AMOLED vs IPS LCD, Mana yang Lebih Baik?

Amoled atau active matrix organic light-emitting diode merupakan layar android yang memakai anoda dan katoda, yang sudah dilapisi film yang tipis, berfungsi megalirkan elektronya ke layar tersebut. Layar IPS LCD atau TFT LCD (liquid crystal display) yang sudah lama dikenal dalam bentuk smartphone, tablet, tv, dan monitor komputer.Di sebagian titik cahaya dari lcd sudah memakai Kristal cair, dan juga ada susunan Kristal backlight yang bisa menjadi sumber cahayanya.

0

Kalian dapat membedakan antar layar AMOLED dan LCD IPS? Kalian harus tau ini agar kalian tau kekurangan dan kelebihan dari keduanya

Apa kalian tahu kalau layar smartphone punya tipe beragam? Biasanya yang sering digunakan adalah AMOLED dan IPS LCD. Dimana bedanya? Bahas bareng kuy!

AMOLED

Amoled atau active matrix organic light-emitting diode merupakan layar android yang memakai anoda dan katoda, yang sudah dilapisi film yang tipis, berfungsi megalirkan elektronya ke layar tersebut.

Amoled juga termasuk teknologi yang baru daripada IPS LCD.

Kecerahan yang dihasilkan dari Amoled, biasanya akan dihasilkan kuat tidaknya elektron yang sedang mengalir di layar.

Untuk warna biasanya akan diatur secara otomatis dengan emitting dioda contohnya merah, biru dan hijau yang berada di bagian layar.

Pada suatu perangkat elektronik pastinya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Termasuk layar amoled.

Kelebihan AMOLED

Beberapa kelebihan yang dimiliki AMOLED di antaranya, hemat konsumsi daya sampai 10x lipat dari ips display, ada rasio kontras yang tinggi

Kemudian bisa mengupdate warna piksel secara independen. Juga punya FPS dan response time yang sangat cepat.

Warna putih yang direpsentasikan oleh amoled lebih bagus dari pada layar IPS LCD yang cenderung kebiru-biruan

Sedangkan untuk menampilkan warna hitam pada layar yang tidak dapat dicapai layar IPS LCD, sebab sudah memakai setiap piksel RGB LED

Kekurangan AMOLED

Meski ada kelebihan, ada juga kekurangan AMOLED. Biasanya dalam pemakaian wallpaper dan tema yang bernuansa hitam pada layar akan lebih hemat baterai.

Tetapi kalau kalian lebih suka memakai wallpaper dan tema yang bernuansa putih cerah, maka amoled akan lebih boros pada pemakaian baterai.

Rawan terjadi screen burn-in, dan biaya produksi pada layar amoled lebih mahal dari pada layar IPS LCDA, apalagi untuk ukuran layar yang lebih besar.

IPS LCD

Layar IPS LCD atau TFT LCD (liquid crystal display) yang sudah lama dikenal dalam bentuk smartphone, tablet, tv, dan monitor komputer.

Di sebagian titik cahaya dari lcd sudah memakai Kristal cair, dan juga ada susunan Kristal backlight yang bisa menjadi sumber cahayanya.

Selanjutnya dari cahaya tersebut ada sistem pola dan diawasi file horizontal sehingga menghasilkan beberapa warna yang akan tersaring dengan warna lainnya.

Sekarang ini teknologi LCD yang sering digunakan adalah IPS (in-plane switching). 

Kelebihan IPS LCD

Beberapa kelebihan IPS LD adalah mempunyai color gamut yang baik. Untuk biaya produksi lebih murah daripada amoled. Gambar yang dihasilkan juga lebih tajam.

IPS LCD juga awet dipakai dalam waktu jangka panjang, sebab IPS LCD tidak punya afek burn-in seperti halnya amoled.

IPS LCD juga menghasilkan tampilan warna yang natural, dan juga warna lebih cerah saat di bawah sinar matahari langsung.

Kekurangan IPS LCD

Meski banyak kelebihan, ada kekurangan juga di IPS LCD. Di antaranya pemakaian daya lebih boros daripada amoled.

IPS LCD lebih tebal sebab sudah dilengkapi backlight dari pada layar amoled. Rasio kontras warna juga tidak sekuat amoled, seperti hitam tidak 100% Hitam, putih juga tidak terlalu 100% putih

Kelemahan lain, IPS LCD lebih boros dalam pemakaian daya dibandingkan amoled.

Lebih Baik Mana? AMOLED atau IPS LCD?

Sebab sudah punya kelebihan dan kekerangan yang berbeda, saya rasa kalian sudah tau mana yang lebih baik.

Terlihat dari harga yang sudah tertera pada layar tersebut. Kalau menurut harga, lebih mahal AMOLED dari IPS LCD. Sedangkan dari kegunaan dan faktor lain, kalian yang bisa menilai.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian dapat dapat membedakan antara layar AMOLED dan layar LCD IPS. Kalian dapat membedakan keduanya dengan mudah tentunya. Nah, kedua layar ini memang memiliki perbedaan yang cukup besar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.