5 Cara Mudah untuk Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Terbaca di HP

0

Hello guys!

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana kartu SIM yang kamu gunakan tidak terbaca di ponselmu? Pasti kamu kesal sekali jika hal ini terjadi di kondisi darurat dimana kamu harus segera terhubung ke jaringan internet. Tidak bisa dihindari memang, secanggih apapun smartphone yang kamu miliki tidak akan bisa kamu gunakan dengan optimal jika tidak ada kartu SIM di dalamnya. Permasalahannya adalah ketika kartu SIM yang kamu gunakan tersebut tidak terbaca atau tidak terdeteksi si smartphone yang kamu gunakan karena beberapa faktor.

Ada tiga faktor utama yang membuat kartu SIM tidak terdeteksi di ponsel yang kamu gunakan. Penyebab pertama adalah usia pakai kartu SIM yang sudah terlalu lama. Material kartu SIM yang terbuat dari plastik tentu ada batas degradasinya yang membuatnya rusak dalam waktu tertentu. Penyebab kedua adalah kuningan kartu SIM sudah rusak. Kuningan di kartu adalah komponen penting yang berisikan data – data kamu sebagai pengguna. Jika bagian ini rusak, maka kartu SIM tidak bisa kamu gunakan lagi. Penyebab ketiga adalah kartu SIM yang mengalami overheat yang terjadi karena panas dari smartphone yang kamu gunakan.

Kartu SIM yang tidak terdeteksi tidak hanya membuat kamu tidak bisa menggunakan internet lagi. Semua data yang ada di dalamnya akan hilang, misalnya saja kontak penting yang tidak kamu backup. Namun, kamu tak perlu panik dan khawatir dulu jika kartu SIM yang kamu gunakan tidak terdeteksi guys. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi hal ini. Yuk simak cara mengatasi kartu SIM yang tidak terdeteksi berikut ini!

  •  Membersihkan kartu SIM

Cara pertama dan paling mudah dalam mengatasi masalah kartu SIM eror adalah dengan membersihkannya. Bisa jadi debu – debu micro yang menempel pada kartu tersebut mengganggu fungsinya. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan penghapus dan menggosok kuningan kartu SIM tersebut. Setelah itu, coba pasang kembali ke smartphone milikmu guys.

  • Mencoba kartu SIM yang lain

Cara ini bisa kamu gunakan jika cara pertama tidak berhasil. Bisa jadi kesalahannya bukan terletak pada kartu SIM, namun pada smartphone. Bukalah kartu SIM yang eror tadi, lalu pasanglah kartu SIM lain yang masih berfungsi di ponselmu. Jika ternyata kartu SIM tersebut berfungsi, berarti kesalahannya memang pada kartu SIM milikmu tadi guys. Cara ini perlu kamu lakukan untuk mengetahui letak kesalahan yang sebenarnya.

  • Mengatur ulang jaringan

Masalah juga bisa datang dari operator selular yang mungkin memang sedang bermasalah yang membuat kartu SIM yang kamu gunakan tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini bisa kamu atasi dengan cara mengatur ulang jaringan di smartphone milikmu. Kamu bisa mengaturnya ulang secara manual jika tidak bisa diatur secara otomatis. Caranya adalah dengan membuka menu settings, pilih Network & Internet, pilih Mobile Network dan pilih Access Point Names. Aturlah Apn yang sesuai dengan jaringan dan operator seluler yang digunakan secara manual.

  • Lakukan factory reset pada smartphone

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan melakukan factrory reset yang berfungsi untuk mengembalikan smartphone miliku ke kondisi semula, layaknya smartphone baru. Kamu harus berhati – hati dan waspada dalam melakukan cara yang satu ini yaa guys. Pasalnya semua pengaturan di ponselmu, termasuk akun dan aplikasi akan ikut terhapus ketika kamu melakukan opsi factory reset. Sebaiknya kamu melakukan backup semua data yang kamu simpan di ponselmu.

Baca Juga : 

1.Mencari Sebab dan Sollusi Kartu SIM Tidak Terinstall

2.Tips Supaya Kartu SIM Tidak Diblokir

3..Cara Memindahkan Kontak Dari Kartu SIM

4.5 Cara Gampang Mengatasi Kartu Telkomsel Yang Tidak Bisa Connect

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca yaa guys. Sebaiknya kamu memilih cara yang bijak ya. Kamu juga bisa konsultasi ke Costumer Service provider kartu SIM yang kamu gunakan jika ada cara lainnya. Semoga berguna ya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.