Begini Cara Merawat DSLR agar Tidak Mudah Rusak

0

Mengabadikan momen-momen tertentu yang tidak ingin dilupakan atau menjadi sebuah kenangan dalam hidup adalah dengan cara memfoto atau mengambil video momen-momen tersebut. Untuk menghasilkan gambar yang baik, digunakan juga alat yang baik seperti kamera DSLR. Hasil gambar yang diambil oleh kamera DSLR memang tidak pernah mengecewakan, namun agar hasilnya selalu bagus kalian juga perlu melakukan beberapa perawatan agar kamera DSLR kalian tetap awet, tahan lama, dan memiliki hasil yang gambar yang tetap bagus.

Mau tidak mau kalian harus tetap merawat DSLR, tidak perlu khawatir karena bukanlah yang terlalu rumit untuk merawat DSLR. Yuk disimak bagaimana caranya

 

Begini Cara Merawat DSLR agar Tidak Mudah Rusak

 

1. Hindari dari Air

Air adalah hal yang berbahaya bagi alat elektronik, walaupun beberapa elektronik bahkan DSLR pun ada yang di klaim anti air atau dapat dihindari dengan cara menggunakan case anti air, namun tetap saja air adalah hal yang harus dihindarkan dari DSLR. Kontak antara DSLR dan air perlu dibatasi, begitu pun dengan uap. Uap yang mengendap dalam kamera akan menyebabkan kerusakan internal dan tumbuhnya jamur. Jadi sediakanlah tempat yang kering dan aman untuk menyimpan kamera DSLR kalian setelah digunakan.

Baca Juga: Cara Merekam Video Call di Smartphone Android

2. Jaga Suhu Baterai

Semua baterai dalam alat elektronik tidak akan selamanya memiliki performa yang baik karna umur kimia yang dimiliki dapat menurun. Baterai DSLR biasanya jika sudah di charge selama lebih dari 500 kali, maka akan menurun ketahanan baterainya. Namun untuk tetap menjaganya agar tidak cepat bocor dan merusak komponen-komponen internal lainnya, jauhkan baterai atau kamera DSLR kalian pada tempat yang memiliki suhu tinggi. Jangan menyimpan baterai di tempat yang memiliki suhu lebih dari 42 derajat, dan jika baterai DSLR kalian sudah bermasalah segera lah menggantinya dengan baru sebelum merusak komponen internal lainnya.

Baca Juga: Tips Menonaktifkan Komentar di Facebook Lewat Smartphone

3. Membersihkan Lensa

Jangan membersihkan lensa dengan air biasa, namun gunakanlah cairan khusus pembersih lensa. Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke kamera, namun gunakanlah kain mikrofiber lalu gosoklah secara perlahan.

4. Rawat Tombol DSLR

Tombol DSLR adalah hal yang vital, untuk tetap menjaganya agar tidak cepat rusak adalah dengan tidak menekannya secara kasar. Tekanlah tombol-tombol pada kamera DSLR secara halus dan jangan menekannya ketika kamera sedang tidak digunakan.

Baca Juga: Membuat Dark Mode Google Play Store

5. Menutup Lensa Kamera

Untuk meghindari debu, atau air yang masuk ke dalam lensa kamera, gunakanlah penutup lensa kamera ketika kamera sedang tidak digunakan. Benda kecil tersebut memiliki peran penting dalam menjaga organ vital kamera, yaitu lensa. Jangan pernah menghilangkan penutup lensa, karena akan berbahaya bagi “kesehatan” lensa DSLR kalian.

6. Strap Kamera

Bukan untuk menjadi hiasan, namun strap kamera digunakan untuk keamanan kamera kalian. Strap kamera menghindari kamera yang terjatuh karena tersenggol atau lepas dari genggaman tangan sedang mengambil gambar.

Baca Juga: Tampilan Baru Facebook Mirip Twitter, Plus Dark Mode

 

Berdasarkan penjelasan di atas, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk bisa merawat kamera DSLR secara baik dan benar. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.