Baterai Cepat Habis karena Banyak Aplikasi di Smartphone?

0

Mungkinkah saat Ini kinerja smartphone Android kalian sedang menurun? Mungkin sebagian dari kalian akan menjawab Iya atau ada juga yang tidak. 

Memang, kinerja pada sebuah perangkat Android pastinya menjadi bagian yang sangat di perhatian oleh sebagian pengguna Android. Kalain sebagai pengguna tentu ingin merasakan smartphone tetap dalam kinerja yang cepat, responsif, dan juga tanpa ngelag. Tapi seiring berjalannya waktu, smartphone sedikit demi sedikit biasanya akan mengalami penurunan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kesehatan Baterai Tanam Android

Aplikasi menjadi salah satu faktor penting yang harus kalian perhatikan sebagai pengguna smartphone Android. Baik pada SAMSUNG, OPPO, Lenovo, ASUS Zenfone, HTC, LG, Motorola, Advan, Xiaomi, SONY, LUNA, Infinix, VIVO, dan lainnya.

Akan tetapi, benarkan banyak menginstall aplikasi membuat kinerja android menurun? Ya, benar. Sebab bagaimana-pun setiap aplikasi atau game yang kalian install akan memerlukan RAM dan memori Internal untuk memaksimalkan-nya. Artinya, memori RAM menjadi terbagi-bagi dan membuat aplikasi lain terasa sedikit lebih lambat atau lemot.

Baca Juga : Mengganti Baterai Tanam Smartphone Bisakah….

Hanya saja, apabila RAM pada perangat Android tersebut kisaran 1 GB saja, tentu membuka aplikasi atau game akan terasa sangat berat. Jalan keluarnya tentu jangan terlalu banyak menginstall aplikasi, lebihnya lagi kurangi aplikasi yang berjalan di belakang layar (Background).

Di samping itu, jangan lupa membuka aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu.

Kemudian pertanyaan selanjutnya, benarkah ketika mengunduh banyak aplikasi akan membuat baterai cepat habis?

Jawabannya Benar, ditambah lagi apabila aplikasi tersebut selalu berjalan di background maka tinggal tunggu waktu saja daya baterai pasti akan cepat habis.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop Window 10

READ  Resmi Rilis di Indonesia, Realme 6 Series Dilirik Pasar

Hal ini juga pernah saya alami pada perangkat Android saya, sebab saya menginstall aplikasi messenger lebih dari 5 maka tidak sampai 24 Jam baterai sudah habis. Padahal biasanya smartphone mampu bertahan sampai 24 Jam lebih.

Untuk mengakalinya, kalian dapat menonaktifkan atau menghentikan sebagian aplikasi yang berjalan di background. Dan untuk menghentikan aplikasi di Android, kalian bisa menggunakan cara berikut.

Hal pertama yang aharus kalian lakukan adalah membuka menu Pengaturan, kemudian klik opsi Setelan Tambahan, lalu setelah itu tap menu Manajemen Aplikasi. Selanjutnya kalian cari “NAMA APLIKASI”. Kemudian tap “Paksa Berhenti”.

Sebagai catatan untuk kalian, cara di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Apabila kalian memakai Smartphone beda sistem, kalian dapat menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga : Review Samsung Galaxy M31 Kamera Terbaik Dengan Baterai Tetap Tahan Lama

Tidak hanya aplikasi messenger saja, aplikasi lain seperti Game juga membuat baterai cepat habis. Lebihnya lagi, Game tersebut merupakan game online dan suka berjalan di background layar tentu akan sangat cepat membuat daya baterai terkuras. 

Supaya lebih baiknya, kalian jangan bermain game bersamaan dengan membuka aplikasi Messenger seperti WhatsApp, LINE, Facebook Messenger, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian coba terapkan agar bisa banyak aplikasi, tetapi tetap irit baterai dan smartphone Android tidak lambat atau lemot.

Baca Juga : Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

Pertama, tutup aplikasi secara rutin, dan jangan menjalankan aplikasi secara bersamaan dalam waktu yang sama.

Kedua, hindari terlalu banyak menginstall aplikasi atau game yang memerlukan koneksi data atau Internet.

Ketiga, cek aplikasi yang suka berjalan di background atau di layar belakang, tutup aplikasi yang tidak kalian pakai.

Keempat, selektif dalam memilih aplikasi atau game, jangan sembarangan menginstall aplikasi atau game dari sumber yang tidak dikenal. Lebih baik temukan atau cari langsung aplikasi yang kalian inginkan dari Google Play Store.

Semoga sedikit penjelasan di atas tentang banyaknya aplikasi di smartphone membuat kalian bisa lebih bijak dalam menggunakan smartphone.

 

READ  Tips Memakai WiFi Publik, Lindungi Datamu!

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.