Apa itu USB OTG?

0

Smartphone pasti saat ini menempati perangkat elektronik nomor satu yang dibutuhkan banyak orang untuk kegiatan sehari-hari mereka. Tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi lewat SMS atau telepon saat awal kemunculannya, smartphone kini bisa dipakai untuk memotret, main game, berkfirim file, sampai memutar video atau film. Akan tetapi tentunya kita jadi harus punya smartphone yang punya penyimpanan internal besar.

Menurut survey yang dilakukan Western Digital dan Deka Marketing Research, kebanyakan masyarakat Indonesia, memakai smartphone dengan kapasitas memori 16-32 GB.

Biasanya, kalian menyimpan file berupa musik, foto, video ampai dokumen dalam smartphone dan kapasitas memori internal di smartphone kalian tinggal tersisa sekitar 1-3 GB saja. 

Jadi apa solusi agar kita smartphone tetap lega RAMnya selain menghapus data-data tersebut?

Kalian bisa mengandalkan USB On-The-Go flash drive untuk mengatasi memori smartphone yang penuh. Di samping bisa membantu mengatasi memori internal penuh di smartphone, USB On-The-Go juga punya beberapa kegunaan dan manfaat lainnya. 

Pengertian USB On The Go (OTG)

USB On-The-Go atau yang lebih populer dengan sebutan USB OTG adalah salah satu spesifikasi USB 2.0 yang membuat perangkat bisa digunakan untuk membaca data dari koneksi USB tanpa bantuan PC.

USB OTG juga bisa disebut sebagai standardisasi untuk koneksi USB, sebab sebagian besar smartphone Android terbaru saat ini memang telah dilengkapi fitur USB OTG.

Fungsi USB OTG sendiri adalah sebagai master atau host pada perangkat lain yang tersambung dengannya, baik itu flashdisk, kamera digital, printer, keyboard taupun mouse sehingga desainnya memang terlihat berbeda dengan kabel USB biasa.

Dengan emikian, USB OTG bisa mengontrol perangkat lain yang terhubung dengannya. Smartphone secara otomatis akan tahu apa yang seharusnya dilakukan apabila flashdisk, kamera digital, ataupun perangkat lain terkoneksi dengannya.

Cara Pemakaian USB OTG

READ  5 Aplikasi Terbaik untuk Download Lagu di Android, Hemat Kuota!

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara menggunakan USB OTG pada perangkat berbasis Android:

Pertama, sebelum melakukan koneksi, pastikan terlebih dahulu apakah perangkat yang dipakai sudah support fitur USB OTG. Kalian bisa menanyakan ke teman yang menggunakan perangkat sama atau melihat keterangan pada box perangkat tersebut

Kedua, belilah kabel USB OTG yang sesuai dengan perangkat yang digunakan. Harga kabel USB OTG sendiri bervariasi tergantung pada tempat di mana membelinya.

Agar kabel USB UTG pas dengan perangkat, pastikan tipe colokan dan port yang ada di perangkat. Agar lebih amannya, lebih baik kalian bawa langsung perangkat tersebut saat membeli kabel USB OTG.

Ketiga, menghubungkan flashdisk ke perangkat Android lewat kabel USB OTG tersebut. Caranya, kalian hanya perlu mencolokkan flashdisk ke salah satu ujung kabel dan mencolokkan ujung kabel yang lainnya ke perangkat Android.

Manfaatkan aplikasi file manager yang biasanya sudah terinstall pada perangkat Android kalau ingin membuka, copy paste, atau mengedit file yang ada di flashdisk.

Lokasi folder USB flashdisk bisa berbeda tergantung pada jenis dan merek perangkatnya sendiri. Lokasinya bisa di mnt/USBdisk1, Storage/USBdisk1, atau external/USBdisk1.

Keempat, setelah proses edit file selesai, jangan mencabut flashdisk secara langsung, karena hal ini bisa membuat kerusakan pada media penyimpanan eksternal tersebut.

Untuk mencabutnya, masuklah ke menu setting, lalu pilih Storage dan klik opsi Unmount External Storage. Tunggu sampai proses dari cara memakai USB OTG ini selesai dan cabutlah flashdisk tersebut.

Demikianlah ulasan tentang USB OTG dan cara pemakaiannya. Semoga bisa bermanfaat.

 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.