Begini Caranya Memperbaiki Youtube Error di PC, Android dan iOS

Setiap menitnya, Youtube banyak menangani unggahan video. Walaupun begitu, perusahaan milik Google ini, tentu pernah mengalami masalah seperti dalam hal konektivitas, gangguan server, atau kerusakan di aplikasinya.

0

Munculnya permasalahan tersebut tidak jarang kita temui baik di PC, Android, maupun perangkat iOS.

Layanan berbagi video terbesar di dunia salah satunya adalah Youtube. Setiap menitnya, Youtube banyak menangani unggahan video. Walaupun begitu, perusahaan milik Google ini, tentu pernah mengalami masalah seperti dalam hal konektivitas, gangguan server, atau kerusakan di aplikasinya.

Munculnya permasalahan tersebut tidak jarang kita temui baik di PC, Android, maupun perangkat iOS.

Begini Caranya Memperbaiki Youtube Error di PC, Android dan iOS

Kali ini Anda tidak perlu khawatir, mengutip Fossbytes berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi permasalahan diatas.

Cobalah cek internet untuk Youtube Outage

Tidak jarang Cloud Google mengalami masalah seperti beberapa waktu yang lalu, yang berimbas pada beberapa layanan Youtube. Untuk mengetahui hal itu, apakah terjadi pada orang lain. Anda dapat mengakses situs Down Detector atau Down for Everyone or Just Me.

Lokasimu Termasuk Area Terlarang Youtube

Ada beberapa negara yang memang sengaja memblokir atau tidak mengizinkan penduduknya mengakses Youtube. Jika terjadi seperti itu, cobalah menggunakan VPN untuk mengakses Youtube kalau benar-benar membutuhkan.

Youtube tidak berfungsi pada web browser

Hal ini terjadi pada Chrome, langkah yang segera anda lakukan yaitu dengan merestart PC dan webbrowser. Lalu jangan lupa hapus cache yang sudah menumpuk pada Chrome. Anda juga dapat memperhatikan apakaha ada ekstensi yang mencurigakan yang terpasang di browser.
Adakalanya, eksistensi jahat bisa menghalangi kinerja webbrowser. Kalau tetap belum berfungsi, Anda dapat memastikan bahwa web browser yang digunakan adalah versi baru. Jangan lupa aktifkan Javascrippt agar Youtube dapat berfungsi dengan baik.

Memperbaiki layar tampilan Youtube hitam

Di berbagai kasus, terkadang masalahnya pada pihak Youtube yang berakibat video tidak dapat diputar. Tapi jika masalahnya ada diperangkat Anda, cobalah keluar dari akun Youtube dan kemudian log-in kembali. Anda juga dapat melakukan beberapa langkah kecil seperti membersihkan cache dan memperbaharui browser yang digunakan.

Youtube menunjukkan layar hijau

Munculnya layar hijau ketika video Youtube tidak dapat dimuat. Jika terjadi hal demikian, Anda harus melakukan penonaktifan akselerasi perangkat keras dan memperbaharui driver GPU.

Kualitas Video yang diputar buruk

Kejadian hal ini seperti ketika Anda sedang memainkan video kualitas 720p, namun kualitas yag diunggah sampai 4K. Hal itu tejadi ketika kualitas jaringan internet tidak stabil. Misalnya, ketika Anda ingin menonton video dengan kualitas 4K tanpa buffering, tentu kecepatan koneksi internet yang ada harus lebih dari 20 Mbps.
Selain itu juga kualitas video yang tidak sesuai, Youtube akan membatasi kualitas video disesuaikan dengan layar perangkat Anda.

Youtube tidak berfungsi pada perangkat Android

Langkah pertama yaitu Anda dapat merestart perangkat dan akun Youtube. Lalu hapus semua data aplikasi di menu pengaturan, penyimpanan dan bersihkan cache. Jangan lupa, pastikan tidak ada aplikasi ketiga di perangkat android anda yang memblokir Youtube.

Youtube tidak berfungsi pada perangkat iOS

Caranya hampir sama dengan Android, hanya saja Anda perlu mengupdet aplikasi Youtube versi iOS. Lalu periksa ruang penyimpanan, siapa tau mendekati batas yang memungkinkan mempengaruhi pemutaran video Youtube. Pastikan juga data seluler untuk Youtube aktif agar berfungsi dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.