Aktif di Media Sosial namun Tetap Ingin Hemat Kuota? Begini Tipsnya!

0

Bermain gadget yang diisi dengan hiburan di dunia maya atau media sosial adalah hal biasa untuk zaman yang modern ini. Handphone telah melakukan perubahan yang terus berubah menjadi semakin canggih di tiap tahunnya. Kuota yang pada awalnya hanya digunakan untuk membuka aplikasi seperti WhatsApp dan Facebook, kini pemakaian kuota sudah lebih dari dua aplikasi tersebut. Bahkan, untuk zaman yang serba modern ini pulsa untuk menelfon bukanlah hal yang paling utama saat memiliki smartphone, cukup dengan kuota maka kalian sudah bisa menelfon siapapun menggunakan aplikasi messenger seperti WhatsApp, Line, FaceTim, dan sebagainya.

Baca Juga: Merekam Video Tanpa Membuka Kamera di Smartphone Android

Penggunaan media sosial yang semakin beragam, membuat pemakaian kuota terkadang lebih boros daripada pemakaian pulsa. Lalu bagaimana kah cara menghemat kuota? Berikut penjelasannya di bawah ini

 

Aktif di Media Sosial namun Tetap Ingin Hemat Kuota? Begini Tipsnya!

 

1. Matikan Data Internet Saat Tidak Dibutuhkan

Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat memicu kuota yang cepat habis. Jika kalian sedang istirahat, belajar, atau bahkan berkumpul bersama keluarga, coba lah untuk mematikan data internet. Tidak membuatnya menjadi airplane mode namun mematikan data internet sudah cukup, jadi walaupun tidak ada notifikasi media sosial yang masuk, kalian tetap bisa menerima panggilan atau pesan penting.

Baca Juga: Mengunci Word agar Tidak Bisa Dicopy atau Diedit Orang Lain

2. Gunakan WiFi Publik

Saat kalian sedang berada di luar rumah, gunakanlah WiFi publik untuk mengurangi penggunaan kuota. Namun, perlu diingat bahwa WiFi publik memiliki potensi yang berbahaya untuk keamanan data smartphone kalian. Jika kalian menggunakan WiFi publik, hindari penggunaan yang cukup sensitif seperti membuka email.

3. Matikan Fitur Auto Download

Auto Download contohnya ada di aplikasi WhatsApp, jika kalian menerima video atau foto dari orang lain dan auto download dinyalakan, maka foto atau video tersebut akan secara otomatis menggunakan kuota kalian untuk mendownloadnya. Bayangkan jika kalian memasuki sebuah grup yang sering mengirimkan foto dan video, kuota kalian akan cepat habis. Oleh karena itu, matikanlah auto download pada aplikasi tertentu untuk mengurangi pemakaian kuota.

Baca Juga: Menghapus Aplikasi di Smartphone Opp di Color OS Berbeda

4. Hindari Update atau Download Menggunakan Kuota

Update aplikasi atau download aplikasi biasanya sangat memakan kuota, apalagi untuk aplikasi dengan ukuran yang besar, tentu akan menguras kuota kalian lebih banyak lagi. Solusinya, gunakanlah WiFi untuk mendownload atau mengupdate aplikasi.

5. Matikan Background App Refresh

Aplikasi yang tetap running di latar belakang akan sangat memakan kuota, matikanlah fitur background app refresh untuk menghemat kuota. Jadi saat dimatikan, aplikasi tersebut hanya akan me-refresh data saat kalian sedang membukanya. Untuk aplikasi yang penting, kalian boleh tetap menyalakannya untuk tetap mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut.

Baca Juga: Hapus 17 Aplikasi Ini agar Android Aman

6. Periksa Aplikasi yang Paling Banyak Memakan Data

Buka lah opsi data usage pada settingan smartphone kalian, dan lihat aplikasi mana yang paling banyak memakan kuota. Jika kalian sudah menemukan aplikasi paling atas yang memakan kuota, maka berusahalah untuk mengurangi pemakaian aplikasi tersebut agar tidak boros kuota.

 

Dari penjelasan kami di atas, semoga dapat membantu kalian untuk belajar menghemat kuota. Terima kasih sudah menyimak!

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.