Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20: Beda Harga, Unggul Mana?

Keunggulan perangkat ini ada pada performa gaming dengan harga ramah di kantong. Ia juga ditenagai chipset SoC MediaTek Helio 685 yang dipadukan dengan RAM 4GB.

0

Spesifikasi Realme Narzo 30A hampir sama dengan Realme Narzo 20 yang telah hadir lebih dulu. Dengan selisih harga 300 ribu, manakah yang lebih unggul? 

Kemarin Realme Indonesia baru saja merilis produk barunya, yaitu Realme Narzo 30A. Ini menjadi kabar baik bagi para pecinta game. 

Kenapa? Karena keunggulan perangkat ini ada pada performa gaming dengan harga ramah di kantong. Ia juga ditenagai chipset SoC MediaTek Helio 685 yang dipadukan dengan RAM 4GB.

Bukan hanya itu, Realme Narzo 30A juga dibekali baterai berkapasitas 6000mAh yang dilengkapi fitur fast charge 18W.

Sepintas, spesifikasi Realme Narzo 30A hampir sama dengan Realme Narzo 20 yang telah hadir lebih dulu. Dengan selisih harga 300 ribu, manakah yang lebih unggul? 

Langsung cek bareng kuy!

Desain Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20

Desain Realme Narzo 30A dan Realme Narzo 20 hampir sama dengan dukungan layar berponi minimalis atau mini-drop. Bahkan, bentuk housing kamera belakang kedua perangkat ini juga sama, yaitu persegi rounded dengan warna hitam. Ukuran dan berat keduanya pun relatif sama.

Perbedaan terlihat di finishing casing belakang. Realme Narzo 30A mengusung gaya Diagonal Stripe Design menciptakan ruang visual terkesan bergelombang dan dinamis, yang ada dalam dua varian warna yaitu Laser Black dan Laser Blue. 

Sementara itu, Realme Narzo 20 memakai finishing glossy dengan dekorasi panah yang mengarah ke bawah, dan ada dalam dua varian warna yaitu Glory Silver dan Victory Blue.

Kamera Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20

Pada segi ini, Realme Narzo 30A kalah dari Narzo 20 sebab hanya dilengkapi kamera belakang ganda. Kamera utama 13MP dengan lensa aperture f/2.2 yang memakai sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1,12um piksel dan diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Untuk kamera kedua 2MP dengan sensor B/W dipadukan lensa f/2.4 berguna sebagai depth sensor untuk mendapatkan foto bokeh dengan mode portrait, serta filter retro yang keren.

Realme Narzo 20 lebih unggul berkat 3 kamera belakang dengan kamera utama 48MP dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang memakai sensor Samsung ISOCELL Bright GM1 1/2 inci 0.8um piksel dan diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Untuk kamera kedua 8MP dengan sensor BSI CMOS dielngkapi lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.3 yang dapat menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Dan untuk kamera ketiga 2MP dengan lensa f/2.4 berguna sebagai dedicated macro dan depth sensor untuk mode portrait.

Performa dan Perangkat Lunak Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20

Realme Narzo 30A ditenagai chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz. Dan juga dilengkapi Grafis Mali-G52 2EEMC2. Didukung pula dengan RAM sebesar 4GB dan ROM 64GB, yang dilengkapi slot microSD.

Di sisi lain, Realme Narzo 20 juga sama-sama ditenagai chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz. Bedanya, Realme narzo 20 didukung Grafis Mali-G52 2EEMC2.

Realme Narzo 20 juga sama-sama didukung RAM 4GB dan ROM 64 GB dengan slot microSD.

Keduanya juga sama-sama menjalankan OS Android 10 dengan antarmuka Realme UI 1.0.

Konektikvitas dan jaringan Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20

Kedua perangkat juga sama-sama memiliki konektivitas WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (back mounted). Untuk jaringan pun sama, mendukung GSM / 3G HSPA / 4G LTE.

Baterai Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20

Realme Narzo 30A lebih unggul meski sama-sama memiliki baterai berkapasitas 6000mAh non-removable dan didukung fast charging 18W. Bedanya, Realme Narzo 30A support reverse charging, sedangkan Realme narzo 20 tidak.

Harga Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20

Harga Realme Narzo 30A di pasaran dibanderol dari harga Rp 1,9jutaan. Sedangkan Realme Narzo 20 akan dipasarkan dari harga Rp 2,2jutaan.

Secara keseluruhan, keduanya menawarkan performa yang sama dan daya tahan baterai yang setara. Perbedaan utama Realme Narzo 30A vs Realme Narzo 20 hanya di kamera belakangnya. 

Apabila kalian hanya memerlukan performa gaming saja, Realme Narzo 30A jadi pilihan tepat. Tapi kalau kalian butuh kamera yang lebih baik, Realme Narzo 20 pilihan yang lebih baik dengan menambah budget.

Jadi, mana yang lebih unggul menurut kalian?

Leave A Reply

Your email address will not be published.