Perbandingan Spesifikasi Oppo A53 vs A54

Lalu apa yang membuat kedua perangkat ini pantas dibandingkan? Mana yang terbaik? Langsung cek bareng kuy!

Masalah desain, kedua perangkat ini sudah cukup stylish dan modern. Pada bodi belakang Oppo A53, terdapat tiga kamera yang diletakkan di bingkai berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung.

Pernahkah kalian merasa bingung menentukan pilihan ketika ingin membeli sebuah smartphone? Apakah lebih baik Oppo A53 atau A54? Pertanyaan itu biasanya hadir jika kalian punya budget antara Rp 2,5 sampao Rp2,7 jutaan.

Memang sekarang ini kedua smartphone tersebut hanya mempunyai selisih harga Rp 200 ribuan saja. Oppo A53 yang telah dirilis sejak Agustus 2020 dijual dengan harga Rp 2,5 juta. Sementara, Oppo A54 yang mulai dijual resmi per 1 April 2021 yaitu Rp 2,7 juta.

Lalu apa yang membuat kedua perangkat ini pantas dibandingkan? Mana yang terbaik? Langsung cek bareng kuy!

Desain Oppo A53 vs A54

Untuk masalah desain, kedua perangkat ini sudah cukup stylish dan modern. Pada bodi belakang Oppo A53, terdapat tiga kamera yang diletakkan di bingkai berbentuk persegi panjang yang ujungnya melengkung. Sedikit bergesar ke tengah, terdapat sensor sidik jari.

Berikutnya, di bagian depan layar Oppo A53 kesannya lebih lapang. Sebab, kamera depan sudah diletakkan di punch-hole atau lubang kecil di pojok kiri atas.

Di sisi lain, pada bodi belakang Oppo A54, kamera belakangnya juga telah diletakkan pada bingkai berbentuk persegi. Hanya saja memang, bingkai itu tampak lebih melebar daripada di Oppo A53.

Kemudian di bagian depan, layar Oppo A54 juga terkesan luas. Itu karena kamera depannya yang diletakkan di punch hole atau lubang kecil di pojok kiri atas.

Oppo A53 hadir dalam dua warna, yaitu Fancy Blue dan Power Black. Sementara Oppo A54 tersedia dalam varian warna Starry Blue dan Crystal Black.

Layar Oppo A53 vs A54

Kedua perangkat ini ternyata punya layar yang diagonalnya mirip, yaitu 6,5 inci untuk Oppo A53 dan 6,51 inci untuk Oppo A54. Resolusinya pun sama, 1.600 x 720 piksel, dengan panel IPS LCD.

Bedanya ada di opsi refresh rate yang tersedia. Yang menarik, Oppo A53 memiliki opsi refresh rate 90 Hz. Sedangkan Oppo A54 hanya 60 Hz.

Pastinya pergerakan layar dengan refresh rate 90 Hz lebih mulus. Refresh rate 60 Hz artinya dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Sedangkan, refresh rate 90 Hz artinye dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 90 kali.

Performa Oppo A53 vs A54

Untuk dapur pacu, Oppo A53 ditenagai Snapdragon 460. Sedangkan, Oppo A54 ditenagai MediaTek Helio P35.

Oppo A53 bisa memainkan PUBG Mobile dalam pengaturan grafik dan framerate smooth-high. Sedangkan, Oppo A54 hanya dapat memainkan PUBG dalam pengaturan grafik dan framerate smooth-medium.

Untuk RAM dan memori internal, kedua perangkat ini sama-sama punya RAM 4 GB. Tapi, dalam hal penyimpanan, Oppo A54 lebih unggul dengan memori internalnya sampai 128 GB. 

Pada Oppo A53, memori internalnya hanya 64 GB saja. Kedua perangkat ini sama-sama dapat disisipkan microSD sampai 256 GB.

Baterai Oppo A53 vs A54

Kedua perangkat ini dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Keduanya juga sudah mendapat dukungan fitur pengisian daya cepat mencapai 18 Watt.

Perangkat tersebut diklaim Oppo bisa dipakai untuk streaming video online sampai 19,9 jam dan hiburan musik tanpa henti selama 41 jam.

Walau baterainya tergolong besar, kedua perangkat ini masih bisa dikategorikan sebagai perangkat yang ringan. Berat Oppo A53 hanya 186 gram saja, sementara Oppo A54 192 gram. 

Yang menarik, Oppo A54 punya fitur yang memungkinkan perangkatnya dapat memaksimalkan pengisian daya cepat

di malam hari ketika kalian tidur (Optimized Night Charging). Secara otomatis, Oppo A54 akan mempelajari pola dan waktu tidur kalian.

Karena itu, saat perangkat diisi dayanya saat tidur, pengisian dayanya akan terjeda ketika mencapai 80 persen. Barulah pengisian dayanya akan mulai lagi untuk mencapai 100 persen ketika pengguna menjelang bangun. Intinya, Kalian tak perlu khawatir saat mengisi daya perangkat ini sementara kalian tertidur lelap di malam hari.

Kamera Oppo A53 vs A54

Kedua perangkat ini sama-sama dilengkapi tiga kamera belakang 13MP sebagai kamera utama, 2MP sebagai kamera makro, dan 2MP kamera portrait/bokeh. Sementara, di bagian depan ada kamera 16MP.

Fitur lain Oppo A53 vs A54

Terdapat beberapa fitur lain yang membuat Oppo A54 lebih baik dari Oppo A53. Pertama dari teknologi pemindai sidik jari atau fingerprint-nya. Pada Oppo A53, pemindai sidik jarinya diletakkan di bagian punggung atau masih konvensional.

Sedangkan, di Oppo A54 pemindai sidik jarinya sudah diletakkan di bodi bagian samping. Lebih praktis dan cepat dalam membuka kunci Oppo A54.

Fitur lain yang membuat Oppo A54 lebih baik yaitu memiliki kemampuan terlindungi dari cipratan air. Itu dijamin dengan A54 yang sudah mengantongi sertifikasi IPX4.

Oppo A53 juga punya fitur speaker ganda. Dengan fitur ini, suara yang dihasilkan di Oppo A53 dapat lebih berkualitas dan lebih kencang.

Secara keseluruhan, apabila kalian pengguna yang tidak terlalu memikirkan performa chipset (utamanya untuk bermain game) dapat memilih Oppo A54.

Sebab, Oppo A54 dibekali beberapa fitur tambahan yang berguna, baik dari dapat terlindung dari cipratan air, pemindai sidik jari di bodi samping, memori internal yang lebih besar, sampai pengoptimalan pengisian daya di malam hari.

Sementara kalian yang mengganggap performa penting, pilihlah Oppo A53. Chipset di perangkat ini bertenaga, pergerakan layarnya pun lebih mulus sebab refresh rate 90 Hz, dan juga tidak ketinggalan memiliki fitur speaker ganda.Nah, mana yang terbaik menurut kalian?

Comments are closed.