Bahaya! Jangan Isi Daya Smartphone di Tempat Umum.

0

Apakah kalian termasuk orang yang sering melakukan perjalanan jauh? Pernah melakukan charging smartphone di tempat umum khususnya tempat jasa isi daya yang tersedia di rest area? Kalau iya. Maka kalian wajib berfikir ulang setelah saya bagikan artikel ini ya, Gaes. Kenapa?

Ya. Memang saat kita melakukan perjalanan panjang, para pengguna smartphone pasti sering memanfaatkan charging umum yang tersebar di rest area, bandara, satasiun, dan lainnya.

Mengingat seperti yang sering terjadi, di jaman teknologi ini kebutuhan akan pasokan daya untuk smartphone memang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Bahkan ada sebuah kata-kata lucu yang menyatakan “kebutuhan pokok manusia modern adalah sandang, pangan, papan, casan”. Karena itulah hal tersebut bisa kita ketahui bersama betapa pentingnya kebutuhan akan suplai daya.

Biasanya, ketika kalian melakukan perjalanan jauh dan baterasi smartphone mulai lemah tentu kalian akan segera mencari tempat untuk mengisi daya dimanapun berada. Tetapi, tahukah kalian bila mengisi daya di tempat umum seperti di rest area dan lain-lain sebenarnya bisa menimbulkan bahya tanpa disadari?

Dilansir dari CNN Money, seorang peretas bisa meretas sebuah smartphone hanya dengan memanfaatkan media pengisian daya yang ada di tempat umum. 

Kaget? Ditambah lagi penuturan seorang ahli keamanan dari Authentic8 ini, bahwa hanya dengan mencolokkan ponsel ke stasiun pengisian yang telah ‘dikerjai’, perangkat kalian jadi terinfeksi dan semua data di dalamnya bisa diretas.

Authentic8 adalah perusahaan pembuat peramban keamanan Silo yang merupakan peramban keamanan yang bisa merahasiakan seluruh aktivitas penggunanya selama berselancar di internet.

Stasiun pengisian daya dan akses Wi-Fi yang biasanya tersedia di tempat umum seperti bandara, pesawat, rest area, taman dan lain-lain memang beresiko dan keamanannya tidak terjamin, Gaes.

Bahkan beberapa pihak tak bertanggung jawab bisa memperoleh seluruh data smartphone yang memakai akses tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan lewat kabel data yang biasa kalian pakai untuk mengisi daya smartphone, yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan data ke smartphone atau gadget lain.

Menurut Paik, apabila sebuah port sudah diretas, jumlah informasi yang diperoleh si peretas tidak terbatas. Mulai dari email, SMS, foto sampai kontak. Hal tersebut tentu sangat berbahaya untuk privasi kalian sebagai pengguna smarphone android tersebut.

Teknik peretasan tersebut diberi nama juice jacking. Sebuah istilah yang diciptakan para peneliti pada tahun 2011 yang lalu.

Tahun lalu para peneliti dari Authentic8 menunjuakan sebuah proses video jacking memakai port yang sudah diretas dan video capture untuk merekam semua yang dilihat dan diketik oleh sebuah smartphone.

Karena itulah, saran saya untuk kalian. Siapkan beberapa hal berikut sebelum melakukan perjalanan jauh.

Pertama, usahakan mengisi daya smartphone full sebelum perjalanan. Kemudian selama perjalanan, usahakan pasang mode air plane untuk menghemat daya baterai. Bisa juga kalian aktifkan mode tidur yang otomatis layarnya mati saat tidak digunakan. Dengan begitu bisa mengurangi pemakaian baterai berlebihan.

Hal terakhir yang bisa kalian siapkan, jika memang butuh beberapa hari perjalanan. Kalian siapkan powerbank untuk cadangan pengisian smartphone. Pastikan juga kalian isi full powerbank kalian agar kalian bisa tetap terhubung saat berada di perjalanan ingin menyelesaikan suatu pekerjaan.

Cara terakhir yang paling ampuh, sebelum bepergian kalian kabari orang-orang terdekat tujuan anda kemana dan berapa lama. Infokan untuk menghubungi saat sampai atau kalian yang menghubungi setelah sampai tujuan. Setelah itu, kalian matikan smartphone untuk mengemat baterai dan mencegah terjadinya peretasan karena kita charging di tempat umum yang mungkin sudah diretas pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah beberapa cara agar kalian bisa lebih berhati-hati dalam memanfaatkan fasilitas isi daya di tempat umum untuk menghindari segala resiko yang bisa terjadi.

Semoga bermanfaat, dan salam teknologi!

READ  Cara Menghapus Akun Line

Leave A Reply

Your email address will not be published.