Baterai iPhone Kamu Sehat? Begini Cara Ceknya!

0

Baterai ponsel merupakan hal yang sangat krusial bagi seseorang yang selalu menggunakan ponselnya sehari-hari. Pasti kamu merasa kesal ketika baterai ponsel kamu tersisa beberapa persen dan kamu tidak sempat untuk mengisi daya nya. Oleh karena itu kamu perlu selalu mengecek keadaan baterai ponsel kamu. Jadi kamu perlu pula untuk kamu menjaga kesehatan baterai ponsel yang kamu gunakan.

Lamanya pemakaian pada ponsel, akan mengalami penurunan pada unsur kimia yang ada di dalam baterai ion litium (Baterai Li-ion atau LIB). Penurunan ini dapat menyebabkan penyimpanan dayanya akan berkurang

Dampak pemakaian tersebut berakibat pada lama pemakaian perangkat yang lebih singkat daripada yang seharusnya, sehingga kamu perlu lebih sering mengisi daya pada ponsel kamu. Hal ini terjadi pada semua ponsel, termasuk iPhone.

Tentunya masalah ini tidak dapat kamu biarkan begitu saja, karena ketika status pengisian baterai rendah, usia kimia baterai menjadi lebih tinggi atau suhu yang lebih dingin, perangkat akan mati secara tiba-tiba.  Bahkan jika kondisi tersebut tetap dibiarkan, kamu tidak dapat mengandalkan ponsel tersebut untuk digunakan sehari-hari alias rusak. Untuk itu, bagi kamu pengguna iPhone harus sering mengecek kesehatan baterai pada ponsel kamu.

Bagi pengguna Apple Ios 11.3, terdapat sistem operasi dengan fitur manajemen baterai yang bisa digunakan untuk mengecek kesehatan baterai. Fitur tersebut akan memberitahu pengguna kapan mereka harus mengganti komponen penting tersebut. Oke, langsung disimak ya caranya:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Masuk ke bagian Baterai
  3. Pilih opsi Kesehatan Baterai

Pada opsi ini kamu dapat melihat kapasitas maksimum dan kemampuan kinerja puncak dari baterai.

Kapasitas maksimum menunjukkan presentase kemampuan baterai menyimpan data pada saat kamu mengeceknya dibandingkan pada saat masih baru.

Sementara kemampuan kinerja puncak akan menunjukkan kemampuan baterai dalam mengahantarkan daya ke perangkat.

Apakah kamu sudah berhasil mengeceknya? Semoga baterai iPhone kamu baik-baik saja ya! Sebagai catatan juga, fitur untuk mengecek baterai ponsel hanya disediakan untuk iPhone 6 atau yang lebih baru. Untuk perangkat dengan seri lama, pengguna bisa memakai aplikasi pihak ketika untuk mengeceknya.

Terima kasih telah menyimak sampai akhir ya! Semoga bermanfaat, salam teknologi 😊

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.