5 Tips Paling Efektif untuk Menghemat Kuota Internet

0

Hello guys!

Internet sudah menjadi salah satu hal yang sangat penting dan krusial di zaman sekarang ini. Hampir setiap orang mood-nya akan berantakan seharian jika tidak bisa mengakses internet. Pasti kamu termasuk salah satunya, ngaku aja guys whehe. Sayangnya pemakaian kuota internet berbanding terbalik dengan harga yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. Semakin banyak kuota internet dan semakin cepat koneksi yang ditawarkan, maka harganya pun akan semakin melangit. Bisa bikin bangkrut lah.

Tentu saja kamu tidak bisa meminta para provider untuk menurunkan harga paket internet yang ditawarkan. Namun, setidaknya kamu bisa mengoprek smartphone yang kamu gunakan supaya bisa mengurangi pemakaian data internet guys. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat pemakaian kuota internet. Yuk simak tips yang sangat efektif dan ampuh berikut ini!

  • Menggunakan fitur Chrome Data Saver untuk browsing

Jika kamu adalah salah satu pengguna Chrome browser, maka kamu bisa memotong penggunaan kuota data dengan cara mengaktifkan fitur Data Saver. Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan dengan pilih menu settings, lalu pilih opsi Data Saver dan tekan tombol ON. Fitur ini akan memproses penggunaan datamu hingga mengurangi 50% pemakaian data di Androidmu guys. Cara yang satu ini sangat ampuh banget dan terasa sekali perubahannya guys.

  • Menonaktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat data adalah dengan menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan yang tidak kamu pakai secara berkala. Caranya adalah dengan membuka menu settings, lalu memilih opsi Account, setelah itu pilihlah akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Hal tersebut dapat menghemat kuota data yang kamu gunakan karena aplikasi tersebut tidak akan tersambung ke internet lagi secara otomatis.

  • Membatasi penggunaan mobile data dan mengaktifkan peringatannya
READ  Cara Mengunduh Video Pada Facebook

Kamu pasti mengetahui fitur Data usage warning dan Limit system yang melakukan built-in pada setiap Android. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk memberikan peringatan saat menggunakan data yang sudah melampaui batas. Caranya adalah dengan masuk ke menu settings, lalu pilihlah opsi Data usage. Setelah itu, pilihlah Cellular data. Langkah terakhir adalah memilih opsi Set cellular data limit dan menekannya untuk mengaktifkan fitur yang membatasi penggunaan mobile data ini.

  • Membatasi penggunaan data di background (Restrict background data)

Cara lain yang bisa kamu gunakan jika kamu merasa boros dalam menggunakan data adalah dengan cara menghentikan penggunaan data yang ada di background. Kamu bisa membatasinya dengan cara masuk ke menu settings, lalu pilihlah opsi Data usage, lalu tekan garis vertikal yang terdapat di kanan atas, lalu pilihlah opsi Restrict background data dan tekanlah OK. Opsi tersebut akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat berjalan di background. Namun hal tersebut akan membuat notifikasi menjadi lambat masuk ke ponselmu. Tetap saja cara yang satu ini bisa kamu andalkan guys.

  • Membatasi update aplikasi hanya ketika tersambung WiFi saja

Android yang kamu gunakan akan melakukan update terhadap aplikasi yang terpasang secara berkala jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store. Update yang ditawarkan aplikasi ini terkadang memakan kuota yang sangat besar, sehingga membuat pemakaian kuota di ponselmu akan menjadi sangat boros. Nah, kamu bisa mengaktifkan opsi WiFi only dibagian update untuk menghindari hal ini guys. Masuk ke menu settings, pilih Auto update apps dan pilihlah Auto update apps over WiFi only.

Baca Juga : .

  1. Cara Mengetahui Aplikasi Yang Boros Kuota di Smartphone Xiaomi
  2. Cara Hemat Data Internet Ketika Memakai Instagram
  3. Cara Menghemat Kouta Dengan Fitur Low Data Pada Apple
  4. .Cara Menghemat Kouta Dengan Fitur Low Data Pada Apple
READ  Cara Mudah dan Praktis Download Video Tiktok di Android dan iPhone

Nah, itulah 5 tips yang sangat efektif untuk menghemat penggunaan kuota internet di Androidmu guys. Hindari kebocoran data yang terlalu besar dan membuatmu rugi. Jadi uangmu bisa kamu gunakan untuk hal yang lebih berguna lagi. Gak harus beli pulsa internet terus – terusan. Selamat mencoba yaa.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.