Memeriksa kesesuaian alat dengan router

Faktor lain yang perlu kamu perhatikan ketika akan menggunakan alat penguat sinyal WiFi adalah kesesuaian alat tersebut dengan router.  Hal ini sangat penting dilakukan untuk melihat apakah alat tersebut bisa digunakan berdampingan dengan router utama atau tidak. Sebaiknya kamu membeli penguat jaringan dengan merk yang sama dengan router.

Salam teknologi! Nah itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jaringan WiFi yang lemot dan menjadi lambat yaa. Kamu juga menggunakan alat penguat sinyal WiFi dengan memperhatikan beberapa hal agar bisa digunakan secara maksimal. Termasuk pemilihan merk dari alat tersebut. Semoga berguna.

Leave A Reply

Your email address will not be published.