Awas Smartphonemu Meladak!

0

Fenomena smartphone meledak di Indonesia menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Terlebih lagi bagi seseorang yang menggunakan ponselnya dari pagi hingga petang.

Salah satu contoh yang membuat geger adalah Samsung Galaxy Note 7 yang dikabarkan meledak pada tahun 2016 silam. Hingga akhirnya produk tersebut ditarik dari pasaran, bahkan dibatalkan pula penjualannya.

Tentunya hal tersebut perlu kita ketahui apa penyebab dari ponsel yang meledak, dan apa yang kita harus lakukan untuk mencegah hal tersebut. Artikel ini akan memberikan info mengenai dua penyebab yang menyebabkan suatu ponsel bisa meledak, langsung disimak ya fella!

 

  1. Kesalahan Pengguna

Tentunya tidak dipungkiri lagi bahwa pengguna dapat berperan aktif dalam meledaknya suatu smartphone. Dalam hal ini, penyebabnya adalah kesalahan melakukan proses charging, penggunaan charger yang tidak sesuai, atau pun keteledoran pengguna

Keadaan baterai ponsel kamu semakin lama akan mengalami proses penurunan. Hal tersebut dapat disebabkan karena proses pengisian daya yang tidak sesuai, atau pemakaian charger yang spesifikasinya tidak sama. Tentu saja lama kelamaan baterai kamu akan rusak. Kerusakan tersebutlah yang dapat memicu suatu ledakan.

Kamu juga perlu memperhatikan keteledoran kamu ya! Benturan karena jatuh, juga dapat merusak baterai yang memicu kerusakan dan berakibat overheating dan BOOM! Ledakan bisa terjadi

 

  1. Kesalahan Manufaktur

Kesalahan manufaktur adalah kesalahan yang berasal pada saat ponsel diproduksi. Walaupun sudah melewati berbagai uji, namun ada saja kesalahan yang dapat menjadi masalah utama pada pengembangan perangkat. Hal tersebut juga dapat menyebabkan ponsel kamu meledak.

Seperti contoh ledakan yang terjadi pada Samsung galaxy note 7, pernyataan Samsung pada halaman business insider adalah kesalahan produksi terletak pada desain baterainya yang melebihi casing. Hal tersebut menyebabkan baterai overheating pada beberapa perangkat. Lalu kesalahan lainnya adalah Samsung terburu-buru mengeluarkan ponsel penggantinya, sehingga baterai dari pemasok yang baru juga mengalami cacat di bagian isolatornya.

Lalu apa yang perlu kita lakukan? Tentunya ada beberapa hal yang dapat mencegah kamu dari bahaya ledakan smartphone, yaitu :

  1. Gunakan charger original/yang sudah terverifikasi
  2. Jangan melakukan pengisian daya secara berlebihan
  3. Hentikan pengisian jika ponsel kamu mengalami overheating
  4. Turuti saran dari manufaktir jika kasusnya berasal dari produksi ponsel tersebut

Semoga info tersebut bermanfaat ya. Jangan gunakan ponsel kamu secara berlebihan sampai panas tentunya. Mencegah lebih baik daripada mengobati! Stay calm dan tetap waspada ya.

Sekian, salam teknologi 😊

Leave A Reply

Your email address will not be published.