5 Cara Praktis Melakukan Back Up Data di Smartphone Android

0

Hello guys!

Back up adalah upaya untuk menyimpan salinan data dari smartphone yang digunakan ke perangkat lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kehilangan data jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan sehingga menyebabkan data hilang. Oleh karena itu, back up data adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh pengguna Android. Apalagi saat ini banyak data penting yang disimpan di smartphone

Bisa dibayangkan bagaimana susahnya jika data yang sudah ada sejak lama tiba – tiba hilang. Foto – foto yang mengabadikan setiap momen hingga kontak teman lama yang tersimpan di smartphone. Nah, berikut adalah 5 cara praktis untuk melakukan back up data di ponsel pintar Android, yuk simak!

 

1. Mencadangkan ke Google Drive di Pengaturan

Banyak cara back up data yang ditawarkan oleh Android kepada penggunanya. Salah satunya adalah pada menu pengaturan di perangkat, sehingga tidak perlu repot untuk mengatur banyak hal. Semuanya sudah terintegrasi pada menu tersebut. Caranya adalah dengan membuka menu settings, pilih System, lalu klik Backup. Setelah dibuka, pilih pilihan Back up to Google Drive.

Kamu dapat memilih kategori data yang ingin dicadangkan. Caranya adalah dengan memilih menu settings, lalu pilih kategori yang ingin dicadangkan.

 

Baca Juga : 3 Cara Cek Kouta Pada Layanan Indihome

2. Cadangkan Foto di Google Photos

Foto dapat dicadangkan dengan menggunakan aplikasi Google Photos. Caranya sangan mudah dan praktis. Kamu dapat mengaktifkan fitur backup pada aplikasi Google Photos. Caranya adalah dengan memilih menu settings, lalu nyalakan opsi Back up & Synch. Kualitas foto yang ingin dicadangkan juga dapat diatur. 

Setelah foto tersebut dicadangkan, kamu dapat menghapus foto yang tersedia di penyimpanan internal smartphone dengan memilih pilihan Free up Space. Hal ini akan memberikan lebih banyak ruang memori di smartphone. Kamu tetap bisa mengakses foto tersebut secara online. 

 

3. Cadangkan kontak di Google Contacts

Semua kontak yang terdapat di smartphone dapat kamu cadangkan menggunakan Google Contacts. Kamu dapat menyalin semua kontak jika disimpan di akun Google. Caranya adalah dengan membuka menu settings, kemudian lalu pilih import dan pilih kontak yang ingin dicadangkan. Setelah itu, pilih akun Google yang ingin kamu gunakan untuk mencadangkan kontak tersebut. 

 

Baca Juga : Cara Menghemat Kouta Apple Denga Mode Low Data

4. Mencadangkan SMS

SMS sudah jarang digunakan saat ini. Meskipun begitu, masih ada yang memakan fitur ini untuk alasan tertentu. Oleh karena itu, bisa jadi pencadangan ini masih diperlukan. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti SMS Backup & Restore

 

5.Mencadangkan Dokumen, Musik dan File lainnya

Dokumen dapat dicadangkan menggunakan fitur Google Keep yang dapat disimpan menggunakan cloud. Musik dan file lainnya dapat dicadangkan menggunakan Google Drive. Beberapa aplikasi chatting sepeti Whatsapp juga mendukung back up menggunakan Drive.

 

Nah, itulah 5 cara praktis untuk melakukan back up  pada data yang terdapat di smartphone Androidmu ya. Yuk cadangkan datamu, sebelum kehilangan.

Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.