Alasan dan Solusi Laptop Lemot saat Work From Home

0

Saat ini masih ramai kebijakan karantina, bekerja dari dalam rumah. Belajar, atau aktivitas yang lainnya. Tapi tahukah kalian, work from home atau kerja dari rumah sering mengalami laptop lemot. Mau dipakai kerja, tapi laptop kalian malah lambat bahkan sampai macet. Pernah? Kalau pernah, jangan khwatir, Gaes. Di sini saya akan memberikan solusi untuk kalian cara mengatasi laptop yang lemot.

Tidak bisa kalian hindari memang, saat ini tentunya laptop kalian jadi bekerja lebih keras saat mengikuti kebijakan work from home. Bukan hanya untuk bekerja, tetapi untuk berkoordinasi dengan rekan atau belajar secara online juga.

Baca Juga : Tips Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Dicharger.

Apabila di kantor kalian hanya perlu memanggil atau menemui rekan kerja, sekarang kalian harus memakai layanan komunikasi untuk berkoordinasi dari rumah masing-masing.

Dari aplikasi Zoom yang memang ringan di bandwidth internet, tetapi tetap saja memakan resource laptop kalian. Atau lewat WhatsApps yang terbatas text dan file saja.

 

Sadarkah, bahwa saat makin banyak aplikasi atau tab browser yang kalian jalankan, maka hal ini akan

membuat laptop lemot saat work from home.

Akan tetapi di samping itu, masih ada beberapa alasan lain yang membuat laptop lemot dan juga solusi yang bisa kalian pakai untuk megatasi masalah tersebut. Apa saja? Kuy kita baca sampai akhir ya artikelnya

Startup Program

Saat kalian menyalakan laptop, sistem operasi akan otomatis memanggil program yang termasuk dalam daftar starup. Dari antivirus, notes, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Makin banyak starup program, maka akan semakin lama laptop kalian siap untuk digunakam. Solusinya, kalian dapat mengurangi startup program yang tidak kalian nginkan.

Faktor Harddisk

Hardisk lama memiliki penurunan kinerja yang cukup signifikan. Seiring dengan melambannya harddisk, tentu akan membuat lama dalam menyimpan dan membuka file kalian di laptop.

Baca Juga : Cara Pindah Bookmark dari Satu Browser ke Browser Lain di Pc atau Laptop.

Sistem operasi pun jadi kurang responsif sebab hardisk tua kalian berjalan lamban. Solusinya, kalian bisa mengganti hardisk ke SSD akan mengatasi masalah ini, walaupun harganya tidak murah.

Kapasitas RAM

Kalian pasti memerlukan RAM untuk menaruh data sebelum dan setelah diproses oleh CPU. Semakin kecil RAM, semakin sedikit data yang bisa mengantre untuk diproses.

Program yang sedang berjalan juga menyimpan data-data yang diperlukan ke RAM. Saat RAM kurang, maka program yang sedang berjalan akan terganggu.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop Window 10 .

Pada saat ini minimal kapasitas RAM adalah 4 GB. Kalau kalian masih berada di bawahnya, lebih baik upgrade. Terlebih jika mengoperasikan program besar, RAM 8 GB wajib.

Menjalankan Banyak Program Bersamaan

Menjalankan banyak program bersamaan pasti akan menjadikan beban CPU dan RAM juga komponen lainnya. Tak heran laptop lemot akan kalian hadapi nantinya.

Kalian bisa mengurangi program yang jalan bersamaan dengan cara memilih yang lebih kalian butuhkan. Seperti aplikasi musik, lebih baik jalankan di smartphone bukan di laptop.

Kebanyakan Add-ons atau Extentions pada Browser

Browsing internet sendiri tidak bisa dikatakan ringan, apalgi dengan adanya add-ons atau extentions browes yang banyak memakai resource.

Baca Juga : Cara Mempercepat Performa Laptop atau PC.

Seperti AdBlocker, Downnloader, dan masih banyak lagi yang membuat beban pada browser makin besar. Solusinya, lebih baik kalian matikan yang memang tidak diperlukan saat bekerja.

Kebanyakan Buka Tab Browser

Berapa tab browser yang kalian buka saat keja dari rumah? Kurangi ya, Gaes. Ini makin banyak tab terbuka makin banyak memakan resource dari CPU hingga RAM.

Saat work form home, fokus saja pada tab browser yang kalian butuhkan untuk bekerja. Hindari membuka yang tidak perlu, atau membukanya lewat perangkat lain seperti smartphone atau PC saja.

Panas Berlebih

.Prosesor atau CPU akan menurunkan kinerjanya kalau mencapai suhu panas tertentu. Saat ini terjadi, pasti laptop kalian jadi lemot untuk bekerja.

Baca Juga : Cara Menghindari Laptop Lemot .

Oleh karena itu, jaga suhu laptop kalian dengan bekerja di ruangan cukup sejuk, atau menggunakan pendingin tambahan. Sudah tersedia banyak laptop cooler di pasaran.

Antivirus Berlebihan

Jika laptop kalian terkena virus, maka ini jadi mengakibatkan masalah tersendiri pada laptop. Yang ujung-ujungnya bisa jadi laptop tidak bisa dipakai untuk bekerja.

Rutinlah scan virus memakai antivirus memang disarankan. Juga sering-sering update antivirus yang kalian pakai.

Itulah alasan dan solusi laptop lemot saat kalian work from home. Apakah kalian pernah mengalami masalah yang sama?

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.