8 Rekomendasi Aplikasi Scan yang Dapat Mempermudah Pekerjaan

0

Hai, Gaes. Kita sudah biasa ya bekerja menggunakan scanner untuk memindai dokumen yang kita kerjakan. Beberapa kantor pasti sudah mempunyai alat scanner masing-masing. Akan tetapi, terkadang masih ada kantor yang tidak menyediakan mesin scanner karena harganya yang terbilang agak mahal. Biasanya mereka akhirnya melakukan scan dokumen pekerjaan mereka di tempat lain yang membuat mereka jadi harus bekerja ekstra.

Lalu ada pertanyaan muncul, bisa tidak ya kita scan dokumen dengan cara yang simpel tanpa memakai mesin scanner? Ssst. Bisa loh, Gaes.

Ketika smartphone kita Android, ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di PlayStore. Kalian tinggal memilih apakah mau mengunduh aplikasi scan foto, aplikasi scan dokumen, atau aplikasi scan untuk file berbentuk PDF.

Dengan adanya aplikasi scanner di smartphone kalian, tentunya akan memudahkan kita saat bekerja untuk memindai beberapa dokumen atau file lainnya. Cukup kita unduh aplikasi scannernya, langsung bisa kita unduh filenya, dan menyimpan hasilnya dalam bentuk soft file. 

Selain itu, kalian juga menyimpan dokumen yang ada dalam bentuk kertas tersebut, kemudian mengirim ke orang atau partner bisnis kalian dengan email secara praktis dan sederhana.

Aplikasi Scan Dokumen dan PDF di Android

Berikut akan saya bagikan beberapa aplikasi yang bisa kalian pilih di smartphone Android. Mungkin bisa jadi rekomendasi saat kalian bingung memilih mana yang terbaik. Cekidot..

  1. Microsoft Office Lens

Microsoft sepertinya sudah sering kalian dengar ya. Perusahaan yang punya basis teknologi terbaik ini juga menghadirkan aplikasi scan dengan fitur canggih. 

Kalian bisa memindai dokumen dan menyimpannya dengan format PDF. Bahkan, dokumen yang sudah kalian pindai tersebut bisa dikonversikan ke format yang lainnya. Misalnya, Power Point dan Ms Word.

Yang sangat menarik, Gaes, Kalian juga bisa menyimpan dokumen kalian yang sudah dipindai tersebut ke penyimpanan Cloud, selain ke galeri tentunya.

Dengan demikian, file dokumen kalian menjadi lebbih aman karena bisa kalian back-up gratis tanpa bayar mahal.

 

  1. Notebloc PDF Scanner

Aplikasi ini tergolong praktis, gaes. Selain kalian bisa memindai dokumen, di aplikasi ini kalian juga bisa memindai notes, gambar, atau pun sketsa. Selanjutnya hasil pindai kalian bisa disimpan nantinya dalam bentuk yang berformat JPEG dan PDF loh.

Ada fitur lain yang menjadi andalan aplikasi scan ini, yaitu fitur Crop. Fitur yang memungkinkan kalian untuk memotong gambar dengan tepat dan praktis. Kalian juga bisa menghilangkan bayangan dari hasil foto smartphone kalian, lalu mengatur kemiringan gambar, dan juga mengatur tingkat gelap atau terang dari hasil kalian memindai dokumen itu.

 

  1. ScanBot

Aplikasi Scanner lainnya adalah ScanBot-PDF Document Scanner. Apliksi ini bisa memindai dengan cara mempertahankan kualitas warna pada dokumen kalian. Nantinya kalian bisa menyimpan file dokumen hasil scan dalam bentuk JPEG atau PDF.

Kelebihan aplikasi ini adalah kalian bisa editing tulisan dokumennya secara langsung. Ditambah lagi, aplikasi ini juga bisa memindai dokumen dengan jumlah halaman yang berlembar-lembar atau banyak dalam sekali pindai. Hebat bukan?

