5 Cara Ampuh Mengatasi Hasil Print Bergaris di Berbagai Merk Printer

Pernahkah kamu mengalami masalah seperti ini saat mencetak foto ataupun dokumen tertentu? Tentu saja hal ini akan membuat kesal jika ada garis yang muncul ketika kamu mencetak dokumen tertentu. Pasalnya garis tersebut akan membuat hasil cetakan tersebut tidak rapi. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Yuk simak cara mengatasinya berikut ini!

0

Mahasiswa juga membutuhkan alat yang satu ini untuk memprint tugas ataupun laporan. Walaupun sudah banyak kampanye yang menggalakkan paperless, namun masih banyak kegiatan yang membutuhkan data dalam bentuk dicetak di kertas. Hal inilah yang membuat printer masih menjadi salah satu barang yang dibutuhkan. Terkadang printer juga dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah hasil print yang tiba – tiba bergaris.

Printer kini menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh orang yang sering bekerja dengan komputer. Mahasiswa juga membutuhkan alat yang satu ini untuk memprint tugas ataupun laporan. Walaupun sudah banyak kampanye yang menggalakkan paperless, namun masih banyak kegiatan yang membutuhkan data dalam bentuk dicetak di kertas. Hal inilah yang membuat printer masih menjadi salah satu barang yang dibutuhkan.

Terkadang printer juga dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah hasil print yang tiba – tiba bergaris. Pernahkah kamu mengalami masalah seperti ini saat mencetak foto ataupun dokumen tertentu? Tentu saja hal ini akan membuat kesal jika ada garis yang muncul ketika kamu mencetak dokumen tertentu. Pasalnya garis tersebut akan membuat hasil cetakan tersebut tidak rapi. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Yuk simak cara mengatasinya berikut ini!

  • Membersihkan encoder

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi adanya garis saat mencetak suatu dokumen dengan printer adalah dengan membersihkan encoder. Encoder sendiri merupakan mika panjang yang membentang di belakang cartridge yang fungsinya sebagai sensor. Hasil print yang bergaris ini bisa jadi disebabkan oleh encoder yang kotor. Nah sebaiknya kamu membersihkan encoder ini secara berkala agar terhindar dari masalah tersebut guys.

  • Membersihkan cartridge printer

Penyebab lain dari hasil print yang bergaris adalah tinta yang menggumpal di cartridge. Hal ini biasanya terjadi karena printer tersebut sudah lama tidak digunakan. Penggumpalan tinta juga bisa menyebabkan hasil print menjadi kabur. Kamu bisa mengatasinya dengan mencabut cartridge tersebut lalu merendam bagian head-nya dengan air hangat atau alkohol. Hanya bagian head saja ya, jangan seluruh bagiannya. 

  • Memastikan tinta printer mengalir dengan lancar

Aliran tinta yang tidak lancar dari botol infus ke cartridge juga dapat membuat hasil print bergaris. Hal ini disebabkan karena aliran tinta yang tidak maksimal. Kamu harus mengecek apakah aliran tinta dari botol infus ke cartridge ini lancar atau tidak. Kamu bisa melihat adanya tinta yang putus – putus di selang. Jika memang ada tinta yang terputus, cabutlah ujung selang yang terhubung ke cartridge dan sedot perlahan dengan suntikan supaya sampai ke ujung.

  • Melakukan head cleaning

sHead cleaning adalah salah satu fitur dari software printer untuk menginstall printer tersebut. Kamu bisa mengaksesnya pada menu settings, pilih device dan pilihlah printer tersebut. Pilih opsi printing references dan bukalah tab Maintenance. Jalankan fitur head cleaning sampai selesai dan ulangi sebanyak  kali. Fitur ini bisa membersihkan bagian head dari cartridge dan melancarkan aliran tinta.

  • Meningkatkan kualitas cetak printer

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hasil printer yang ada garisnya adalah dengan meningkatkan kualitas hasil cetakan. Pilihlah kualitas terbaik dari pilihan kualitas cetakan tersebut. Cara ini membuat proses cetak lebih lama. Jadi jangan panik jika kertasnya lama keluar dari printer yaa guys. Memang seperti itu jika kamu memiliki kualitas terbaik.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengatasi hasil cetakan printer yang ada garisnya. Kamu tak perlu panik jika mengalami hal tersebut yaa guys. Tak perlu juga terburu – buru untuk membawa printermu tersebut ke tukang service yaa. Coba dulu cara diatas. Semoga berhasil yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.