Alasan Facebook Tak Ada Tombol Dislike

0

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak dipakai oleh kalangan anak muda jaman sekarang. Sudah lebih dari 1 milyar pengguna aktif setiap hari untuk sberselancar di beranda Facebook.

Berbagi Status, Foto, dan video adalah aktifitas yang sering di lakukan oleh pengguna facebook. Di samping itu, sebagian orang menggunakan facebook sebagai tempat yang cocok untuk berbisnis, terutama dalam bidang teknologi.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengubah Nama di Facebook

Facebook juga sudah menghadirkan fitur baru bernama Emoji Reactions. Apa itu Emoji Reactions? Emoji reactions berfungsi sebagai icon atau gambar untuk memberikan tanggapan dari sebuah status, foto, ataupun video yang di share, tanggapan tersebut bisa berupa suka, sedih, senang, dan marah.

Hanya saja, yang membuat para pengguna facebook merasa aneh yaitu kenapa sejak dulu facebook tidak menghadirkan fitur “Dislike”?

Nah, pertanyaan-pertanyaan seperti itu pastinya hadir dalam benak pikiran kalian. Langsung saja kuy cari tahu.

Alasan Facebook Tidak Ada Tombol ‘Dislike’

Apabila kalian berfikir lagi, memang mungkin kita berfikir bahwa tidak semua postingan harus like atau suka. Contohnya saja seperti bencana alam, tragedi nasional, atau kehilangan seseorang tentu hal itu tidak mungkin kalian memberikan reaksi like atau suka. Dari hal tersebutlah pihak facebook memberikan alasan tersendiri mengapa tidak memberikan tombol Dislike. 

“Pilihan Dislike menurut Mark (Zuckerberg) dan tim tidak terasa begitu berpasangan dengan Like,” ujar Krug seperti dikutip dari laman Tech Insider. Di samping itu, pilihan tombol Dislike sendiri dirasa tidak mencakup semua konten yang tersedia di Facebook.

Baca Juga : Cara Mengatasi Facebook Diblokir Tidak bisa Like dan Komentar Status

Menurut Sammi Krug yang menjadi Product Manager Facebook Reaction, Facebook memutuskan untuk tidak membuat tombol dislike karena pilihan menyukai ataupun tidak menyukai sebuah postingan di Facebook terlalu sederhana. Kemudian dengan alasan tersebut juga akhirnya Facebook mengembangkan fitur “Reactions”.

Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg memang ingin menghadirkan fitur Dislike. Hanya sayangnya, fitur tersebut rencananya itu ternyata kurang memperoleh sambutan baik dari beberapa pihak yang memang berkecimpung di bidang internet. Menurut beberapa orang analis, munculnya tombol ini malah bisa memicu kericuhan di dunia maya.

Hadirnya Emoji Reactions menjadi pengganti tombol “Dislike”.

Mengapa demikian? Apabila kalian pikir lebih dalam lagi, Emoji Reactions lebih menarik dibanding dengan tombol “Dislike”, karena di dalam Emoji Reactions ada beberapa emoji reaksi yang memang cocok untuk memberikan tanggapan, baik itu Sedih, Senang, Suka, Atau Marah.

Mungkin saja status seseorang sangat pas dengan keadaan temannya atau yang melihat status itu. Ada yang merasa sedih karena sama dengan status tersebut. Atau merasa bersyukur, tidak pernah mengalami kejadian dalam status tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sayangnya Facebook Telah Berhenti

Ditambah lagi adanya emoji reaction justru lebih membuat banyak pengguna facebook mengembangkan kreatifitas dalam menuangkan tanggapan mereka terhadap status atau tulisan seseorang yang ditulis di aplikasi facebook.

Dengan demikian, adanya fitur emoji reaction memang terlihat menjadi solusi yang terbaik agar tidak terjadi salah paham atau ketersinggungan dari pihak pembuat status dan pemberi komentar atau tanggapan tersebut.

Nah, itu tadi jawaban yang mungkin lama juga ditunggu para pengguna Facebook sejak dahulu. Kenapa tidak ada tombol dislike di aplikasi mereka.

Baca Juga :  Cara Menghapus Halaman Facebook

Selain meredam reaksi berlebihan, tentu ini untuk menjaga kenyamanan seseorang dalam menggunakan aplikasi Facebook dan tidak ada seorangpun yang merasa dirugikan dengan adanya tanggapan tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat ya buat kalian. Jangan lupa untuk terus update berita dan informasi seputar teknologi hanya di techjak.com.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.