Kelebihan dan Kekurangan Oppo A74 5G

Dikatakan bahwa, kecepatan unduh jaringan 5G bisa 10 sampai 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet sekarang ini.

0

Tahukah kalian jika smartrphone OPPO Indonesia merilis series sama dengan versi berbeda? Mereka adalah OPPO A74 5G dan versi 4G.

Tahukah kalian jika smartrphone OPPO Indonesia merilis series sama dengan versi berbeda? Mereka adalah OPPO A74 5G dan versi 4G.

Untuk yang versi 5G ini, dibanderol mulai dari harga Rp 3,7 juta. Ini membuat Oppo A74 5G menjadi smartphone atau perangkat 5G termurah yang ada di pasaran Indonesia, sampai saat ini.

Apa ang membuat Oppo A74 5G ini layak kalian pinang? Berikut spesifikasinya!

Kelebihan Oppo A74 5G

Bisa terkoneksi ke jaringan 5G

Sebagaimana namanya, perangkat ini dapat terkoneksi ke jaringan masa depan, 5G. Kecepatan jaringan 5G pastinya saja lebih cepat dari 4G. Dikatakan bahwa, kecepatan unduh jaringan 5G bisa 10 sampai 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet sekarang ini.

Sekarang ini, jaringan 5G memang masih belum tersedia di Indonesia. Jaringan itu diprediksi baru akan hadir di Indonesia tahun 2024.

Desain stylish

Oppo memang selalu membuat perangkat yang menjadikan tampilannya stylish, termasuk Oppo A74 5G.

Perangkat ini hadir pada dua varian warna, yaitu Fluid Black dan Space Silver. Kedua varian warna itu tampil dalam finishing matte, tapi tetap tampak sedikit mengkilat apabila terkena cahaya.

Warna bodi belakangnya bergabung sempurna dengan desain bingkai kamera belakangnya yang tampak elegan. Bentuk bingkai kameranya persegi dengan ujung melengkung dan kebanyakan warna gelap.

Di pojok kanan bawah bodi belakangnya, ada tulisan “Oppo” yang berukuran kecil landscape.

Chipset tangguh

Oppo A74 5G ditenagai chipset Snapdragon 480 5G. Menariknya, kemampuan chipset itu lebih tinggi dari Snapdragon seri 6 dan hampir sama dengan performa Snapdragon seri 7.

Oppo A74 bisa memainkan game Call Of Duty Mobile dalam pengaturan grafik very high, frame rate very high, dan semua efek aktif kecuali water reflection.

Kemudian, game MOBA Arena Of Valor bisa dimainkan dalam kualitas HD display ultra, display quality nyaris HD, particle quality high, high frame rate mode bisa diaktifkan.

Refresh rate 90 Hz

Di Oppo A74 5G sudah ada opsi refresh rate layar sampai 90 Hz. Yang artinya, layarnya dapat berjalan lebih mulus dibandingkan layar dengan refresh rate 60 Hz.

Refresh rate 60 Hz artinye dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Di sisi lain, refresh rate 90 Hz berarti dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 90 kali.

Baterai besar

Oppo A74 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh. Dikatakan bahwa baterai dapat bertahan 3hingga 27 jam dipakai untuk menelpon dan 40 jam siaga.

Fitur NFC

Berbeda dari versi 4G yang hadir tanpa NFC, Oppo A74 5G sudah datang dengan dukungan NFC. Fitur ini membuat kalian dapat langsung mengecek saldo dan isi saldo e-money langsung di perangkat smartphone kalian.

Kekurangan Oppo A74 5G

Meski punya kelebihan, ada beberapa kekurangan dari perangkat ini. Berikut penjelasannya.

Punch-hole cukup besar

Layar Oppo A74 5G memang dilengkapi punch-hole atau lubang sebagai “wadah” kamera selfie-nya di pojok kiri atas.

Tetapi, lubang itu tampak cukup besar. Padahal, di perangkat lubang tersebut ukurannya lebih kecil lagi dan membuat layar jadi lebih lapang.

Panel layar masih IPS

Beda dari Oppo A74 versi 4G yang sudah memakai panel layar AMOLED, Oppo A74 5G justru masih memakai layar berpanel IPS LCD. 

Memang, kedua panel layar itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi layar dengan panel AMOLED dianggap lebih menarik saat ini.

Speaker masih satu, bukan stereo

Apabila beberapa Oppo seri A sebelumnya telah dilengkapi speaker stereo, Oppo A74 5G ini justru masih punya satu speaker yang diletakkan di bagian bawah. Ini tentu membuat pengalaman ketika menonton video atau film, mendengarkan musik, sampai bermain game tidak sebaik di perangkat dengan speaker stereo.

Fast charging tak secepat Oppo A74 versi 4G

Oppo A74 5G memang dibekali fitur fast charging, tetapi dayanya lebih rendah dibandingkan yang ada di Oppo A74 versi 4G.

Di Oppo A74 4G, fitur pengisian daya cepatnya 33 Watt, sedangkan Oppo A74 5G fitur pengisian daya cepatnya hanya 18 Watt. Ini membuat pengisian daya baterai di Oppo A74 5G lebih lambat dibandingkan di Oppo A74 4G. Kalian berminat membelinya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.