5 Tips Mudah untuk Menghemat Kapasitas iPhone

0

iPhone menjadi smartphone yang banyak disayangkan oleh masyarakat karena dibalik kecanggihannya, ternyata iPhone tidak bisa ditambahkan kapasitas internal atau memorinya. iPhone memiliki kapasitas tetap, dan pilihan kapasitas yang tidak terlalu banyak. iPhone memiliki kapasitas terkecil yaitu 8gb dan yang paling besar adalah 512gb. Dengan adanya kapasitas 512gb sekalipun, tidak semua iPhone mendapatkan pilihan untuk memakai kapasitas tersebut. Contohnya, untuk saat ini hanya iPhone XS, XS Max, 11 Pro, dan 11 Pro Max yang memiliki kapasitas memori hingga 512gb. Hal tersebut memiliki arti bahwa hanya iPhone flagship yang dapat memiliki kapasitas besar, lalu bagaimana dengan user iPhone yang memiliki kapasitas hanya 64gb, 32gb, atau bahkan 16gb saja? Yuk disimak penjelasan dibawah ini!

 

5 Tips Mudah untuk Menghemat Kapasitas iPhone

 

1. Gunakan Aplikasi Penyimpanan Tambahan

Bagi kalian yang memiliki kapasitas iPhone tidak terlalu banyak, kalian dapat mengurangi pemakaian kapasitas dengan menggunakan aplikasi penyimpanan seperti iCloud Storage, Google Drive, dan Dropbox. Pindahkan foto atau video yang kalian anggap penting ke aplikasi penyimpanan tambahan, karena dengan memindahkan foto atau video ke aplikasi tambahan tersebut akan sangat berpengaruh dalam mengurangi pemakaian kapasitas iPhone.

Baca Juga: Cara Mempercepat Windows 10, Anti Lemot!

2. Hapus Data yang Tidak Perlu

Foto atau Video yang dihapus di iPhone tidak benar-benar terhapus, namun dipindahkan ke dalam folder recently deletedRecently deleted adalah folder yang memungkinkan kalian untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. Jadi jika kalian tidak sengaja salah menghapus foto atau video, kalian dapat mengembalikannya di folder recently deleted. Kalian harus selalu ingat bahwa ketika menghapus foto atau video, jangan lupa untuk menghapusnya juga dari folder recently deleted jika ingin file terhapus secara permanen. Selain menghapus foto dan video, kalia juga dapat mengurangi pemakaian kapasitas iPhone dengan cara menghapus SMS lama, menghapus history browsing, dan menghapus history panggilan.

Baca Juga: Ingin Memiliki Komputer yang Awet? Begini Caranya!

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Aplikasi yang terinstall didalam iPhone akan terus bertambah ukuran kapasitasnya karena mengikuti update dari developer masing-masing aplikasi. Aplikasi yang jarang digunakan atau hanya mengendap di dalam iPhone hanya akan menghabiskan kapasitas secara percuma, jadi mulailah memilih aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan lagi dan menghapusnya.

Baca Juga: Tips Mencegah Sindrom Smartphone Pinky

4. Hindari Games dengan Spesifikasi Tinggi

Game yang memiliki spesifikasi tinggi biasanya akan memakan banyak kapasitas iPhone kalian. Jika kalian adalah seorang gamers, disarankan untuk benar-benar mensortir aplikasi yang benar-benar tidak diperlukan untuk memberika ruang kapasitas pada game, karena aplikasi dengan spesifikasi tinggi akan memakan banyak kapasitas saat di update.

5. Backup Data

Alternatif lain untuk mengurangi pemakaian kapasitas pada iPhone adalah dengan cara mem-backup data di iPhone ke laptop atau komputer. Pindahkan data-data yang sekiranya penting seperti foto, video, atau catatan suara ke laptop atau komputer. Kalian juga dapat membersihkan kapasitas iPhone kalian atau mengatur ulang iPhone tanpa perlu takut kehilangan data karena data-data sebelum mengatur ulang iPhone dapat disimpan terlebih dahulu ke laptop atau komputer dan dipindahkan kembali data yang penting ke iPhone.

Baca Juga: Smartphone Android Lama Rentan Diretas

iPenjelasan diatas merupakan cara mudah untuk menjaga kapasitas iPhone kalian agar tidak cepat penuh. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini dapat membantu, dan terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.