5 Cara Ampuh Meningkatkan Kecepatan Jaringan WiFi IndiHome

Tentu saja kamu akan merasa kesal jika ternyata kecepatan internet WiFi IndiHome milikmu ternyata jauh dibawah kecepatan seharusnya yang kamu dapatkan sesuai paket yang kamu pilih guys. Namun jangan keburu kesel dulu ya. Kamu bisa kok memaksimalkan kecepatan jaringan WiFi IndiHome ini agar sesuai dengan kecepatan di paketmu. Yuk simak cara berikut ini!

0

IndiHome menjadi pilihan WiFi yang dipasang dirumah ini karena berbagai keunggulan yang ditawarkan. Meskipun layanan WiFi dari Telkom ini mempunyai harga langganan yang termasuk mahal.  Apakah kamu adalah salah satu pengguna WiFi IndiHome dan merasa kecepatan internetnya akhir – akhir lebih lambat? Padahal di awal – awal berlangganan kecepatannya lebih tinggi dan stabil sesuai dengan kecepatan pada paket langganan yang kamu pilih.

IndiHome merupakan salah satu layanan WiFi yang banyak digunakan di Indonesia saat ini. Pandemi yang mengharuskan berbagai aktivitas secara online juga membuat banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk memasang WiFi dirumah daripada membeli kuota internet seluler. IndiHome menjadi pilihan WiFi yang dipasang dirumah ini karena berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Meskipun layanan WiFi dari Telkom ini mempunyai harga langganan yang termasuk mahal.  Apakah kamu adalah salah satu pengguna WiFi IndiHome dan merasa kecepatan internetnya akhir – akhir lebih lambat? Padahal di awal – awal berlangganan kecepatannya lebih tinggi dan stabil sesuai dengan kecepatan pada paket langganan yang kamu pilih.

Tentu saja kamu akan merasa kesal jika ternyata kecepatan internet WiFi IndiHome milikmu ternyata jauh dibawah kecepatan seharusnya yang kamu dapatkan sesuai paket yang kamu pilih guys. Namun jangan keburu kesel dulu ya. Kamu bisa kok memaksimalkan kecepatan jaringan WiFi IndiHome ini agar sesuai dengan kecepatan di paketmu. Yuk simak cara berikut ini!

Melakukan restart pada modem

Solusi yang satu ini mungkin terkesan sepele dan biasa saja, namun cukup efektif untuk meningkatkan kecepatan WiFi IndiHome loh guys. Pasalnya modem yang nyala terus – menerus akan membuatnya panas. Suhu yang tinggi ini dapat menurunkan peforma modem tersebut, sehingga kecepatan jaringan internetmu pun akan melambat. Matikan dulu modem beberapa saat dan hidupkan kembali. 

Memeriksa pengguna jaringan WiFi IndiHome

Terlalu banyak pengguna juga dapat membuat jaringan WiFi IndiHome menjadi lemot. Nah coba cek dulu siapa saja yang menggunakannya guys. Bisa jadi ada orang yang tidak kamu kenal sedang mencuri jaringan WiFi milikmu tersebut. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengakses alamat 192.168.1 untuk melihat DHCP Client List yang berisikan nama perangkat, MAC dan IP Address. Kamu bisa memblokir alamat IP atau MAC address dari pengguna yang kamu tidak kenal.

Menggunakan aplikasi VPN

Alternatif lain untuk menaikkan kecepatan WiFi IndiHome agar maksimal sesuai kecepatan pada paket yang kamu ambil adalah dengan menggunakan aplikasi VPN. Yap! VPN tidak hanya bisa digunakan untuk mengakses situs yang diblokir saja, kamu juga bisa menggunakannya untuk mempercepat koneksi internet guys. Soalnya VPN akan mengarahkan kamu ke server internet tertentu sesuai dengan lokasi yang kamu pilih. Kamu bisa memilih Singapura yang dekat dari Indonesia.

Menghapus virus pada perangkat

Virus yang sering muncul pada perangkat, termasuk malware akan membuat kecepatan internet WiFi yang kamu gunakan akan menurun. Sebaiknya kamu melakukan pemindaian terhadap virus di perangkatmu dan membersihkannya secara berkala. Biasanya virus tersebut akan menampilkan iklan secara otomatis yang membuat koneksi internet menjadi lemot. Kamu bisa menghapus virus ini menggunakan berbagai aplikasi antivirus, seperti AVG, Kapersky dan Norton. 

Melakukan update pada browser

Aplikasi browser yang outdated akan membuat kinerjanya lambat. Nah kamu sebaiknya melakukan perbaruan aplikasi ini supaya kecepatannya meningkat saat kamu mengakses dunia maya. Aplikasi yang terbaru biasanya lebih minim bug, sehingga perbaruan secara rutin sangat penting untuk dilakukan.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya meningkatkan kecepatan internet WiFi IndiHome agar bisa maksimal sesuai dengan paket langganan yang kamu pilih. Kamu bisa memilih solusi yang sesuai dengan permasalahan yang kamu hadapi. Semoga berhasil yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.