Beberapa Penyebab dan Solusi HP OPPO yang Tiba-Tiba Mati Total

0

Mati total atau yang sering disebut “Bricked” adalah kondisi dimana perangkat elektronik mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa menyala seperti semestinya. Kondisi ini dibagi menjadi dua, hard brick dan soft brick, hal tersebut tergantung bagaimana kondisi dari perangkat yang mengalami kerusakan, masih berfungsi atau tidak hidup sama sekali.

Jika memang ponsel kamu tidak hidup sama sekali, kondisi tersebut disebut hard brick, sedangkan ketika masih dapat menyala seperti bootloop, kondisi ini dinamakan soft brick. Tentunya kerusakan ini membuat kamu panik bukan? oleh karena itu kita perlu mengetahui apa penyebab dari mati total yang terjadi pada ponsel kamu. Oke langsung saja ya, check these out!

  1. Gagal Update, Flashing, atau Root

Gagal Update, Flashing, atau Root merupakan salah satu masalah yang menyebabkan perangkat OPPO mati total. Penyebab ini dapat dipicu karena perangkat tidak bisa menyelesaikan/gagal dalam proses yang sedang berlangsung

Salah satu contohnya adalah ketika baterai habis saat proses update firmware (meski melalui Over The Air (OTA)), atau kabel data yang tercabut saat proses flashing atau rooting. Cara mengatasi dapat dengan recovery maupun flashing ulang.

  1. Malware

Malware adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan merusak dan menyusp ke sistem. Ketika sistem rusak, maka ponsel kamu akan berjalan secara tidak normal atau bahkan hanya booting secara berulang-ulang (bootloop). Penyebab ini merupakan salah satu kategori soft brick. Artinya, kamu dapat mengatasinya dengan recovery maupun flashing ulang.

      3. Kerusakan Komponen

Kerusakan komponen, seperti eMMC dapat menyebabkan perangkat menjadi mati total. Khusus permasalahan ini kamu wajib membawanya ke orang yang lebih ahli, seperti service center atau pusat perbaikan smartphone

  1. Kesalahan Firmware, Proses Flashing atau Proses Rooting

Berbeda dengan kegagalan proses rooting maupun flashing, menggunakan firmware atau metode yang salah dapat berakibat fatal, yaitu hard brick. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan peralatan khusus, seperti kabel khusus flashing atau kabel dengan modifikasi khusus.

 

Bagaimana? Apakah kamu berhasil menemukan penyebabnya? Semoga menemukan solusi yang tepat juga ya! Agar HP OPPO kamu berfungsi secara normal kembali. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai ya, semoga bermanfaat, salam teknologi 😊

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.