 

  1. Scam Scanner

Aplikasi ini mempunyai kemampuan yang sama dengan beberapa aplikasi di atas. Dia bisa memindai dokumen dan menyimpan hasilnya dalam bentuk JEPG dan PDF.

Simpel pula cara kerja aplikasi ini. Cukup cari tulisan yang kalian akan pindai, maka aplikasi ini bisa memindaikannya untuk kalian. Mulai dari dokumen kalian yang ada di kertas, poster, papan tulis, dinding, dan lain-lain.

 

  1. Adobe Scan

Sekilas kata Adboe seperti familiar ya, Gaes. Bener kok. Setelah sukses dengan aplikasi edit video dan foto, Adobe juga ikut menelurkan aplikasi untuk memindai dokumen di samrtphone. Namanya, Adobe Scan.

Aplikasi ini dapat memindai dokumen dan menyimpan hasilnya dalam bentuk PDF ya. Dokumen yang ingin kalian pindai juga bisa bermacam-macam, seperti gambar, notes, sketsa, dan tulisan yang ada di poster atau pun di papan tulis. 

Keunggulan aplikasi ini, dia bisa mengatur warna, rotasi, dan memotong gambar, serta mempertajam kuliatas dokumen yang sudah kalian pindai sebelumnya.

 

  1. Tiny Scanner

Aplikasi ini pemakainnya cukup sederhana. Kalian hanya perlu memotret dokumen yang akan kalian pindai. Selanjutnya, hasil pindai dokumen kalian akan tersimpan di smartphone dan bisa kita ubah formatnya menjadi JPEG mau pun PDF.

Kelebihannya, aplikasi ini mampu mengatur ukuran kertas untuk format PDF (seperti A4, Legal, Letter, dan lainnya), dan bisa kalian pakai di mana saja. Kalian juga bisa memindai dokumen berwarna hitam-putih. Selain itu kalian juga bisa melindungi dokumen dengan passcode. Kerenlah intinya.

 

  1. Evernote

Aplikasi Evernote ini selain untuk scanner, bisa kalian gunakan untuk membuat atau pun mencatat tulisan apa saja dan akan tersimpan dengan aman. 

Kerennya lagi, aplikasi ini di dalamnya juga disematkan fitur scan yang memungkinkan kalian bisa memindai dokumen dalam bentuk hard copy secara mudah dan simpel. 

Hasil memindainya jadi memuaskan karena kinerja fitur scan mampu mengoptimalkan warna dokumen kalian.

Dokumen hard copy yang sudah kalian pandai akan tersimpan dalam format JPG dan PDF ke berbagai layanan penyimpanan Cloud atau tetap disimpan di aplikasi scan kalian.

 

  1. Turbo Scan

Aplikasi ini menjanjikan performa yang cepat, sesuai namanya, Gaes. Karenanya, proses pindai dokumen dari hard copy ke dalam format PDF, PNG, dan JPEG berjalan sangat cepat.

Beberapa fitur ini mungkin bisa menambah benefit yang kalian dapat jika ingin mengunduhnya.

Hasil scan tajam, Ada fitur Koreksi hasil scan secara otomatis, proses pindainya sangat cepat. Ia juga bisa melakukan editing langsung untuk dokumen yang kalian pindai. 

Ada juga fitur email dokumen. Kalian bisa membuka file dokumen kalian di GoogleDrive, Evernote, OneDrive, dan langsung mengirim ke layanan Cloud.

Fitur lainnya, kalian bisa print dokumen secara langsung. Selain itu kalian juga bisa mengatur rotasi, warna, dan tingkat kecerahan dokumen yang kalian pindai.

Nah, bagaimana? Tidak perlu membuat ribet urusan karena memindai dokumen kan sekarang? Kalian tinggal pilih mau menggunakan aplikasi yang mana yang menurut kalian terbaik.

Selamat mencoba. Salam teknologi! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.