5 Tips Menjadi Seorang Blogger yang Sukses dan Punya Penghasilan

Pasti kamu kenal Raditya Dika kan guys. Awalnya dia adalah seorang blogger yang kini menjadi seorang public figure sukses melalui berbagai karya yang sudah diorbitkannya. Lalu apa sih tips yang bisa diterapkan untuk menjadi seorang blogger sukses? Yuk simak 5 tips yang bisa kamu terapkan berikut ini!

0

Kamu akan mendapatkan skill menulis yang lebih tajam, memberikan informasi berguna ke orang lain dan juga membangun reputasi dan jaringan. Bahkan kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi seorang blogger ini. Wah pasti keren sekali yaa kalau bisa menghasilkan dari blog. Blog sendiri adalah sebuah website yang mengandung konten personal dalam bentu artikel, video, foto dan link ke website lainnya. Blogger merupakan seseorang yang memiliki sebuah blog.

Blogger merupakan salah satu profesi yang menarik untuk kamu tekuni di era serba digital ini guys. Aktivitas blogging bisa memberikan banyak sekali manfaat. Kamu akan mendapatkan skill menulis yang lebih tajam, memberikan informasi berguna ke orang lain dan juga membangun reputasi dan jaringan. Bahkan kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi seorang blogger ini. Wah pasti keren sekali yaa kalau bisa menghasilkan dari blog.

Blog sendiri adalah sebuah website yang mengandung konten personal dalam bentu artikel, video, foto dan link ke website lainnya. Blogger merupakan seseorang yang memiliki sebuah blog. Pasti kamu kenal Raditya Dika kan guys. Awalnya dia adalah seorang blogger yang kini menjadi seorang public figure sukses melalui berbagai karya yang sudah diorbitkannya. Lalu apa sih tips yang bisa diterapkan untuk menjadi seorang blogger sukses? Yuk simak 5 tips yang bisa kamu terapkan berikut ini!

  • Menentukan tujuan dalam membuat blog

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai sebuah blog adalah menentukan tujuan membuat blog tersebut. Blogging membutuhkan waktu, tenaga dan juga pikiran, sehingga kalau tujuanmu tidak jelas tentu akan menjadi sia – sia saja. Menentukan tujuan saat penting bagi para blogger pemula agar mengerti arah pengembangan blog yang dibangun nantinya. Kamu bisa menjadikan blog sebagai sarana untuk menyalurkan hobi dan juga berbagi informasi dengan orang lain.

  • Menentukan topik blog

Tips kedua yang tidak kalah penting adalah menentukan topik yang akan dikembangkan di blog tersebut. Penting untuk menentukan inti pembahasan yang akan dikembangkan dari blog yang ingin kamu bagun. Bukan berarti kamu harus menulis mengenai semua topik yaa guys. Sebaiknya pilih topik yang sesuai dengan minat dan juga keahlian yang kamu miliki, supaya kamu tidak kehilangan semangat saat menulis konten nantinya guys.

  • Memilih platform blog

Ada banyak sekali platform blog yang tersedia saat ini. Sebaiknya kamu memilih platform yang sesuai dengan tujuan dan juga kemampuan yang kamu miliki. Ada 3 platform blog populer yang sering digunakan, yaitu Blogger (hosted), WordPress.com (hosted) dan WordPress.org (self-hosted). Hosted artinya kamu menumpang pada website orang lain, sehingga kamu tidak akan memiliki website sendiri guys. Alamat blog kamu akan ada embel – embel alamat website platform tersebut. Jika kamu membuat blog self-hosted berarti kamu membuat website sendiri. 

  • Menentukan penyedia layanan hosting dan domain

Sebaiknya kamu memilih domain sendiri jika kamu berencana akan membuat blog dalam waktu yang lama. Biasanya blogger pemula memilih menggunakan paltform blog gratis dan baru menggunakan domain sendiri ketika traffic di blog tersebut sudah mulai tinggi. Padahal sebenarnya strategi ini kurang tepat untuk dilakukan. Domain berarti alamt website, sementara hosting adalag tempat file – file blog kamu akan disimpan. Keduanya biasanya menggunakan sistem sewa guys. Jadi kamu harus membayar setiap bulannya.

  • Menentukan nama domain

Nama domain sangat penting untuk kamu rencanakan guys. Pasalnya nama tersebut akan menjadi identitas dari blog yang kamu bangun. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat nama domain, yaitu menyesuaikan dengan topik blog yang akan dikembangkan, hindari menggunakan nama yang mirip dengan blog populer. Gunakan nama domain yang mudah diucapkan dan mudah diingat yaa. Sebaiknya gunakanlah ekstensi .com guys. 

Salam teknologi! Nah itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk menjadi seorang blogger yang sukses yaa guys. Perencanaan yang baik tentu akan mendatangkan hasil yang baik pula guys. Jangan terburu – buru dalam membuat blog. Tentu saja tidak mudah menjadi seorang blogger yang sukses. Namun kamu tetap bisa jika kamu berusaha guys.  Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.