5 Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap Hacker

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghindari akun WhatsApp yang disadap adalah dengan tidak menggunakan WiFi publik guys. Pasalnya semua orang bisa mengakses WiFi umum ini, sehingga rentan akan bahaya cyber. Apalagi jika kamu menggunakan WiFi ini untuk mengakses data pribadi yang penting. Sebaiknya kamu menggunakan paket data seluler saja guys.

0

WhatsApp seringkali digunakan untuk menyimpan data – data penting yang nantinya bisa merugikan kamu jika akunmu dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Tentunya kamu merasa khawatir akan keamanan dari data rahasia yang kamu simpan di WhatsApp ini guys. Cek dulu apakah benar akun WhatsApp milikmu disadap atau tidak guys. Beberapa ciri WhatsApp yang disadap adalah sebagai berikut.

WhatsApp yang disadap bisa kamu ketahui dengan mudah guys. Kalau ada hal – hal yang aneh atau tidak beres pada akun WhatsApp yang kamu gunakan, perlu dicurigai tuh. WhatsApp seringkali digunakan untuk menyimpan data – data penting yang nantinya bisa merugikan kamu jika akunmu dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Tentunya kamu merasa khawatir akan keamanan dari data rahasia yang kamu simpan di WhatsApp ini guys. 

Cek dulu apakah benar akun WhatsApp milikmu disadap atau tidak guys. Beberapa ciri WhatsApp yang disadap adalah sebagai berikut:

  1. Chat yang ada di WhatsApp milikmu terbaca secara otomatis yang merupakan ciri paling jelas dan mudah sekali kamu identifikasi guys.
  2. Akun WhatsApp web aktif di perangkat lain. Padahal kamu tidak sedang menggunakan WhatsApp web tersebut. Cek perangkat apa saja yang menggunakan WhatsApp webmu guys.
  3. Akun WhatsApp tiba – tiba log out sendiri

Ciri diatas merupakan ciri yang bisa kamu lihat dengan jelas untuk menentukan apakah akun WhatsApp milikmu sedang disadap atau tidak guys. Nah sekarang pertanyaanya adalah, bagaimana cara menghindari dan mengatasi akun WhatsApp yang dibajak ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut!

  • Hindari menggunakan WiFi publik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghindari akun WhatsApp yang disadap adalah dengan tidak menggunakan WiFi publik guys. Pasalnya semua orang bisa mengakses WiFi umum ini, sehingga rentan akan bahaya cyber. Apalagi jika kamu menggunakan WiFi ini untuk mengakses data pribadi yang penting. Sebaiknya kamu menggunakan paket data seluler saja guys. Kamu akan lebih tenang jika menggunakan kuota internet seluler.

  • Memperketat sistem keamanan pada ponsel

Bisa saja yang menyadap ponselmu justru adalah oang – orang yang dekat denganmu, seperti teman atau kerabat. Oleh karena itu, jangan berikan akses ponselmu kepada orang lain guys. Gunakan password untuk memperketat keamanan ponselmu yaa. Kamu tidak perlu melakukan pengecekan WhatsApp disadap atau tidak jika sistem ponselmu sudah aman. Gunakan password yang sesuai yaa. Mudah kamu ingat namun sulit ditebak orang lain. 

  • Menghindari penggunaan aplikasi pihak ketiga WhatsApp

Ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga WhatsApp ayng beredar saat ini. Misalnya saja aplikasi pendukung dan aplikasi MOD WhastApp. Aplikasi pihak ketiga ini bisa dijadikan celah oleh hacker untuk membajak akun WhatsApp milikmu loh guys. Bisa jadi ada malware yang bisa mencuri datamu di dalam aplikasi pihak ketiga tersebut. Jangan mudah tergiur dengan fitur – fitur unik yang ditawarkan oleh aplikasi MOD WhatsApp yaa. 

  • Mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah

WhatsApp sudah menyediakan fitur keamanan yang bagus sekali, yaitu fitur verifikasi dua langkah. Sayangnya beberapa pengguna memilih untuk tidak menggunakan fitur ini karena dianggap ribet. Padahal sangat berguna dalam mengamankan data penting yang ada di dalam WhatsApp. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan membuaka menu settings. Setelah itu, pilih opsi two step verification di menu account. Aktifkan dengan menekan tombol enable dan ikuti langkah – langkah selanjutnya.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengamankan akun WhatsAppmu dari gangguan hacker guys. Sekarang dunia nyata dan maya sama berbahayanya guys. Jadi perlu waspada selalu untuk menghindari bahaya yang mengintai yaa. Jangan lengah guys, perketat penjagaanmu.  Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.