Fujifilm GFX100, Kamera Mirrorless Harga Rp 150 Juta!

Fujifilm resmi meluncurkan kamera mirrorless GFX100 di pasaran Indonesia, sebuah kamera dengan sensor medium format yang mempunyai resolusi 102 megapixel. GFX100 adalah kamera flagship baru di lini GFX, yaitu lini berisikan kamera mirrorless medium format Fujifilm. Sensornya bertipe CMOS dan punya diagonal 55mm, alias sama dengan sensor GFX 50S dan GFX 50R.

Selain didukung sensor kamera mencapai 102 Megapixel dan menjadi yang tertinggi saat ini. Kamera mirrorless Fujifilm GFX100 dapat merekam video resolusi 4K dengan kedalaman warna 10-bit.

Sebagai perbandingan, sensor full fram 35mm punya diagonal 43mm, jadi sensor di GFX 100 ini mempunyai permukaan lebih besar 1,7 kali.

Sensor dengan resolusi 102 megapixel ini disebut sebagai resolusi terbesar yang ada di kamera mirrorless. Sensor ini punya ISO terendah 100 dan tertingginya 12800 yang bisa ditingkatkan hingga 102400.

Anggiawan Pratama, Marketing Manager Electronic Imaging Division Fujifilm Indonesia mengatakan, bahwa Fujifilm GFX100 sangat bagus untuk diandalkan dalam merekam video.

“Kombinasi dari sensor gambar terbaru dengan kapabilitas high-speed readout dan mesin prosesor X-Processor, memungkinkan GFX100 untuk digunakan pada kebutuhan produksi video berkualitas tinggi,”tutur Anggi, di Jakarta (25/07/19).

Dikatakan Anggi, bahwa sensor medium format, yang lebih besar dari sensor kamera sinema pada umumnya, meningkatkan reproduktivitas yang melintasi beragam warna, dan memberikan sensitivas superior.

“Dengan kecanggihan ini, fotografer dapat dengan mudah mengambil video berkualitas tinggi yang menangkap tekstur dan kedalaman sedetail mungkin,”kata Anggi lagi.

GFX100 juga mempunyai in body image stabilization (IBIS) dan teknologi autofokus on board phase detection hybrid. IBIS-nya sendiri diklaim bisa memberikan toleransi getaran hingga 5,5 stop.

Sistem shutternya sendiri ditopang oleh empat pegas yang ada di kamera untuk mengurangi getaran saat shutter terbuka dan tertutup.

Comments (0)
Add Comment