Tips Mengubah Kamera Android dan iOS Jadi Webcam

Aplikasi pengubah kamera smartphone menjadi webcam ada fitur yang dikenal dengan sensor suara, deteksi gerak dan night vision.

0

Kalian dapat membuat kamera smartphone baik Android atau iOS menjadi webcam di perangkat PC atau laptop kalian tersebut.

Pernahkah merasa kecewa karena PC atau laptop kalian tidak mempunyai aksesoris webcam? Jika benar, maka kalian tenang saja, Gaes. Kalian bisa membuatnya sendiri dengan kamera smartphone kalian.

Ya. Kalian dapat membuat kamera smartphone baik Android atau iOS menjadi webcam di perangkat PC atau laptop kalian tersebut.

Sebagai pengguna PC atau laptop, aksesoris webcam memang banyak dibutuhkan. Utamanya di masa work from home (WFH) sekarang ini. 

Apalagi bagi kalian para pegawai, siswa dan mahasiswa yang lebih nyaman dengan video call, video conference atau meeting online memakai PC atau laptop.

Mengubah kamera smartphone Android atau iOS, baik iPhone, iPad dan sebagainya di samping bermanfaat untuk video conference, juga bisa kalian pakai sebagai CCTV di rumah, memantau ruangan bayi yang terpisah dari orang tua, dan lainnya. 

Ini karena di aplikasi pengubah kamera smartphone menjadi webcam ada fitur yang dikenal dengan sensor suara, deteksi gerak dan night vision.

Memakai kamera smartphone sebagai webcam juga disebabkan kualitas kamera laptop dan webcam yang sangat jelek. Daripada kamera smartphone, yang bahkan dapat merekam gambar sampai high definition (HD).

Lalu bagaimana caranya membuat kamera android atau iOS menjadi webcam pada PC atau laptop?

Pada artikel ini untuk membuat kamera android atau iOS menjadi webcam pada PC atau laptop, bisa dengan memakai aplikasi DroidCam. 

Dengan DroidCam menyambungkan kamera smartphone Android atau iOS bisa kalian lakukan lewat sambungan jaringan WiFi, USB dan Wi-Fi Server.

Ingat, kalian harus memastikan jaringan internet kalian stabil atau memakai WiFi agar prosesnya lancar sampai selesai.

Instal Aplikasi DroidCam

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menginstal aplikasi DroidCam pada kedua perangkat. Baik di android atau iOS.

Pada tahap ini, software atau aplikasi yang diinstalkan di PC atau laptop bertindak sebagai aplikasi client, atau penerima hasil pantauan kamera dari smartphone.

Kalian bisa klangsung klik download di Play Store,  App Store, atau  di PC/laptop (Client).

Hubungkan kedua perangkat pada jaringan Wi-Fi yang sama

Supaya kalian berhasil membuat kamera smartphone menjadi webcam di laptop atau PC, kalian harus terkoneksi pada sambungan internet WiFi yang sama.

Apabila tampil pilihan Allow atau Deny, tap Allow.

Setting IP Address 

Langkah berikutnya, buka aplikasi DroidCam di smartphone dan PC atau laptop. Lalu sambungkan atau samakan kedua IP Address, supaya tersambung.

Setelah itu, pastikan klik ikon WiFi pada aplikasi DroidCam Client (PC/laptop), dan tap Start.

Hubungkan Smartphone dengan kabel USB ke PC atau laptop

Terakhir, cukup hubungkan Android atau iOS kalian ke PC atau laptop melalui sambungan kabel USB.

Jika sudah, mulailah mengarahkan kamera ke objek. Selesai.

Bagaimana jika DroidCam tidak tersambung?

Solusinya, kalian bisa langsung tutup aplikasi DroidCam client yang diinstal di PC atau laptop dulu. Lalu buka lagi.

Langkah di atas solusi untuk kalian yang memakai sambungan melalui WiFi.

Apabila masih error atau tidak tersambung juga, berarti ada masalah pada sambungan. 

Kalau kalian menyambungkan aplikasi DroidCam di smartphone dengan laptop atau pc memakai kabel USB, maka aktifkan dulu USB Debugging.

Cara mengaktifkan USB Debugging ini lewat fitur Developer Option. 

Caranya, kalian buka Setting atau Pengaturan. Lalu aktifkan fitur Developer option dengan cara masuk ke menu About Phone, dan tap opsi Software Information.

Setelah itu klik opsi Build Number sebanyak 7 kali. Nantinya , fitur Developer Option akan tampil pada menu Setting. Lanjutkan dengan klik Developer Option.

Berikutnya gulir ke bawah, lalu temukan dan aktifkan opsi USB Debugging. Kalau tampil pop-up windows, Allow USB Debugging, tap OK. Selesai. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.