5 Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install Windows 10

0

Apakah kalian sudah instal windows 10 di laptop atau PC kalian? Bingung setelah itu melakukan apa? Jangan khawatir. Saya akan memberikan langkah-langkahnya untuk kalian di artikel ini.

Windows 10 saat ini menjadi sistem operasi favorit banyak orang. Di samping lebih mudah dipakai, performanya yang cukup stabil juga menjadi alasan untuk memakai sistem operasi berbasis Windows ini.

Akan tetapi ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan saat pertama kali melakukan instalasi Windows 10. Tujuannya tentu saja supaya performa Windows kalian semakin canggih.

Jalankan Windows Update dan Lakukan Pengaturan Update

Saat kalian pertama kali selesai melakukan instalasi Windows 10, dan selelsai kalian terkoneksi dengan internet, kalian akan menemukan beberapa update terbaru yang tertunda. Kalian bisa download update tersebut, dengan koneksi internet yang stabil pastinya.

Baca Juga : Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Atau PC Sampai Tuntas

Update terbaru ini sangat penting hubungannya dengan fitur dan keamanan dari Windows 10 itu sendiri.

Supaya kalian bisa mengecek Windows Update, kalian bisa membuka Settings atau pengaturan dari tombol Start. Selanjutnya klik opsi Update & Security. Setelah itu tap opsi Windows Update

Setelah itu kalian klik Check for updates dan tunggu beberapa saat. Kalau sudah beberapa saat, sistem akan mulai mendownload dan menjalankan instalasi update. Apaila update membutuhkan restart, kalian akan memperoleh prompt konfirmasi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Instaqll Aplikasi Android

Windows Update berjalan secara otomatis pada Windows 10 di background. Karena itu kalian tak perlu khawatir kapan Windows kalian harus diupdate ketika ada rilis update terbaru. Hanya saja terkadang update muncul pada waktu yang tidak diinginkan sehingga justru membuat kalian jengkel.

Upgrade Driver Hardware

Driver merupakan sebuah perangkat lunak yang menyambungkan dan menjalankan pengawasan pada bagaimana hardware bekerja saat terhubung dengan sistem. Dengan demikian, driver yang menjadi jalan komunikasi antara Windows dengan hardware bisa dilakukan dengan baik.

Driver umumnya disediakan oleh perusahaan produsen hardware, dan seperti hampir semua software, driver pun tidak selalu sempurna. Kada-kadang ada bug yang menyebabkan tidak bekerja dengan maksimal ketika dipakai pada Windows versi terbaru.

Baca Juga : 4 Cara Uninstall Aplikasi pada Windows 10

READ  Vpn Gratis Yang Aman Untuk IOS Dan Android Kalian!

Menjaga agar driver kamu tetap terupdate merupakan hal penting untuk menjaga kinerja hardware dalam performa maksimal. Windows, dapat dengan otomatis menginstall driver untuk beberapa perangkat seperti mouse dan keyboard, namun kamu harus tahu cara mengupdate driver-driver penting, semisal driver VGA dan juga driver lainnya.

Merawat driver kalian agar tetap terupdate adalah hal penting untuk menjaga kinerja hardware dalam performa maksimal. Windows, bisa dengan otomatis menginstall driver untuk beberapa perangkat seperti mouse dan keyboard, akan tetapi kalian harus tahu cara mengupdate driver-driver penting. Contohnya driver VGA dan juga driver lainnya.

Install Aplikasi Dasar

Windows 10 datang saat ini dengan banyak aplikasi dasar yang sudah bisa kalian manfaatkan. Contohnya saja Microsoft Edge yang bisa kalian pakai untuk membaca file PDF, sehingga kalian tak harus install aplikasi khusus PDF Reader.

Baca Juga : Cara Menghapus Riwayat Pencarian di File Explorer Windows 10

Hanya saja, untuk mempermudah kalian maupun user nantinya, kalian dapat menginstall aplikasi dasar seperti office, browser, aplikasi pemutar suara, pdf reader, editor grafis dan antivirus walaupun sebenarnya tidak perlu-perlusekali.

Ubah Pengaturan Default Windows

Windows 10 hadir dengan berbagai kelebihan, tetapi pada faktanya tak semuanya optimal untuk setiap pengguna. Kalian mungkin perlu mengubah beberapa pengaturan dasar supaya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Beberapa hal yang harus kalian ubah adalah Default Apps, Startup, Power Plan, Pengaturan Privasi, dan Night Light.

Ubah Default Apps

Selesai kalian menginstall aplikasi kesukaan kalian, kalian bisa mengaturnya menjadi aplikasi default. Salah satu contohnya adalah mengubah default browser dari Microsoft Edge menjadi Chrome atau Firefox.

Untuk mengubahnya kalian bisa masuk ke Settings atau pengaturan, lalu klik opsi Apps. Kemudian tap opsi Default Apps.

READ  Cara Mengatasi Hotspots Windows 10 Tidak Bisa Aktif

Selanjutnya kalian bisa aplikasi aplikasi apa yang ingin kalian ubah opsi default-nya. Mulai dari Email, Music Player, Browser dan lain sebagainya.

Di samping itu, kalian bisa memilih Choose default apps by file type untuk mengatur default aplikasi berdasarkan jenis file. Contohnya PDF, PHP, TXT, DOCX dan lain-lain.

Disable Start Up

Terlalu banyak aplikasi yang running pada startup, dimana akan banyak menyerap banyak sumber daya yang membuat waktu lebih lama pada saat booting.

Atur Backup Plan

Langkah terakhir yaitu menyiapkan rencana backup untuk sistem kalian. Kalian apsti tidak pernah tau apa yang terjadi karena bisa saja komputer kita terserang virus atau terjadi masalah pada drive kalian sehingga data hilang. Karena itu, sangat penting untuk mengatur rencana backup data kalian sebelum semuanya terlambat.

Atau, kalian dapat memakai layanan cloud untuk menyimpan dokumen-dokumen penting kalian, misalnya One Drive, Dropbox ataupun Google Drive.

Dengan 5 langkah di atas, maka pemakaian Windows 10 kalian bisa dipastikan menjadi lebih nyaman dan lebih aman. 

Selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.