5 Cara Gampang Mengatasi Kartu Telkomsel yang Tidak Bisa Connect

0

Hello guys!

Apakah kamu salah satu pengguna Telkomsel yang pernah mengalami masalah kartu dimana tidak bisa digunakan untuk internetan? Pengguna internet pasti pernah mengalami hal ini setidaknya sekali dalam sepanjang pemakaian. Bahkan ada keadaan dimana kamu tidak bisa mengakses internet pada kuota internet kamu masih ada. Pastinya sangat menyebalkan sekali jika kamu menemukan masalah yang satu ini. Menyelesaikan masalah kartu internet memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. 

Kamu tidak bisa mengakses internet meskipun kamu sudah membeli paket internet. Biasanya jaringan tidak terhubung dan gagal dalam mengakses berbagai situs serta aplikasi online. Tentu saja hal ini akan mengganggu beberapa aktivitasmu dan membuatmu segera ingin masalah ini teratasi. Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengakses internet kembali berikut ini!

  • Pastikan kamu berada di lokasi dengan coverage bagus

Solusi pertama yang harus kamu coba adalah memastikan dulu bahwa kamu berada di lokasi dengan coverage sinyal seluler yang baik. Jika kamu berada di lokasi yang dikelilingi oleh gedung tinggi tentu saha sinyal seluler akan sulit menjangkau Androidmu. Akibatnya kartu Telkomsel tidak bisa connect dan kamu pun tidak bisa internetan. Hal ini biasanya dengan tanda x pada bagian sinyal di bar notifikasi. Kamu yang berada di daerah pelosok juga akan sulit terjangkau.

  • Pastikan kamu memiliki pulsa dan sudah membayar tagihan

Selanjutnya kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki pulsa dan paket data yang masih tersisa. Apalagi jika kamu pengguna kartu Telkomsel prabayar. Jika kamu adalah pengguna Telkomsel Pascabayar seperti kartu Halo, maka pastikan kamu sudah membayar tagihan. Kamu bisa mengecek pulsa dengan beberapa cara yang disediakan oleh Telkomsel. Misalnya saja menggunakan aplikasi resmi Telkomsel, yaitu MyTelkomsel atau menggunakan kode USSD *123# atau *888#. 

  • Mengecek situs yang dikunjungi, bermasalah atau tidak

Hal yang satu ini jarang terjadi, tapi kemungkinannya tetap ada guys. Penyebab lain kuota internet yang tidak bisa digunakan kadang berasal dari faktor eksternal. Misalnya saja situs yang kamu kunjungi tersebut memang bermasalah, sehingga tidak bisa diakses dan memunculkan peringatan tertentu saat kamu mencoba mengaksesnya melalui Google Chrome. Bisa saja situs tersebut sudah diblokir oleh pemerintah. Coba lakukan dulu pencarian sederhana di Google untuk memastikannya.

  • Memastikan settingan APN Telkomsel sudah benar

Setelah APN yang bermasalah juga bisa menyebabkan kamu tidak bisa mengakses internet guys. APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi gateway agar sebuah perangkat bisa terhubung ke internet melalui jaringan seluler tertentu. Cara yang satu ini sedikit teknis karena kamu harus membuka menu pengaturan APN di menu settings untuk mengatur ulang kembali APN tersebut yang bisa saja sudah berubah tanpa sengaja. Caranya dengan membuka menu settings, pilihlah Network & Internet, pilih Mobile Network dan pilihlah Access Point Name. Masukkan settingan APN dan selesai deh.

  • Melakukan restart pada koneksi internet

Kamu bisa mengembalikan koneksi internet kartu Telkomsel kamu melalui kode USSD pada aplikasi Dialer atau Phone. Caranya adalah dengan menonaktifkan koneksi internet pada kartu Telkomsel dengan memasukkan kode 363212# lalu tekan call pada dialer dan tekan Ya untuk menonaktifkannya. Setelah itu, aktifkan kembali koneksi internet dengan cara memasukkan kode 363213# dan call. Pilihlah opsi Ya untuk mengaktifkan kembali internet tersebut.

Baca Juga : .

  1. Cara Mengetahui Lokasi Pengguna Nomor Telkomsel
  2. Cara Melacak Nomor Siapa Saya Dengan Telkomsel Finder
  3. Cara Blokir Nomor Telkomsel Gratis 2020 Agar Mati
  4. Tips Mendapatkan SMS Promo Dari Telkomsel Setiap Hari

Nah, begitulah caranya mengatasi kartu Telkomsel yang tidak bisa connect ke internet ya guys. Nah, sekarang kamu sudah bisa terhubung kembali ke internet dan melanjutkan aktivitasmu deh. Semoga berguna ya guys.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.