Tips Mengatasi Unidentified Network

Melakukan connect dan disconnect secara berulang-ulang dalam hal ini dapat membantu kalian mengatasi masalah ini.

0

Pada Windows sendiri, tidak jarang ada satu masalah yang mungkin terjadi, seperti munculnya pesan “unidentified” pada koneksi yang diikuti tanda silang merah.

Internet sekarang ini sudah seperti kebutuhan primer yang harus tersedia setiap hari untuk membantu banyak aktivitas manusia. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, semua hal memungkinkan setiap orang selalu terhubung ke internet.

Misalnya untuk pemakaian smartphone sehari-hari biasanya membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan banyak aktivitas. Begitu juga kalian para pekerja, atau profesi lainnya.

Hanya saja, banyak yang mungkin lebih senang menggunakan laptop atau PC karena lebih sering memakainya untuk browsing atau kegiatan lain yang harus memakai akses internet tersebut.

Untuk mengakses internet, kalian pasti juga butuh sebuah koneksi. Hanya saja, bukan tidak mungkin kalau koneksi yang kalian pakai tersebut mengalami  masalah tertentu.

Pada Windows sendiri, tidak jarang ada satu masalah yang mungkin terjadi, seperti munculnya pesan “unidentified” pada koneksi yang diikuti tanda silang merah.

Tentu saja ini membuat koneksi internet kalian tidak bisa dipakai.

Kemudian bagaimana caranya mengatasi unidentified network tersebut?

Sebelumnya kalian harus tahu, bisa jadi yang membuat muncul pesan ‘unidentified’ asalnya dari sistem. Mungkin disebabkan pengaturan jaringan yang salah.

Supaya dapat mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menyelesaikannya.

Putuskan dan Sambungkan Lagi Koneksi

Melakukan connect dan disconnect secara berulang-ulang dalam hal ini dapat membantu kalian mengatasi masalah ini.

Tips ini sejatinya berkaitan dengan IP. Ketika kalian menyambung ulang koneksi, maka IP akan di-reset, lalu diganti ke alamat lain.

Menginstal Ulang Aplikasi Mobile Partner

Tips ini biasanya untuk modem yang banyak menggunakan aplikasi sebagai media dalam menghubungkan koneksi internet. Aplikasi tersebut dikenal dengan Mobile Partner.

Menginstal ulang aplikasi ini bisa menghilangkan error atau kesalahan pengaturan yang sudah kalian atur sebelumnya.

Di samping itu, ini juga bisa membuat modem di-refresh (driver-nya). Karenanya ini sangat recommended kalian coba.

Menggunakan CMD untuk Mengatur IP

Pengaturan IP, pada dasarnya sudah diatur otomatis oleh sistem Windows. Tetapi, kalau ada masalah maka kalian dapat juga memperbaikinya. Cara yang paling banyak digunakan yaitu memakai CMD.

Caranya tap tombol Windows + R lalu ketik “CMD” dan tap Enter. Setelah itu silahkan masukkan perintah “ipconfig/release” , kemudian klik Enter.

Selanjutnya, masukkan lagi perintah “ipconfig/renew” kemudian klik Enter lagi.

Ipconfig atau release ini untuk menghilangkan pengaturan IP yang sedang berjalan di PC atau laptop. Sedangkan renew berguna untuk memberi PC atau laptop IP baru, menggantikan yang lama.

Umumnya cara ini manjur di jaringan LAN atau WIFI yang menggunakan router.

Kemudian jika kalian menemukan pesan an error occurred while releasing interface wifi maka pakai perintah berikut ini (di CMD) satu per satu. Yaitu, netsh winsock reset, netsh int ip reset, ipconfig/erlease, ipconfig/renew, ipconfig/flushdns.

Jika sudah, silakan cek internet kalian kembali.

Menggunakan IP Static di Konfigurasi Internet

Biasanya, pengaturan IP dapat kalian peroleh langsung dari provider, namanya IP Dynamic.

Hanya saja, apabila ada error, tidak bisa terhubung, dan tampil pesan “unidentified network“, kalian dapat coba dengan pengaturan IP Static, alias IP yang kalian atur  secara langsung.

Pertama-tama buka Control Panel, kemudian masuk ke Network And Internet. Setelah itu klik Network And Sharing Center dan teruskan dengan tap Change adapter settings.

Jika sudah, pilih koneksi yang disana sering digunakan. Klik kanan koneksi tersebut dan tap Properties.

Selanjutnya, cari pengaturan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan tap Properties. Kemudian, coba ganti IPnya. 

Jika kalian bingung, berapa IP yang harus dimasukkan, maka ada yang harus kalian tahu.

IP Static ini, biasanya kalian peroleh saat ingin berlangganan di internet. Sebab itu, coba ingat-ingat lagi, apakah kalian sudah memperolehnya atau belum?

Uninstall Driver di Device Manager

Modem atau perangkat internet yang dihubungkan ke komputer, secara otomatis driver-nya pasti akan terdeteksi dan terinstal di Device Manager. Tapi kalau ada error dan tidak terhubung, kalian bisa menguninstall drivernya.

Pada kolom search, ketik Device Manager kemudian buka. Tap pada Network Adapters, kemudian cari perangkat internet yang sering digunakan. Klik kanan dan tap Uninstall. Sesudahnya, restart PC atau laptop. Biasanya driver yang dihapus tadi, terinstal kembali secara otomatis. Sambungkan internet, kemudian cek lagi. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.