Cara Mudah dan Ampuh Mengecek Garansi dari Ponsel Xiaomi

Semua ponsel Xiaomi yang dijual di Indonesia memiliki garansi yang resmi. Biasanya ponsel dengan garansi non-resmi atau biasa disebut dengan garansi distributor tidak bisa digunakan di Indonesia. Apakah kamu tahu bagaimana caranya mengecek garansi ponsel Xiaomi? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

0

Xiaomi menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki ponsel dengan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang terbatas. Kamu bisa membelinya langsung dari pihak resmi Xiaomi tersebut maupun dari distributor. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan ketika membeli ponsel adalah memastikan garansinya. Termasuk ketika kamu membeli ponsel Xiaomi ini untuk mengecek keaslian dari ponsel yang kamu beli tersebut.

Apakah kamu adalah salah satu pengguna ponsel Xioami? Ponsel asal Tiongkok ini memiliki banyak sekali pengguna. Pasalnya harga yang ditawarkan sangat terjangkau dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Oleh karena itu Xiaomi menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki ponsel dengan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang terbatas.

Kamu bisa membelinya langsung dari pihak resmi Xiaomi tersebut maupun dari distributor. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan ketika membeli ponsel adalah memastikan garansinya. Termasuk ketika kamu membeli ponsel Xiaomi ini untuk mengecek keaslian dari ponsel yang kamu beli tersebut.

Soalnya tidak semua ponsel Xiaomi yang dijual di Indonesia memiliki garansi yang resmi. Biasanya ponsel dengan garansi non-resmi atau biasa disebut dengan garansi distributor tidak bisa digunakan di Indonesia. Apakah kamu tahu bagaimana caranya mengecek garansi ponsel Xiaomi? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini!

Cara mengecek garansi Xiaomi melalui IMEI

Cara pertama mengecek garansi ponsel Xiaomi adalah melalui nomor IMEI. IMEI atau singkatan dari International Mobile Equipment Identity adalah identitas khusus yang dikeluarkan oleh pabrik untuk para pengguna ponsel. IMEI sama dengan KTP yang dimiliki oleh warga Indonesia. Cara mengecek garansi ponsel Xiaomi menggunakan IMEI ini sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu mengetikkan kode #06# pada menu dial ponselmu. Setelah itu nomor IMEI akan muncul secara otomatis. Setelah itu, pastikan bahwa nomor IMEI ponselmu tersebut terdaftar di Kemenperin. Setelah kamu berhasil membuka situs Kemenperin tersebut, masukkan nomor IMEI ponselmu ke kolom pencarian.

Cara mengecek garansi Xiaomi melalui jenis charger

Garansi distributor biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan garansi resminya. Garansi ini juga bisa kamu liat dari charger ponselmu loh guys. Harga charger yang disertakan dari gerasi resmi dan distributor ternyata juga jauh berbeda loh ternyata. Ponsel dari distributor biasanya dibekali dengan charger yang tidak sesuai dengan standar Indonesia. Bisa dilihat bentuk chargernya pipih dan bagian colokannya memiliki 3 kaki seperti halnya colokan dari luar negeri. Sementara itu charger ponsel Xiaomi dari distributor resmi biasanya memiliki dua kaki yang disesuaikan dengan stop kontak yang ada di Indonesia.

Cara mengecek garansi TAM ponsel Xiaomi melalui kardus kemasan

Cara terakhir mengecek garansi resmi dari Xiaomi adalah melihat kotak kemasan dari ponsel Xiaomi. Ponsel Xiaomi yang kamu beli tersebut bisa dibilang asli jika ada stiker TAM atau ada tulisan PT Sat Nusapersada TBk, pada kardusnya. TAM adalah singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri yang merupakan distributor resmi di Indonesia. Tulisan PT Sat Nusapersada Tbk adalah perusahaan yang berlokasi di Batam yang menunjukkan bahwa ponsel yang kamu beli tersebut merupakan produk resmi dari Xiaomi yang dirakit di Indonesia. Biasanya Xiaomi dengan garansi Distributor ada tulisan Made in China

Salam teknologi! Nah begitulah caranya mengecek garansi dari ponsel Xiaomi yang kamu beli. Kamu bisa memilih cara yang paling memungkinkan untuk kamu lakukan. Cara pertama dan kedua berguna jika kamu sudah tidak memiliki kardus dari ponselmu tersebut. Pengecekan menggunakan IMEI atau mengamati charger tentu lebih praktis karena kamu tak harus mencari kardus dari ponsel Xiaomi tersebut. Semoga berguna yaa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.