8 Cara Menghindari Laptop Lemot

0

Laptop, siapa yang tidak tau salah satu perangkat keras yang sering sekali digunakan untuk mengerjakan sebuah tugas dan mempermudah kalian dalam mengerjakan sesuatu dimana saja, karena Laptop bisa dibawa dengan mudah.

Cara kerja dari Laptop ini sendiri sama seperti sebuah PC, tapi hanya bentuknya saja yang lebih simple dan tidak terlalu merepotkan untuk dibawa kemana-mana. Laptop saat ini sudah banyak sekali digunakan oleh banyak orang, dan sudah bukan merupakan barang mewah lagi, mengingat kebutuhan manusia akan teknologi sudah semakin besar.

Laptop juga mempunyai berbagai macam merek yang cukup terkenal dan mempunyai spek yang sangat luar biasa. Namun, jika sering sekali digunakan seiring dengan berjalannya waktu, maka terkadang untuk sebuah Laptop akan mengalami masalah berupa Lemot ataupun lama dalam merespon apa saja yang akan kalian buka, sangat lambat dan terkadang membuat para penggunanya menjadi kesal karena Laptop yang lemot.

Lalu apakah ada cara agar bisa membuat Laptop tersebut menjadi lebih lancar lagi? Kali ini kami akan memberikan beberapa tips agar bisa membuat Laptop kalian tidak lemot lagi.

 

Fase Pertama Laptop berusia dibawah 3 tahun.

Laptop dalam fase ini merupakan sebuah Laptop dengan seri paling baru, dimana fitur dan spek yang disajikan cenderung lebih modern. Namun terkadang beberapa hal membuat laptop menjadi lemot, disamping faktor speseifikasi bawaan pabriknya. Berikut ini adalah cara mengatasi laptop agar tidak lemot:

  1. Uninstal Aplikasi tidak berguna.

Cara pertama ini sangat ampuh dan sering sekali dilakukan oleh para pengguna laptop yang mengalami kendala lemot. Dengan menghapus berbagai macam aplikasi yang tidak terlalu berguna, maka Drive C pada laptop kalian menjadi lebih senggang.

Jika kalian mempunyai banyak aplikasi yang tidak berguna, Drive C akan cukup lama sekali dalam membaca sebuah sistem sehingga mengakiatkan Lemot.

 

  1. Bersihkan Desktop.

Dengan banyaknya aplikasi pada Desktop kalian merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Laptop menjadi Lemot. Jika laptop dengan kapasitas yang cukup ini tidak akan menjadi masalah, tetapi jika laptop dengan kapasitas yang idak cukup maka ini akan menjadi masalah.

Meskipun begitu, Laptop dengan kulitas yang cukup juga masih bisa mengalami hal ini jika mempunyai terlalu banyak aplikasi yang ada pada Desktop nya.

 

  1. Gunakan Aplikasi seperlunya saja.

Penggunaan RAM yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab lemotnya laptop. Biasanya hal ini terjadi ketika user terlalu banyak membuka aplikasi yang berat dalam sekali running, seperti bermain game sambil memutar playlist music.

Namun jika laptop dengan spek yang mencukupi, ini bukan menjadi salah satu masalah yang besar.

 

  1. Remove Aplikasi pada Startup.

Biasanya ketika melakukan startup, aplikasi yang akan berjalan adalah aplikasi penting, seperti antivirus. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang masuk ke dalam startup, karena hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya leg pada laptop kalian, yang akan memakan kapasitas Ram laptop kalian.

 

  1. Gunakan Aplikasi Sesuai Memory.

User tentunya harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang di miliki. Dan user pun harus menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Apabila menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada laptop, maka jangan heran apabila laptop nantinya akan menjadi lemot, meskipun baru dimiliki.

 

  1. Rajin Scanning Virus.

Scanning virus juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dan juga wajib dilakukan oleh user. Sebab beberapa virus dapat menyebabkan memory RAM menjadi semakin sempit, sehingga memicu laptop menjadi lebih lemot. Karena itu, penggunaan antivirus sangatlah penting untuk membantu menjaga performa dari suatu laptop.

 

Fase kedua Laptop sudah 3 tahun lebih.

Laptop dengan umur sudah lebih dari 3 tahun akan mengalami turunnya peforma. Hal ini cukup wajar, apalagi jika laptop tersebut sering digunakan untuk keperluan. Nah ini akan membantu agar bisa membuat laptop 3 tahun lebih menjadi tidak terlalu lemot.

  1. Pembersihan Driver C dan Aplikasi besar.

Pembersihan pada Driver C cukup penting sekali dilakukan, serta melakukan proses uninstall dari program dan aplikasi yang sudah tidak diperlukan apalagi yang memberatkan laptop kalian. Seiring dengan bertambah usia maka performa laptop pun akan menurun, sehingga diperlukan pembersihan dari aplikasi yang berat dan memakan kapasitas memori yang besar.

 

  1. Bersihkan bagian dalam Laptop kalian.

Pembersihan ini juga perlu dilakukan jika kalian ingin laptop tidak lemot. Selama 3 tahun lebih, pastinya laptop kalian sudah kemasukan berbagai macam lebih Debu dan materi halus lainnya dengan jumlah yang banyak. Hal ini juga menyebabkan laptop menjadi cepat panas dan akhirnya menjadi lemot. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan pada laptop, agar berkurang gejala lemotnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.