5 Cara Ampuh Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Tentu saja hal ini akan membuat pengguna panik dan bingung. Apalagi jika berada dalam kondisi dimana harus mengunduh suatu aplikasi saat itu. Pasalnya mengunduh aplikasi dari sumber lain tidak selamanya aman. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini guys!

0

Aplikasi yang didapatkan dari Google Play Store ini aman dan tidak berisiko bagi pengguna Android. Masalah pada Play Store ini akan membuat pengguna tidak bisa mengunduh berbagai aplikasi secara aman dan legal. Hal ini tentu akan membuat pengguna Android mengalami kesulitan.  Salah satu masalah yang sering dijumpai oleh pengguna Google Play Store adalah aplikasinya tidak bisa dibuka saat akan digunakan.

Play Store merupakan layanan dari Google untuk pengguna Android yang sangat penting karena semua aplikasi resmi yang digunakan oleh pengguna Android bisa didapatkan dari platform ini. Aplikasi yang didapatkan dari Google Play Store ini aman dan tidak berisiko bagi pengguna Android.

Masalah pada Play Store ini akan membuat pengguna tidak bisa mengunduh berbagai aplikasi secara aman dan legal. Hal ini tentu akan membuat pengguna Android mengalami kesulitan.  Salah satu masalah yang sering dijumpai oleh pengguna Google Play Store adalah aplikasinya tidak bisa dibuka saat akan digunakan.

Tentu saja hal ini akan membuat pengguna panik dan bingung. Apalagi jika berada dalam kondisi dimana harus mengunduh suatu aplikasi saat itu. Pasalnya mengunduh aplikasi dari sumber lain tidak selamanya aman. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini guys!

Menghapus data dan chace Google Play Store

Data dan chace yang sudah sangat menumpuk bisa membuat kinerja Google Play Store menurun. Jadi menghapus data dan chace ini secara berkala sebelum penuh adalah salah satu solusi untuk mengatasi aplikasi Play Store yang tidak bisa dibuka. Caranya adalah dengan membuka setelan HP, buka menu Aplikasi & Notifikasi, lalu pilih Lihat semua aplkasi. Pilih Google Play Store dan klik opsi Hapus data dan Hapus chace

Memastikan penyimpanan ponsel tidak penuh

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah kapasitas penyimpanan ponsel. Pastikan ruang penyimpanan ponsel ini tidak penuh supaya tidak menimbulkan masalah. Soalnya memori penyimpanan yang terlalu penuh akan membuat kamu mengalami masalah ketika menginstall aplikasi baru. Sangat perlu memastikan kapasitas penyimpanan memori masih cukup lega. Minimal masih ada ruang kosong sebesar 1 GB agar bisa membuka aplikasi dan mengoperasikan ponsel.

Memeriksa update sistem Android

Solusi selanjutnya untuk mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka adalah melakukan update pada sistem operasi yang digunakan. Cara pengecekan ini berbeda – beda tergantung merk dan tipe ponsel yang kamu gunakan guys. Pastikan kamu menggunakan sistem operasi Android minimal Android2.2 bahkan kalau bisa lebih. Sistem operasi di bawah 2.2 membuat Play Store tidak berfungsi sebagaimana seharusnya.

Menghapus dan menambahkan kembali akun Google ke perangkat

Langkah yang satu ini akan menghilangkan data – datamu di ponsel. Jadi pastikan kamu sudah backup semua data ke cloud ya. Hapus akun Google dengan membuka menu setelah dan memilih menu akun, setelah itu pilih akun Google dan klik opsi Hapus akun. Biarkan beberapa saat dan login kembali menggunakan akun Google tersebut. Caranya dengan menekan opsi Tambahkan akun Google dan ikuti intruksinya,

Melakukan factory reset

Solusi ini merupakan solusi terakhir jika semua cara tidak bisa membuat Google Play Store berfungsi seperti semula. Kamu bisa mengembalikan semua pengaturan ponselmu kembali seperti semula dengan melakukan factory reset. Semua datamu akan hilang, jadi pastikan sudah kamu backup ya.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Jadi jangan keburu panik dulu yaa guys. Lakukan cara diatas secara berurutan. Jangan langsung factory reset saja ya.

READ  Cara Menggunakan Fitur Screenshot Pada Windows 10

Leave A Reply

Your email address will not be published.