5 Hal yang Menyebabkan Sinyal Smartphone Melemah

0

Hola guys sekarang Dim’asu bakal ngasih ilmu lagi nih buat kalian. Nah pasti kalian banyak bertanya – tanya kan kenapa sinyal smartphone kalian naik turun kayak ingus dan sekarang gua bakal kasih ilmu ke kalian kenapa sinyal smarthphone kalian naik turun kayak ingus kalian. Letss gooooo. Simak yang serius Jo kayak seriusin dia. Hiya hiya hiya.

 

1. Jarak dari Menara Seluler

Nah yang pertama ini adalah jaraknya Jo. Ponsel kalian itu berkomunikasi dengan mengandalkan gelombang radio, nah makanya itu sinyal akan semakin lemah apabila atmosfer yang harus dilewati itu sangat tebal.

Ini mengartikan bahwa jarak kalian dari menara seluler layanan internet bisa menjadi salah satu faktor yang paling pentingnya Jo. Pemancar sinyal yang kuat mampu mengirim sinyal lebih jauh, tapi ada batasnya juga seberapa besar radio pemancar bisa dirasakan ke dalam smartphone modern kalian Jo.

Nah sebuah ponsel secara teori dapat mengcapai menara yang berada 70-an kilometer dalam keadaan ideal, namun pada kenyataannya smartphone memiliki batas berada pada sekitar 30-an kilometer saja, bahkan dalam keadaan yang sangat ideal.

 

2. Lansekap pada area sekitar

Gelombang radio dapat bergerak garis lurus dari smartphone ke menara seluler layanan. Nah jika ada penghalang yang besar dan tinggi di jalan, seperti bukit atau pegunungan, gelombang radio akan kesulitan menarik garis lurus untuk sampai ke menara.

Sehingga menyebabkan, penangkap sinyal pada smartphone bisa menangkap sinyal dari menara seluler yang dihalangi oleh bukit atau pegunungan meskipun jarak antar keduanya dekat, melainkan akan mencari menara lain yang bebas hambatan meskipun jaraknya lebih jauh.

Di daerah perkotaan, hal ini bukan masalah yang sangat meresahkan karena:

  •  Adanya antena radio kecil yang ditempatkan pada seluruh kota sehingga sinyal tidak pernah terlalu jauh untuk pergi.
  • Gelombang radio akan memantul dan terpencar antar bangunan yang  dapat membantu mereka mengatasi halangan yang ada.
  • Adanya efek gelombang lainnya seperti difraksi.

 

3. Material Bangunan

Nah Jo ini gua kasih masalah yang di daerah perkotaan, masalah yang akan dihadapi itu bukanlah bukit atau pegunungan, tapi material dari bangunan-bangunan yang ada di daerah.

Beton, baja, dan teman – temannya besar sebagain besar itu bahan bangunan lainnya sangat berpotensi menghalangi sinyal seluler.

Dan Itulah alasan saat kalian berada di ruang bawah tanah / basement sinyal smartphone milik kalian tidak ada jalan untuk mencapai menara karena ada dinding beton/baja yang menghalangi sinyal.

Nah ini tips Jo Jika kalian berada di dalam ruangan yang tertutup dan memiliki sinyal buruk, caranya keluar dan cari arena terbuka seperti kebun atau balkon dapat membantu memulihkan sinyal Jo.

 

4. Cuaca

Gelombang radio itu kan berjalan melalui atmosfer seperti yang udah gua bahas tadi. Nah itu berdampak saat cuaca sedang buruk dan bisa menghalangi sinyal.

Misalkan kita berada di tengah badai, hujan lebat dan ion-ion dapat mengganggu penerimaan sinyal.

Kalian akan hampir selalu bisa mendapatkan sinyal yang lebih baik pada hari yang cerah daripada saat hujan ataupun berkabut.

 

5. Kecepatan kita bergerak

Ketika kalian menggunakan smartphone, maka smartphone itu akan mengirim sinyal ke menara sinyal dan dengan secara bersamaan menangkap sinyal.

Gelombang radio yang bergerak sangat cepat sehingga biasanya semua ini terjadi tanpa masalah sedikit pun. Namun, jika kalian bergerak dengan yang sangat tinggi, perubahan konstan pada posisi berada kalian dapat menyebabkan beberapa pengaruh pada kualitas sinyal smartphone.

Contohnya adalah apabila kalian menyalakan telepon saat di dalam pesawat saat akan atau sedang mendarat, biasanya sinyal akan  perlahan lemah atau bahkan tidak ada dan hal ini terjadi sampa pesawat mulai memelankan kecepatan atau berhenti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.