5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Opera Mini

0

Internet saat ini seperti menjadi detak nadi dalam kehidupan di zaman yang makin berkembang dengan teknologi yang juga semakin pesat. Setiap orang selalu memerlukan koneksi internet setiap hari untuk melakukan berbagai aktivitas dan memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Hal ini tentu saja membuat banyak aplikasi dihadirkan berbagai perusahaan besar, seperti Google Chrome, Mozila Firefox, dan Opera Mini untuk melayani kebutuhan berselancara di dunia internet para penggunanya. Dan kali ini, saya akan mengajak kalian membahas opera mini. 

Walaupun dikenal sebagai salah satu browser yang mempunyai kompresi data tinggi sampai berefek pada kecepatan membuka halamana web secara cepat, tetapi kadang opera Mini yang dijalankan bisa juga lemot.

Indikasi yang terjadi bila opera mini melambat adalah ketika ingin mengakses web tidak semulus biasanya, seperti Not found, server error, atau request time out. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor di antaranya karena banyak pengguna opera mini yang memakai server disaat bersamaan, chache aplikasi yang penuh, atau bahkan karena masalah jaringan di tempat kalian.

Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut dan membuat kecepatan internet opera mini  meningkat, ada beberapa langkah yang bisa kalian coba, Gaes. 

Mengaktifkan fitur Opera turbo

Opera turbo adalah fitur untuk mendongkrak (boost) kecepatan internet di opera mini. Dengan kalian mengaktifkan fitur ini maka kecepatan dapat meningkat hingga 200%.

Menggunakan custom DNS

Sudah menjadi rahasia umum apabila kalian menambahkan pengatrran DNS pada browser bisa membuat koneksi internet makin cepat. Hal itu ternyata juga berlaku pada browser opera mini.

Kalian bisa menambahkan DNS custom untuk meningkatkan performa opera mini. Salah satu DNS yang terbukti ampuh adalah DNS Google. Selain aktif DNS tersebut juga gratis. berikut ini pengaturan DNS Google untuk Opera mini

DNS Google

Primer: 8.8.8.8

Sekunder: 8.8.4.4

DNS Standar

Primer: 208.67.222.222

Sekunder: 208.67.220.220

Atur Loading time

READ  PDF Tidak Bisa Dicopy

Apabila kalian menemukan masalah request time out, sebaiknya atur ulang loading time ke waktu yang lebih singkat. Karena pengaturan loading time yang lama sering kali membuat Opera mini menjadi error.

Untuk pengaturannya kalian haru menulis pada address bar opera mini opera:config. Tekan go lalu kalian akan dibawa pada halaman pengaturan/konfigurasi. Di sana tap opsi no pada semua pilihan, kemudian set up angka 30 menjadi 3600 kemudian simpan.

Sinkronkan dengan Opera

Untuk membuat akses ke server Opera makin cepat, maka langkah yang sebaiknya kalian coba adalah menyinkronkan opera mini dengan Opera. Tentu saja kalian harus melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu di website Opera. Sinkronisasi ini akan memberikan kestabilan dalam mengakses server.

Non Aktifkan Image

Apabila jaringan internet memang tidak berahabat, artinya 4 cara di atas belum memberikan pengaruh yang signifikan. Dengan begitu, langkah terakhir adalah dengan menonaktifkan load image dan atur dalam tampilan mobile.

Hal ini akan mengurangi beban data yang akan diload sehingga akses internet akan terasa lebih cepat dan lancara ya, Gaes.

Itu tadi lima cara yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan kecepatan internet opera mini yang bisa kalian coba. Selain internet jadi lancar, pekerjaan kalian pun cepat selesai.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian ya, Gaes. Jangan lupa update berita dan info terbaru, serta tips keren hanya di techjak. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.