5 Cara Memeriksa IMEI pada Smartphone Android!

0

Hello guys!

IMEI merupakan nomor unik yang berfungsi sebagai identitas suatu perangkat telekomunikasi. Nomor ini terdapat pada smartphone serta tablet. Setiap perangkat mempunyai nomor IMEI yang berbeda. Sebagai identitas suatu perangkat, IMEI dapat digunakan untuk melacak perangkat yang hilang. Tak hanya itu, kamu juga dapat memeriksa keaslian suatu smartphone menggunakan nomor IMEI ini. 

Kamu perlu mengetahui nomor IMEI ponselmu agar bisa digunakan jika diperlukan suatu saat. Bagaimana cara memeriksa IMEI ini? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasan berikut!

 

  • Memeriksa IMEI dengan kode dialing

 

Kamu bisa menggunakan cara ini terhadap semua merk smartphone. Banyak orang yang tidak mengetahui cara ini karena nomor IMEI bisa dicek langsung di body perangkat atau pada kardusnya. Namun, mengecek IMEI dengan cara ini berguna untuk mencocokkan nomor IMEI perangkat dengan yang sebenarnya. Caranya adalah dengan memanggil *#06#*. Nomor IMEI ponselmu akan ditampilkan di layar. 

 

  • Mengecek IMEI melalui Google Dashboard

 

Smartphone Android mempunyai cara sendiri untuk mengecek nomor IMEInya. Kamu juga bisa menggunakan cara ini. Pertama, buka menu settings, lalu pilih menu about Phone yang terletak di bagian bawah. Setelah itu, pilih status, lalu scroll layar sampai kamu menemukan nomor IMEI di bagian bawah. Ponsel GSM biasanya menggunakan nomor IMEI. Ponsel CDMA biasanya menggunakan nama MEID. Kamu bisa memeriksa keaslian nomor IMEI ini dengan mengcopy ke browser, lalu login ke Google Dashboard. Setelah itu, klik ikon Android. Jika perangkatmu muncul di layar, maka nomor IMEI tersebut sama dengan yang kamu copy. 

 

  • Mengecek manual di belakang baterai 

 

Kamu juga bisa mengecek nomor IMEI secara langsung di belakang baterai ponselmu. Kamu tida perlu repot – repot mencarinya pada dus ponsel. Nah, kamu bisa memeriksa keaslian ponselmu dengan mencocokkan nomor IMEI tersebut dengan nomor yang terdapat did us ponselmu. 

 

  • Mengecek secara manual pada Dusbook

 

Perusahaan selalu mencantumkan nomor IMEI pada dusbook. IMEI terdapat pada bagian luar kemasan dusbook. Pastikan bahwa nomor IMEI tersebut sesuai dengan perangkatmu. 

Nah, itulah cara mengecek nomor IMEI. Selamat mencoba ya!

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.