5 Cara Menyimpan Hasil Unduhan di Memori Eksternal

0

Hello guys!

Sudah lama menunggu , eh ternyata memori internal tiba – tiba ga cukup untuk menampung file yang didownload. Alhasil, unduhanmu jadi gagal. Pernah mengalami hal ini? Pasti kesel kan dibuatnya. Hasil unduhan biasanya tersimpan di memori internal, tidak bisa tersimpan langsung di memori eksternal. Namun, bukan berari tidak bisa langsung disimpan di memori eksternal loh. 

Ada beberapa cara yag bisa kamu lakukan supaya hasil unduhan langsung tersimpan di memori eksternal atau SD Card. Yuk simak 5 tips berikut agar unduhanmu tersimpan langsung ke memori eksternal!

 

  • Kamu dapat memindahkannya secara manual

 

Kamu bisa memindahkan hasil unduhanmu secara manual ke kartu memori. Walaupun agak ribet, tapi cara ini mudah dilakukan dan cukup efektif. Caranya adalah dengan membuka managing file (namanya bisa berbeda di setiap Androidmu). Setelah itu, masuk ke dalam internal storage, pilih file download. Kemudian pilih file yang ingin kamu pindahkan. Setelah itu langsung dipindahkan dengan opsi cut ke memori eksternal. Mudah kan?

 

  • Menggunakan laptop atau personal computer (PC)

 

Cara lain yang dapat dilakukan di semua Android adalah menggunakan laptop. Cara ini tidak memungkinkan untuk menyimpan file kamu langsung di memori eksternal. Selain itu, cara ini lebih ribet. Caranya adalah dengan menyambungkan Androidmu ke laptop menggunakan kabel USB. Setelah itu, buka file di memori internal ponselmu melalui laptop. Buka file internal storage. Setelah itu pilih file yang ingin dipindahkan, kemudian pindahkan dengan opsi cut. Masukkan file tersebut ke dalam memori eksternal yang kamu inginkan.

 

  • Gunakanlah aplikasi Advanced Download Manager

 

Cara pertama dan kedua tergolong ribet untuk kamu pengguna Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang tersedia di PlayStore, yaitu Advanced Download Manager. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis. Advanced Download Manager dapat membantu kamu sebagai pengguna Android supaya bisa menyimpan hasil unduhan langsung ke memori eksternal. Caranya cukup mudah dan lebih efektif. Pertama, buka aplikasinya. Lalu pilih menu settings. Kemudian pilih menu download, lalu masuk pada menu Folder File Unduhan, kemudian klik ikon folder. Nah, silahkan pilih folder tempat kamu menyimpan hasil unduhan. Setelah itu pilih ok. Sekarang unduhanmu akan masuk ke folder tersebut secara otomatis.

 

  • Mengatur di menu settings

 

Cara yang ini tidak tersedia di semua smartphone. Namun ada beberapa ponsel yang bisa diterapkan cara ini. Pertama, kamu masuk ke dalam menu settings. Setelah itu, cari menu storage. Lalu pilih aturan SD Card. Selesai. Semua unduhanmu akan langsung dipindah ke kartu SD. 

 

  • Cara memindahkan hasil unduhan, khusus di smartphone Xiaomi

 

Empat cara diatas bisa digunakan di semua merk HP. Cara yang kelima ini hanya bisa digunakan di HP merk Xiaomi saja. HP merk Xiaomi mempunyai fitur tersendiri dalam mengubah lokasi penyimpanan hasil unduhan. Caranya adalah dengan mengubah settings. Cari fitur download (ada di folder alat/tools). Klim symbol titik tiga yang terdapat di bagian pojok, pilih setting. Setelah itu, pilih save to a custom location. Langkah yang terakhir, pilihlah lokasi folder tempat kamu ingin menyimpan unduhan. Selesai deh.

Nah, itulah 5 cara untuk menyimpan hasil unduhan di kartu SD. Selamat mencoba ya!

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.